11+ Ide Bisnis Modal Kecil dengan Potensi Keuntungan Besar

Ada banyak macam-macam usaha atau bisnis yang bisa dijalankan saat ini dengan modal kecil. Khususnya ketika roda perekonomian saat ini sedang melemah. Namun membangun bisnis modal kecil juga harus dilakukan dengan perencanaan yang tepat.

Namun dengan perkembangan teknologi saat ini, membangun bisnis hanya di rumah saja bisa menjadi lebih efisien dan lebih mudah. Modal yang dikeluarkan juga tidak akan terlalu besar karena tidak harus menyewa tempat. 

Ide Bisnis Modal Kecil dengan Potensi Keuntungan Besar

Ada banyak ide bisnis dengan jumlah modal yang tidak terlalu besar yang bisa dikelola dari rumah saja. Berikut ini beberapa pilihan bisnis dengan modal kecil yang keuntungannya cukup besar:

1. Warung Kopi

Salah satu bisnis kecil-kecilan yang bisa dibuka di rumah saja adalah warung kopi. Warung kopi merupakan wujud ide bisnis paling sederhana dengan modal yang tidak seberapa. Sebaiknya buka warung kopi ini khusus di malam hari karena modal awal yang terbatas.

Apalagi jika di pagi harinya terdapat pekerjaan utama, sehingga di malam hari bisa menjalankan bisnis sampingan warung kopi tersebut. 

Selain memenuhi kebutuhan orang-orang yang ingin minum kopi di malam hari, warung ini juga bisa menjadi tempat nongkrong ideal.

2. Cemilan Unik

Ide bisnis dengan modal kecil berikutnya yang juga direkomendasikan adalah berjualan camilan unik. Buat jenis camilan yang unik dan berbeda dari biasanya. Supaya orang-orang penasaran dan ingin mencobanya.

Kemudian promosikan jualan camilan unik ini di media sosial dengan pengiriman online yang bisa menjangkau wilayah lainnya di Indonesia. Bisnis ini akan menjadi inovasi baru yang menguntungkan.

Baca Juga  10 Cara Analisis Peluang Usaha Bagi Pemula (Anti Gagal!)

Baca Juga : 4 Tips Jitu Bisnis Properti Kekinian Dan Menguntungkan Bagi Pemula

3. Jasa Laundry

Jika lokasi domisili saat ini adalah di perumahan yang penduduknya padat, pinggir jalan raya, atau berdekatan dengan tempat-tempat umum, maka bisnis laundry bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Peluang usaha ini cocok dijalankan di wilayah perkotaan, yang dimana sebagian besar penduduknya memiliki aktivitas padat sehingga memerlukan jasa laundry untuk mencuci pakaiannya.

Modal yang dikeluarkan hanya alat-alat untuk mencuci saja. untuk meminimalisir pengeluaran modal awal, sebaiknya tidak usah sewa tempat tapi buka bisnis ini di rumah saja. Khususnya jika lokasi rumah memang strategis.

4. Jasa Pengetikan

Bisnis modal kecil lainnya yang juga menguntungkan adalah membuka jasa pengetikan. Bisnis ini tentu akan sangat laku jika dibuka di wilayah dekat kampus/sekolah. Terutama di kampus yang dimana banyak mahasiswanya yang mengerjakan skripsi.

Tarif untuk jasa pengetikan ini biasanya bergantung pada jumlah kata. Sebagai modal dasar, biayanya tentu tidak akan besar. Hanya diperlukan sejumlah peralatan seperti perangkat komputer/laptop, scanner, HVS, printer, dan sebagainya.

Baca Juga : Pembagian Jenis Bisnis Waralaba Dalam Berbagai Kategori

5. Jasa Cuci Sepatu

Ide untuk bisnis modal kecil untung besar berikutnya adalah membuka jasa cuci sepatu. Modal awal yang dikeluarkan dari bisnis ini tidak banyak. Jenis usahanya mirip seperti laundry tetapi hanya menerima pencucian sepatu saja.

Peralatan yang diperlukan untuk membuka jasa cuci sepatu ini diantaranya yaitu cairan pembersih, sikat sepatu, dan sejenisnya. Pertimbangkan juga lokasi strategis dan kondisi lingkungan rumah ketika membuka usaha tersebut.

Akan lebih baik jika domisili saat ini memang berada dekat dengan lingkungan sekolah, kampus, dan perkantoran.

 

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

 

6. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis menjadi salah satu bisnis modal kecil yang populer di kalangan anak-anak muda saat ini. Hal yang dibutuhkan dalam membuka usaha jasa tersebut adalah keterampilan/keahlian dalam mendesain gambar.

Baca Juga  Konsep Minimarket Rumahan Modal Kecil Untung Berlimpah!

Bisa dimulai dengan membuka jasa pembuatan foto ilustrasi untuk hadiah acara wisuda. Bisa juga dengan membuat desain kartu nama, gambar untuk baju, poster, interior, logo perusahaan, maskot, booth, dan masih banyak lagi.

Keuntungan atau fee yang diperoleh biasanya tergantung dari kesepakatan antara penyedia jasa dengan klien.

Baca Juga : Contoh Bisnis Plan, Tujuan Dan Cara Membuat Bisnis Plan Lengkap

7. Toko Online

Banyak sekali jenis usaha yang tidak memerlukan tempat untuk berjualan. Apalagi jika modal terbatas, sebaiknya buat usaha yang bisa dilakukan di rumah misalnya toko online. Adanya teknologi internet memudahkan proses berjualan dengan membuka toko online.

Ditambah lagi dengan pemanfaatan akun sosial media seperti Instagram atau Facebook. Modal utama yang diperlukan dalam membuka toko online adalah laptop atau menggunakan ponsel saja. Untuk proses pengiriman barangnya bisa dilakukan oleh jasa kurir terdekat.

8. Berjualan Pulsa dan Paket Data

Semakin banyaknya orang yang menggunakan smartphone tentu membuat kebutuhan pulsa dan paket data semakin meningkat. Maka ide bisnis modal kecil melalui berjualan pulsa dan paket data bisa menjadi solusi yang tepat.

Baca Juga : 8 Tips Sukses Bisnis Waralaba Modal Kecil Menguntungkan

9. Dropship

Usaha atau bisnis dengan modal kecil berikutnya adalah menjadi dropshipper. Usaha ini hampir sama dengan membuka toko online. Pengiriman barang dan persediaan barang dilakukan oleh pihak supplier.

Dengan menjadi seorang dropshipper pebisnis pemula tidak harus melakukan penyetokan dan pengiriman barang. 

10. Jasa Katering

Bisnis berikutnya yang menguntungkan tetapi tidak memerlukan modal banyak adalah jasa katering. Misalnya dengan membuka katering untuk para karyawan atau pekerja kantoran di perusahaan.

Jenis bisnis ini bisa divariasikan lagi dengan membuat katering khusus makanan sehat. Kreasikan setiap menu dengan target pelanggan/konsumen tertentu. Catering untuk anak-anak sekolah, acara pernikahan, dan sebagainya.

Baca Juga  Manajemen Properti: Pengertian dan Strategi Manajemen Properti (Lengkap!)

Baca Juga : Apa Itu Bisnis Franchise? Simak Penjelasan Lengkapnya Seputar Franchise

11. Berjualan Kue/Roti

Ide bisnis berikutnya yang juga tidak membutuhkan banyak modal adalah usaha kuliner, di bidang kue atau roti. Buat sesuatu yang lebih kreatif dengan berinovasi melalui jenis kue/roti yang dijual di pasaran.

Bisa melalui bentuknya, tampilannya, atau rasanya. Namun kualitas rasa harus selalu menjadi yang utama. 

Usaha kue/roti ini cukup menjanjikan karena banyak orang yang menghabiskan waktu di rumah di masa pandemi ini, sehingga memerlukan cemilan berupa kue/roti tersebut.

12. Cuci Motor/Mobil

Tempat pencucian motor/mobil juga bisa dibuka di rumah saja, apalagi jika lokasi rumah cukup strategis. Usaha cuci motor atau mobil ini cukup berpotensi karena hampir semua orang saat ini memiliki kendaraan.

Mencuci kendaraan terlihat seperti kegiatan sepele, tetapi bagi orang-orang yang sibuk atau tidak ada waktu tentu lebih baik membawa kendaraannya ke tempat cuci khusus. Tak heran jika kebutuhan akan cuci motor/mobil ini juga ikut meningkat.

Bisnis cuci motor/mobil ini bisa berskala kecil maupun besar, sehingga bisa dimulai dari skala kecil saja yaitu bisnis rumahan. Jika usaha ini bisa berkembang maka lama kelamaan bisa menjadi usaha berskala besar.

Baca Juga : 5 Cara Bisnis Online Tanpa Modal Lengkap Dengan Contoh Dan Keunggulannya

13. Wedding Organizer

Dalam memulai bisnis WO atau wedding organizer dibutuhkan pengetahuan dan keahlian dalam mengatur acara. Jenis bisnis ini bahkan tidak memerlukan modal, karena modal awal bisa diperoleh dari pembayaran di muka dari calon pasangan pengantin.

Pastikan juga pemilihan vendor yang tepat untuk menjalin kerja sama dengan klien nantinya. Diperlukan juga keahlian untuk memperoleh harga terjangkau dengan vendor tapi dengan kualitas vendor yang mumpuni.

Masih banyak pilihan lainnya dari bisnis modal kecil yang bisa dijalankan saat ini. Untuk informasi dan pembelajaran mengenai investasi bisnis lainnya bisa berkunjung ke pipohargiyanto.com yang lebih luas dan lebih lengkap.

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: