8 Tips Sukses Bisnis Waralaba Modal Kecil Menguntungkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang bilang jika bisnis waralaba modal kecil susah mendapat keuntungan dan bisa jadi sukses? Dimulai dari modal minim, justru seorang pengusaha tulen bisa terus mengembangkannya menjadi usaha yang lebih sukses. Intinya semua kembali pada mentalitas masing-masing individu yang menjalankan.

Bisnis waralaba dengan modal kecil tentunya menjadi idaman banyak pengusaha apalagi yang pemula. Namun, jangan khawatir meski berbekal modal minim, pada artikel kali ini saya akan coba ulaskan tips yang bisa dioptimalkan untuk mendulang untung serta sukses. 

Tips Sukses Bisnis Waralaba Modal Kecil

1. Rasional Mengeluarkan Modal

Peluang bisnis waralaba modal kecil tentunya tetap menjanjikan hasil yang cukup memuaskan pula kok. Salah satu tips untuk memulai bisnis waralaba ini ialah jangan sampai memaksakan kehendak apalagi untuk persoalan mengenai permodalan. Tentu sesuaikan dengan kemampuan Anda pribadi.

Jangan sampai tertekan dari pihak lain atau sekadar tergiur iming-iming dengan perhitungan yang kurang matang, sehingga Anda justru mengorbankan budget untuk keperluan pokok hidup Anda. Lagi pula macam usaha waralaba ini ada banyak sekali. Bisa kok disesuaikan dengan kondisi keuangan setiap pengusaha.

Memilih jenis waralaba dengan modal lebih ekonomis juga bukan jaminan usaha tersebut kurang berkualitas. Asalkan mentalitas wirausaha Anda benar-benar ulet, bisnis sekecil apa pun yang dirintis tersebut akan tetap bisa menghasilkan keuntungan. Baru setelah itu bisa kembangkan ke yang lebih besar.

2. Jangan Ubah Sistem

Bisnis waralaba modal kecil untung besar bisa dijalankan jika Anda sepenuhnya percaya pada sistem yang telah dilisensikan untuk usaha Anda tersebut, ya. Jangan sampai lantaran beberapa faktor secara sepihak, Anda mulai mengubah atau mengutak-atik sistem yang telah disepakati tersebut seakan semaunya sendiri.

Baca Juga  5+ Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Luar Pekerjaan Utama

Bisa dibilang memilih masuk ke dunia usaha waralaba diperlukan komitmen yang sungguh-sungguh. Jika Anda justru menggunakan cara main sendiri yang menyalahi sistem, di kemudian hari hal tersebut bisa saja merugikan Anda. Tentu nilai investasi yang tengah Anda jalankan bisa saja langsung merosot tajam.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Seputar Bisnis Franchise

3. Jaga Antusiasme Berwaralaba

Mulai usaha waralaba sama halnya dengan mulai belajar untuk berbisnis jenis baru, ya. Apa pun jenis bisnis yang dijalankan sudah sepatutnya hal tersebut sesuai dengan minat atau passion Anda di dunia bisnis. Passion yang sungguh-sungguh bisa menebarkan aura positif ke lingkungan terdekat tanpa kecuali.

Baik itu pada pelanggan maupun juga pada staf yang Anda ajak untuk bergabung mengelola usaha waralaba tersebut. Dengan menjaga antusiasme tetap bagus, maka secara otomatis bisnis yang Anda jalankan tersebut juga akan terpengaruhi. Semangat yang terpancar bisa lebih membuat konsumen minat.

4. Jadilah Pengusaha yang Teliti

Memutuskan untuk bekerja sama dan menjadi distributor waralaba tentunya membutuhkan sistem koordinasi ekstra, agar sistem yang dijalankan senantiasa lebih optimal. Nah, Anda juga harus jeli dalam menganalisa kebutuhan usaha waralaba tersebut dalam rangka mengontrol pengeluaran rutinan.

Perhatikan persediaan kebutuhan bahan, usahakan jangan sampai kehabisan, agar konsumen terjaga kepuasannya secara maksimal. Lakukan penyimpanan secara tepat nan aman. Jangan sampai stok bahan tersebut rusak atau bahkan hilang lantaran keteledoran. Ingat dalam wirausaha jangan sampai teledor, ya.

Jadilah seorang wirausahawan yang memang teliti mempertimbangkan serta memperhitungkan segala pengeluaran maupun pemasukan yang terjadi. 

Lantaran dari hal kecil tersebut kemudian bisa dinilai apakah usaha yang Anda jalankan berhasil menguntungkan atau sebaliknya. Pikirkan secara mendetail agar tidak terjadi kekeliruan.

Baca Juga  Contoh Bisnis Plan, Tujuan dan Cara Membuat Bisnis Plan Lengkap

5. Jaga Koneksi Waralaba

Ikut bergabung dalam jaringan usaha waralaba tentu akan membuat Anda memiliki banyak kenalan maupun juga koneksi. Baik itu dengan pemilik utama waralaba tersebut maupun juga dengan komunitas distributor waralaba yang jumlahnya juga tak sedikit. Jangan berpikir untuk mengabaikan hubungan itu, ya.

Sebisa mungkin jaga agar koneksi dalam komunitas Anda tersebut tetap baik. Ada banyak info serta tips pastinya yang bisa saling dibagikan dalam komunitas tersebut. Misalnya saja ada terbitan buletin rutin, jadwal kelas pelatihan, pertemuan regional, acara konferensi serta lainnya, jangan sampai Anda abaikan.

Dari koneksi yang senantiasa terjaga tersebut tentu bisa digunakan sebagai support system yang mencukupi bagi usaha waralaba binaan Anda tersebut, ya. Jadikan komunitas tersebut sebagai sebuah kelebihan usaha yang Anda tekuni. Ambil spirit secara kolektif untuk meraih sukses secara bersama-sama.

Baca Juga : Tips Jitu Bisnis Properti Menguntungkan

6. Layanan Pelanggan Ekstra

Namanya jadi seorang wiraswasta tentu menuntut seseorang untuk cenderung aktif daripada pasif, ya. Semua keuntungan yang Anda harapkan harus diusahakan dengan kerja serta berpikir keras. Jika Anda ingin mendapatkan pelanggan yang loyal, sudah sepatutnya Anda pun memberi opsi pelayanan terbaik.

Jangan biarkan begitu saja berbagai kesempatan promosi terbaik menguap tanpa dimanfaatkan. Misalnya saja di lingkungan bisnis Anda ada suatu acara atau program tertentu, jangan ragu untuk menawarkan sponsor dengan budget masuk akal tentu saja. Selain itu, Anda juga bisa memberikan ekstra diskon khusus konsumen.

Beragam program seperti ini tentu saja tak bisa diputuskan secara impulsif. Anda harus pandai melakukan trik promosi yang efisien serta tepat sasaran. Bukan dalam artian membuat bisnis merugi, namun ibaratnya gunakan sebagai teknik pancingan, agar konsumen tak bisa melupakan tawaran produk dari Anda.

Baca Juga  Cara Memulai Bisnis Ruko yang Menguntungkan Bagi Pemula

7. Upgrade Sumber Daya Manusia

Sebagai seorang pemimpin bagi karyawan waralaba milik Ada tentunya Anda jadi memiliki tanggung jawab atas kinerja mereka. Sebisa mungkin jika ada kesempatan upgrade skill misalnya ada suatu jenis pelatihan, maka tak ada salahnya mendorong atau memberi kesempatan mereka untuk coba mengikuti program itu.

Jadilah atasan yang senantiasa mendukung bawahan, agar semakin mengembangkan potensi diri mereka semuanya. Misalnya ada pelatihan dari komunitas waralaba atau asosiasi dagang atau yang lainnya jangan sungkan untuk menerimanya. Pengalaman yang didapat amat berharga untuk memajukan bisnis Anda.

Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan Passive Income

8. Cintai Penuh Bisnis Anda

Tentu saja hasilnya akan berbeda jika Anda bekerja dengan sepenuh hati atau cuma setengah-setengah. Saat 100 % terjun ke usaha waralaba yang Anda kembangkan, maka karyawan di sekeliling juga akan mengikuti energi yang Anda contohkan tersebut. Jangan sungkan juga untuk memberi reward.

Jika memang dirasa karyawan Anda melakukan suatu pekerjaan dengan cemerlang tunjukkan bawah sebagai atasan Anda pun menghargainya. 

Dengan begitu, maka karyawan Anda akan merasa lebih terkoneksi dengan bisnis tersebut. Tentunya mereka akan lebih mudah mereka merasa berempati dengan usaha milik Anda.

Bukan hanya bekerja sebagai rutinitas saja, namun mereka juga merasa dari pekerjaan tersebut mereka merasa lebih bernilai. Secara otomatis kinerja merek akan jauh lebih optimal. 

Jika dengan karyawan serta konsumen Anda berhasil membangun ikatan yang positif, maka perjalanan bisnis Anda akan makin mudah.

Mengoptimalkan terlebih dahulu bisnis waralaba modal kecil agar berjalan sukses tentunya pada akhirnya bisa menuntun Anda pada kesuksesan yang berlimpah pula. Untuk mendapatkan tips waralaba terbaik serta terpercaya, Anda bisa bergabung dengan program bisnis dari Pipohargiyanto.com.

Share artikel ini apabila bermanfaat
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan Buku Bisnis Waralaba Indomaret!

Anda bisa dapatkan di: