8 Cara Memulai Bisnis Properti untuk Pemula Tanpa Modal

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Banyak orang yang berpikir bahwa untuk memulai bisnis properti, mereka akan membutuhkan modal yang terlalu besar. Namun, kenyataannya pernyataan ini tidak sepenuhnya benar, karena jenis bisnis yang satu ini juga tetap bisa dilakukan dengan menggunakan cara-cara khusus tertentu.

Informasi tentang cara memulai bisnis properti ini menjadi sebuah informasi penting yang perlu dikantongi oleh setiap pelaku usaha di bidang properti. Sebab, dengan menggunakan cara-cara tersebut, mereka bisa mengembangkan bisnisnya secara lebih mudah dan baik lagi.

8 Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal untuk Pemula

Selain modal, keterampilan dan informasi yang jelas akan menjadi bekal tertentu yang harus disiapkan oleh setiap pelaku usaha, khususnya yang bergerak di bidang properti. Sebab, bisnis di bidang ini bukanlah jenis bisnis yang mudah, sehingga pelaku usahanya perlu berbekal ilmu yang tepat.

Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh pelaku usaha properti adalah keterampilan bicara yang lancar dan menjual. Untuk memasarkan bisnis properti, pelaku usaha harus bisa merangkai kata-kata dengan semenarik mungkin. Selain itu, untuk memulai jenis bisnis ini juga bisa dengan melakukan cara:

1. Dimulai dari Nol

Pelaku usaha yang terjun ke dunia ini langsung dari nol, akan memiliki kemampuan dan keterampilan yang lebih besar dibanding pelaku usaha yang terjun ke dunia ini dengan cara yang lebih instan. Mengapa demikian? Karena kegagalan bisa menjadi pengalaman berharga dalam dunia bisnis ini.

Salah satu langkah cara memulai bisnis properti untuk pemula yang bisa diikuti oleh setiap individu tertentu adalah, memulai bisnis tersebut dari nol atau bisa dibilang tanpa pengalaman tertentu yang mengikuti di belakangnya.

Meskipun memulai bisnis dari nol bisa dibilang cukup rumit dan membutuhkan tenaga yang lebih banyak, tetapi rasa puas yang akan didapatkan setelah bisnis berhasil sukses akan terasa lebih besar.

2. Pantau Iklan Serajin Mungkin

Siapa bilang iklan tidak memiliki peran yang penting dalam dunia bisnis properti? Nyatanya, dengan rajin-rajin memantau iklan dalam bidang ini, pelaku usaha juga bisa mencari strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankannya tersebut.

Saat ini para pelaku usaha dalam bidang properti dapat menjadikan iklan-iklan yang ada di koran, internet, majalah, atau media-media sejenis ini lainnya sebagai referensi yang tepat untuk memulai bisnis bidang properti.

Dengan begitu, orang-orang yang hendak memulai bisnis properti dapat memasang harga yang sesuai dengan patokan dan memasarkan properti ke target yang tepat.

3. Memulainya dari Lingkungan Sekitar

Setelah melakukan beberapa tahapan yang ada di atas, sekarang pelaku usaha dapat memulai untuk menilai target pasar yang sesuai dengan kebutuhannya. Dalam hal ini, mereka bisa berdiskusi dengan orang-orang yang ada di lingkungan sekitarnya.

Pada dasarnya, akan ada banyak orang yang memiliki keinginan untuk membeli rumah impian. Maka dari itu, pelaku usaha dalam bidang properti ini juga perlu memperhatikan keinginan dari para calon konsumen di kemudian hari.

Baca Juga  Mengenal Apa Itu Notaris, Fungsi dan Tugas Notaris dalam Dunia Bisnis

4. Lakukan Kerjasama dengan Partner yang Tepat

Setelah merasa sudah memiliki target pasar yang tepat, sekarang pelaku usaha dalam bidang ini perlu mencari calon penjual untuk diajak kerjasama. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam hal ini adalah dengan mendatangi lokasi perumahan dan pameran properti yang sedang berlangsung.

Nantinya, pelaku usaha dapat menyimak apa saja yang ada di dalam pameran tersebut, dan pihak pelaku usaha yang belum berpengalaman tersebut bisa memiliki gambaran yang lebih luas untuk bisnis yang hendak dijalankannya tersebut.

Setelah memiliki gambaran yang tepat terkait calon penjual yang hendak diajak kerjasama tersebut, sekarang pelaku usaha diharuskan untuk melakukan proses pemasaran dengan cara yang mampu menarik perhatian banyak konsumen.

5. Lakukan Tahapan Promosi Online

Cara memulai bisnis properti untuk pemula yang selanjutnya adalah dengan melakukan tahapan promosi online. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini, semua orang harus bisa memanfaatkan media tersebut dengan sebaik mungkin.

Tahapan promosi online ini bisa dilakukan dengan membuat situs resmi tertentu khusus untuk bisnis yang sedang dijalankan tersebut. Di dalam situs resmi ini nanti pelaku usaha dapat memberikan informasi yang lengkap terkait rumah atau properti yang sedang dijualnya.

Selain itu, berikan juga kontak pada situs resmi tersebut, supaya ketika ada calon konsumen yang tertarik dengan iklan yang sedang dipasarkan tersebut, mereka bisa langsung menghubungi kontak yang tepat.

6. Ciptakan Merek Usaha yang Menarik dan Berbeda

Merek akan menjadi wajah dari setiap bisnis yang ada, sehingga ketika seseorang memiliki keinginan dan rencana untuk memulai bisnis properti, maka salah satu langkah utama yang harus dilakukannya adalah menentukan merek usaha yang hendak digunakannya.

Pastikan merek usaha yang digunakan tidak sama dengan perusahaan lain, karena jika terjadi kesamaan antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, hal ini dapat memberikan dampak yang negatif terhadap kedua belah pihak.

Selain itu, penting juga untuk menciptakan merek usaha yang menarik dan mudah diingat, karena ini bisa menjadi nilai jual tersendiri untuk bisnis properti yang baru saja dibangun.

7. Sisihkan Keuntungan Sebaik Mungkin

Tidak semua pelaku usaha dapat menyisihkan keuntungan dengan cara yang tepat, sehingga salah satu ilmu yang harus dimiliki oleh setiap pelaku usaha dalam bidang properti adalah bagaimana cara yang tepat dalam menyisihkan keuntungan perusahaan dengan sebaik mungkin.

Dengan melakukan cara seperti ini, pelaku usaha dapat mengembangkan bisnisnya ke arah yang lebih baik lagi. Dengan bisnis yang semakin berkembang ke arah yang lebih baik lagi, tentu akan menjadi keuntungan tersendiri bagi pelaku usaha yang menjalankannya.

Ketika perusahaan properti terus berkembang tanpa henti, akan semakin ada banyak orang yang mengenalnya. Dengan begitu, keuntungan yang telah ditabung tersebut akan diganti dengan keuntungan-keuntungan lain yang datang dari konsumen baru.

8. Mencari dan Memilih Karyawan yang Tepat

Memilih karyawan yang tepat bisa dibilang bukanlah perkara yang mudah bagi setiap pelaku usaha di bidang apapun itu. Untuk melakukan aktivitas ini, pelaku usaha harus bisa menilai keterampilan yang dimiliki masing-masing karyawan.

Nantinya, karyawan-karyawan yang ada dalam perusahaan properti dapat dipekerjakan di posisi yang sesuai dengan keterampilannya. Dengan begitu, mereka bisa mengerjakan segala tugasnya dengan baik, sehingga hasilnya pun dapat lebih terjamin.

Biasanya, metode penggunaan karyawan seperti ini akan dilakukan oleh pelaku usaha properti yang sudah berpengalaman. Sebab, untuk menghemat waktunya yang berharga mereka lebih memilih menggunakan jasa karyawan untuk memperluas usahanya tersebut.

Baca Juga  8 Tips Sukses Bisnis Waralaba Modal Kecil Menguntungkan

Namun, tidak menutup kemungkinan juga bahwa ada beberapa pelaku usaha properti pemula, yang memilih menggunakan cara ini untuk lebih fokus ke bidang lainnya yang ada dalam perusahaan tersebut.

Untuk memulai bisnis properti dengan baik dan benar, Anda akan membutuhkan informasi yang lebih panjang lagi. Bagi Anda yang tertarik mempelajari tentang dunia bisnis properti secara lebih jauh lagi, Anda bisa mengikuti proses pembelajarannya melalui pipohargiyanto.com.

Daftar Tips Bisnis Properti Kekinian

1. Tentukan Cara Berbisnis

Bisnis untuk properti yang dijamin menguntungkan itu juga ada beberapa macam caranya, lho. Bahkan ada pula jenis cara bisnis properti untuk pemula yang mudah diterapkan pastinya. Misalnya saja Anda bisa melakukan bisnis bidang ini secara mandiri menggunakan aset pribadi atau bisa juga menjadi makelarnya.

Kedua jenis bisnis di bidang properti tersebut tentu memiliki keunggulan serta kekurangannya masing-masing. Lebih lengkapnya akan saya buatkan tabel khusus, sehingga dengannya Anda jadi lebih mudah untuk menganalisa. Barangkali Anda ingin menentukan pilihan jenis cara berbisnis yang paling sesuai.

Menyewakan properti

Keuntungan

Kekurangan

Memiliki hak menetapkan harga jual atau sewa. Harus tepat memilih kontraktor properti terbaik.
Mendapatkan total keuntungan lebih besar. Butuh mengeluarkan modal lebih besar.
Mendapat sumber passive income jangka panjang. Harus jeli menentukan lokasi properti tersebut.

Makelar properti

Keuntungan

Kekurangan

Tak harus mengeluarkan modal yang besar. Berlaku sebagai perantara bukan penentu deal.
Memiliki risiko kerugian yang jauh lebih kecil. Pembayaran berupa komisi bukan passive income.
Berpeluang mendapat klien yang lebih banyak. Cenderung lebih sibuk menghubungi calon klien.

Baca Juga : Cara Mudah Investasi Properti yang Menguntungkan

2. Tentukan Jenis Properti

Sebenarnya cara bisnis properti kecil-kecilan juga bisa diterapkan dengan mengharapkan keuntungan yang signifikan. Lantaran jenis bisnis bidang properti tersebut juga ada banyak ragamnya, menyesuaikan kemampuan pengusaha serta menyesuaikan pula dengan kebutuhan pasar. Berikut beberapa opsi bisnis di bidang properti yang bisa dijadikan referensi:

Kos Eksklusif

Sebagai satu opsi, jika Anda memiliki modal yang cukup lumayan, tak ada salahnya mencoba peruntungan dengan membangun kompleks kost eksklusif. Target pasarnya bisa berupa mahasiswa, pekerja kantoran, dan yang lainnya. Apalagi jika Anda memilih di wilayah yang memang cukup strategis sebagai penunjang.

Layanan fasilitas kost eksklusif ini sebaiknya dipikirkan secara matang, agar semakin menarik minat calon penyewa. Anda bisa memasukkan fasilitas furnitur yang memadai, layanan untuk laundry, fasilitas keamanan modern misalnya kunci digital, dan fasilitas lainnya. Sesuaikan dengan target pasar Anda.

Apartemen Mahasiswa

Bisa dikatakan jika apartemen mahasiswa ini memiliki spesifikasi yang lebih memuaskan dibandingkan dengan kost eksklusif dalam poin penjelasan sebelumnya tadi. Disebutkan sebagai apartemen mahasiswa lantaran memang jenis hunian ini ditujukan untuk penyewa yang umumnya memang belum berkeluarga.

Membangun kompleks apartemen mahasiswa tentunya harus diperhatikan pula letak strategisnya, lho. Ada baiknya berikan fasilitas lingkungan memadai pula, semisal kolam renang, roof top, area gym, dan lainnya. Anda bisa menyewakannya dengan sistem sebebas mungkin, bahkan untuk sewa harian pun menjanjikan.

Ruko

Memulai bisnis properti dengan jenis ruko nampaknya bisa dibilang realistis. Lantaran modal yang dikeluarkan juga bisa dibilang cukup lebih ekonomis. Terlebih banyak orang menyewa ruko biasanya dalam jangka waktu panjang sekaligus. Tentu hasil passive income-nya akan jauh lebih menggiurkan tentunya.

Barangkali memang benar jika aspek utama yang harus diperhatikan pertama kali dalam bisnis properti adalah letaknya yang terjamin strategis. Terlebih biasanya ruko ini merupakan lahan bisnis yang wajib hukumnya terletak di lingkungan menjanjikan. Hal ini yang harus diperhatikan kala membangun ruko, ya.

Baca Juga  Konsep Minimarket Rumahan Modal Kecil Untung Berlimpah!

Baca Juga : Keuntungan Investasi Properti yang Wajib Diketahui Investor

3. Manfaatkan Youtube

Rasanya platform video yang memuaskan semacam Youtube bisa menjadi cara promosi baru bagi para penyedia jasa properti, lho. Tampaknya metode satu ini juga bisa dijadikan sebagai cara memulai bisnis properti tanpa modal. Misalnya saja Anda bisa mengunggah video promo properti sebagai makelarnya saja.

Tak jarang calon penyewa yang gencar mencari video referensi hunian melalui platform Youtube. Lantaran di Youtube kualitas video hunian yang ditampilkan bisa jauh lebih memuaskan, ya. Dengan durasi cukup panjang, calon konsumen bisa meneliti calon hunian yang barangkali akhirnya menarik minat sewa.

Sebagai tambahan catatan jika Anda tertarik untuk memasukkan pula video sewaan properti Anda ke Youtube perlu perhatikan beberapa hal. Pastikan kualitas video layak serta baik. Lakukan pengambilan gambar dari sudut yang tepat. Rekam spot sewaan hunian tersebut dengan menonjolkan kelebihannya, ya.

4. Manfaatkan Sosial Media

Barangkali jika bicara mengenai sosial media, maka Facebook serta Instagram menduduki jumlah pengguna yang paling tinggi, ya. Padahal, kedua platform sosial media tersebut pada prinsipnya dalam satu naungan yang sama. Itu sebabnya jika Anda memilih beriklan di Instagram pendaftarannya lewat FB.

Jangkauan pengguna yang luas tentu menjadi peluang menggiurkan untuk mendongkrak peminat layanan usaha properti milik Anda, lho. Memang benar barangkali inilah yang sering disebut sebagai cara bisnis properti era kekinian dengan memanfaatkan sosial media yang efisien. Soal biaya juga dijamin terjangkau.

Prosedur iklan properti via Facebook Ads:

  • Pertama kali buat dulu page bisnis Anda tersebut di lama Facebook.
  • Klik opsi menu Ad Center yang terletak pada bagian header.
  • Lanjut klik opsi menu Create Ad.
  • Langsung saja klik opsi menu Get More Website Visitors untuk menaikkan pengunjung web bisnis Anda.
  • Dilanjut dengan melengkapi data yang dibutuhkan. Misalnya mengisi URL, judul, teks call to action, format serta materi iklan, dan seterusnya.
  • Jangan lupa lengkapi dengan memilih target audiens paling tepat serta budget biaya yang hendak dikeluarkan untuk pemasangan iklan online tersebut.
  • Lakukan pelunasan biaya pasang iklan online. Tunggu sejenak hingga iklan Anda kini siap untuk ditampilkan. 

Prosedur iklan properti via Instagram Ads:

  • Pertama kali langsung buka laman Facebook Ads Manager. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Instagram serta Facebook merupakan sosial media dalam satu naungan, ya.
  • Setelah itu, klik opsi menu Kampanye.
  • Jika sudah, Anda bisa lanjutkan dengan klik opsi menu Buat Iklan.
  • Langkah satu ini mewajibkan Anda untuk mengisi data iklan secara lengkap, mulai dari pemilihan target audiens, waktu tayangan iklan dan seterusnya. Isi sesuai dengan kebutuhan, ya.
  • Lanjut mulai hubungkan akun Facebook dengan Instagram Anda.
  • Lengkapi dengan memilih format iklan tersebut misal berbentuk gambar atau video. Lengkapi dengan isi judul, URL maupun info pelengkap yang terkait.
  • Selanjutnya tinggal lunasi pembayaran biaya pemasangan iklan online Anda tersebut. Tunggu beberapa saat hingga iklan Anda siap untuk ditampilkan, ya.

Bisnis properti tentunya jika dijalankan dengan trik yang benar bisa menjadi lahan keuntungan yang optimal. Jika Anda tertarik memiliki bisnis dengan income pasif menguntungkan secara efektif, bisa bergabung dengan program dari Pipohargiyanto.com yang terpercaya.

Share artikel ini apabila bermanfaat
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan Buku Bisnis Waralaba Indomaret!

Anda bisa dapatkan di: