Apa Itu Bisnis Franchise? Simak Penjelasan Lengkapnya Seputar Franchise

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dalam dunia bisnis, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dengan lebih mudah dan cepat. Salah satunya adalah bisnis franchise yang semakin marak di Indonesia. Bisnis ini dianggap sebagai jalan pintas untuk memulai bisnis yang tingkat kegagalannya dianggap lebih kecil.

Biasanya pebisnis pemula yang masih belum memiliki banyak pengalaman di bidang tertentu akan memilih bisnis ini. Selain meminimalisir kegagalan, pemula juga bisa sekaligus belajar sistem dan metode yang digunakan untuk menambah pengalaman. 

Bisnis Franchise

Bisnis franchise adalah kerja sama antara pemilik usaha dengan orang yang ingin bergabung dengan usaha tersebut demi mendapatkan keuntungan.  Istilah franchise ini juga sering dikenal dengan waralaba yang secara bahasa artinya lebih untung. 

Sementara menurut Barringer, bisnis waralaba ini dimaknai sebagai bisnis antara dua pihak di mana salah satu pihak memiliki hak untuk menjual produk atau jasa dari pihak lainnya dengan syarat tertentu. 

Usaha Franchise di Indonesia juga dianggap sangat menguntungkan, bahkan telah diakui oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia dalam PERMENDAG RI tahun 2019 nomor 71. Menurut peraturan ini, waralaba merupakan hak khusus yang dimiliki oleh badan usaha ataupun perseorangan terkait sistem bisnis. 

Baca Juga : Jenis Jenis Bisnis Waralaba yang Wajib Diketahui Pebisnis

Sistem Kerja Franchise

Sistem kerja dari franchise ini sebenarnya sangat sederhana. Antara pihak pemilik usaha dengan pihak lainnya yang ingin membeli lisensi bisnis ini terikat dalam suatu perjanjian. Secara garis besar, isi perjanjian dalam usaha franchise adalah sebagai berikut.

  • Pemilik usaha disebut franchisor sementara pembeli lisensi disebut franchisee.
  • Franchisor wajib memberikan bantuan kepada franchise berupa brand dari produk yang dimiliki.
  • Adapun sistem operasional, proses produksi, standar perlengkapan produksi, manajemen keuangan, hingga manajemen SDM diberikan oleh franchisor kepada franchisee untuk diterapkan selama menjalankan usaha.
  • Selanjutnya pihak franchisee wajib memberikan imbalan berupa keuntungan dari hasil usaha kepada franchisor secara rutin sesuai dengan kesepakatan yang sudah ditentukan sebelumnya. 

Keuntungan Bisnis Franchise

Saat ini, bisnis waralaba atau franchise semakin marak di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari banyaknya keuntungan yang akan diperoleh dengan menjalankan bisnis instan ini, di antaranya :

1. Risiko Kegagalan Lebih Kecil

Keuntungan terbesar dari bisnis ini adalah memiliki potensi kegagalan yang sangat kecil. Ini disebabkan karena pemula bisa memilih jenis usaha dari brand yang sudah ternama dan terbukti kualitasnya di mata publik. 

Semakin baik brand dari jenis usaha yang ingin dijalankan, maka semakin kecil risiko kegagalan yang berlaku pada usaha tersebut. Kondisi ini jauh lebih menguntungkan dan praktis dibandingkan harus memulai usaha dari nol hingga mendapatkan pelanggan.

2. Usaha Bisa Langsung Berjalan Tanpa Kesulitan Membangun Citra Brand

Salah satu kesulitan dalam membuka usaha sendiri adalah membangun citra brand yang baik di masyarakat. Proses membangun nama baik brand ini membutuhkan waktu yang sangat lama hingga bisa dikenal oleh masyarakat.

Dengan menjalankan bisnis waralaba, tentu saja seorang pemula tidak perlu kesulitan lagi membangun citra brand di masyarakat.  Dengan ditunjang oleh nama brand yang sudah terkenal, pengusaha hanya perlu meneruskan bisnis tersebut dengan manajemen dan sistem yang sudah ada.

Sementara pangsa pasar dan para pelanggan dari usaha yang dijalankan akan berdatangan sendiri tanpa kesulitan mempromosikannya.

3. Sistem Bisnis yang Dijalankan Sudah Teruji

Jenis usaha yang maju pasti memiliki sistem bisnis yang sangat baik dan telah teruji dalam praktiknya di lapangan. Hanya dengan membeli lisensi dari usaha tertentu, seorang yang menjalankan bisnis waralaba ini bisa menjalankan sistem manajemen keuangan, SDM, serta strategi pemasaran yang sudah teruji. 

Padahal, sistem dan strategi yang teruji ini sangat sulit dibentuk sendiri sehingga membutuhkan waktu lama untuk menguji keefektifannya.

4. Lebih Mudah dalam Pendanaan

Sebuah usaha yang baru berjalan biasanya juga akan mengalami kesulitan dalam hal pendanaan. Padahal dana menjadi sumber utama untuk terus mengembangkan usaha. Apabila melakukan kerjasama bisnis waralaba kepada usaha yang sudah ternama, pendanaan bisa didapatkan dengan mudah.

Misalnya saja ketika meminjam dana pada sebuah bank, pihak bank tentu akan melihat brand dari usaha yang dijalankan. Kalau brand sudah sangat terkenal dan cukup besar, tentu pihak bank dengan senang hati akan menyalurkan kredit kepada pengusaha waralaba ini.

5. Sudah Memiliki Kerjasama yang Menguntungkan

Kerjasama dalam usaha sangat dibutuhkan dalam menunjang perkembangan usaha yang dimiliki. Ketika menjalankan bisnis franchise kepada perusahaan yang sudah ternama, di dalamnya pasti juga sudah mempunyai kerjasama bisnis dengan pihak lain yang menguntungkan.

Misalnya usaha produksi barang yang sudah memiliki kerjasama dengan pemasok bahan dasar atau bahan baku produksi. Pelaku franchise dalam usaha ini tidak perlu kerepotan mencari pemasok bahan baku berkualitas di tempat lain yang belum tentu terpercaya dan ekonomis.

6. Bisa Menambah Pengalaman Bisnis untuk Bekal Memulai Sendiri

Keuntungan lainnya yang tidak bisa dianggap remeh adalah pengalaman yang didapatkan dalam menjalankan bisnis waralaba dengan usaha lainnya. Pengalaman yang didapatkan ini nantinya bisa menjadi bekal jika ingin membuka usaha sendiri dalam bidang yang sama.

Kelemahan dan kelebihan dari usaha yang dijalankan serta manajemen yang digunakan di dalamnya bisa dipelajari untuk membangun usaha mandiri yang lebih baik. 

Baca Juga : Tips Sukses Bisnis Waralaba Modal Kecil Menguntungkan

Baca Juga  11+ Ide Bisnis Modal Kecil dengan Potensi Keuntungan Besar

Bisnis Franchise yang Menguntungkan

Hampir semua jenis usaha sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk bisnis waralaba. Hanya saja ada banyak kriteria yang harus diperhatikan agar bisnis ini bisa menguntungkan di masa mendatang. Sebagai bahan pertimbangan, berikut beberapa jenis bisnis waralaba yang menguntungkan dan menarik untuk dicoba.

1. Waralaba Tempat Perbelanjaan

Belanja menjadi kebutuhan semua orang tanpa terkecuali. Oleh sebab itu, usaha dalam bidang perbelanjaan bisa dijadikan bisnis franchise yang menjanjikan. Meski cukup menguntungkan, modal untuk bisnis waralaba ini memang terbilang agak besar.

Pebisnis harus memiliki tempat usaha yang memenuhi kriteria serta mampu mengelola barang-barang yang akan dijual dengan SDM yang mumpuni.

2. Waralaba Jasa Pengiriman Paket

Maraknya aktivitas belanja online memang menjadi salah satu faktor utama larisnya jasa pengiriman paket. Apabila ingin membangun bisnis waralaba yang lebih ringan, bisa memanfaatkan usaha jasa pengiriman paket yang sudah ternama.

Kisaran modal awal yang dibutuhkan untuk bisnis waralaba dengan jasa pengiriman paket ini cukup ringan, yakni antara 5 sampai 6 juta saja. Dana tersebut sudah sekaligus dengan biaya promosi tempat yang tentunya sangat menguntungkan.

3. Waralaba Beragam Makanan dan Minuman

Bagi yang ingin membuka usaha namun tidak memiliki tempat usaha yang cukup luas, bisa juga membuka bisnis franchise di bidang penjualan makanan atau minuman. Biasanya modal utama pengganti tempat pada usaha ini adalah counter atau outlet usaha. 

Namun, pastikan untuk memilih jenis usaha makanan atau minuman yang sesuai dengan lokasi dan selera masyarakat di daerah usaha. 

Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan Passive Income Bagi Pemula

Baca Juga  Memiliki Passive Income Dengan Investasi Minimarket Waralaba 

Cara Memulai Bisnis Franchise yang Mudah

Meski beberapa jenis waralaba di atas berpotensi menguntungkan, namun untuk memulainya tetap dibutuhkan pengalaman. Sebagai bekal menjalankan bisnis waralaba yang menguntungkan ini, bisa belajar dahulu di tempat-tempat yang sudah terpercaya seperti di pipohargiyanto.com.

Berbagai pengalaman menarik terkait ancaman dan kesempatan yang bisa diambil dari usaha waralaba bisa dipelajari di sana. Jadi, saat memutuskan untuk menjalankannya tidak perlu khawatir mengalami kerugian. 

Banyaknya kemudahan dan keuntungan dari bisnis franchise ini bisa menjadi opsi bagi pemula yang bosan bekerja sebagai karyawan dan ingin memulai bisnis sendiri yang menguntungkan. Tidak perlu khawatir gagal dalam usaha ini apabila sudah ditunjang oleh brand terkenal di belakangnya.

Share artikel ini apabila bermanfaat
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Leave a Comment

Dapatkan Buku Bisnis Waralaba Indomaret!

Anda bisa dapatkan di: