5 Cara Bisnis Online Tanpa Modal Lengkap dengan Contoh dan Keunggulannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saat ini berbisnis memang menjadi salah satu solusi, agar bisa mendapatkan keuntungan. Apalagi dengan hadirnya berbagai bisnis online tanpa modal, sehingga siapa saja bisa jadi pebisnis yang sukses. 

Kalau dibandingkan dengan bisnis offline, akan sangat banyak pula keunggulan menjalankan bisnis tanpa modal secara online. Bagi yang berminat terjun ke dunia bisnis ini, wajib luangkan waktu untuk membaca informasi penting ini!

Cara Bisnis Online Tanpa Modal

Mungkin ada yang langsung mengernyitkan dahi dan tak percaya, bahwa sebuah bisnis bisa dimulai tanpa menggunakan modal. Tapi, kenyataannya hal itu memang bisa terjadi dan banyak yang sudah membuktikannya. Tentu dengan cara yang benar.

1. Lakukan Riset Pasar

Sebelum memulai bisnis online tanpa modal, hal pertama yang perlu dilakukan adalah riset pasar terkait produk apa yang sedang dibutuhkan banyak orang. 

Kemudian buat daftar produk paling diminati, dengan begitu dapat dipilih mana jenis produk yang akan dijadikan bisnis. Apakah produk berupa barang atau jasa sesuai dengan kemampuan sendiri.

Jangan lupa, untuk melakukan pula riset harga produk yang dijual oleh pebisnis dalam jaringan online. Bisa dilihat melalui berbagai toko online yang sudah lebih dulu berdiri, juga melalui marketplace yang menampung banyak penjual produk target bisnis.

2. Bandingkan Harga dan Beri yang Terbaik

Jika sudah mendapatkan produk, lanjutkan dengan melakukan perbandingan harga dari penjual yang sudah eksis. Jangan hanya satu atau dua, usahakan untuk melakukan perbandingan di banyak penjual.

Setelah itu, harga disesuaikan pula dengan kualitas produk mereka apakah sebanding atau tidak. Dari perbandingan yang dilakukan, akan terlihat celah untuk menentukan harga yang tepat.

Bukan saja perkara potensi keuntungan, tapi juga sejauh mana nantinya kualitas produk jualan melalui bisnis tanpa modal bisa lebih maksimal ketimbang toko online lainnya.

Baca Juga : Contoh Bisnis Plan, Tujuan dan Cara Membuat Bisnis Plan Lengkap

Baca Juga  4 Tips Jitu Bisnis Properti Kekinian dan Menguntungkan Bagi Pemula

3. Maksimalkan Media Sosial untuk Promosi

Langkah berikutnya adalah, mulai memperkenalkan produk lewat berbagai media sosial. Jika belum punya, buatlah media sosial yang memang banyak digunakan orang. Sehingga kemungkinan untuk menjual lebih banyak bisa terwujud.

Hal itu sangat mudah dilakukan, mengingat sekarang orang memang cenderung beralih pada transaksi jual beli online ketimbang datang langsung ke toko untuk membeli sebuah produk.

4. Konsisten Saat Memasarkan Produk

Ketika sudah mulai memasarkan produk, baik itu buatan sendiri atau menjadi reseller maka pastikan untuk konsisten memasarkan dan mempromosikannya. 

Konsistensi tersebut, menjadi salah satu tolak ukur calon pembeli saat akan menentukan dimana mereka akan bertransaksi. Contoh, ketika sebuah toko online selalu fast response terhadap calon pembeli, maka kemungkinan transaksi terjadi akan lebih besar.

Beda dengan toko yang buka sesuai keinginan penjual, bisa saja orang jadi kurang yakin apakah toko tersebut benar-benar ada atau hanya penipu.

Baca Juga : 10 Ide Jualan Online Paling Menguntungkan dan Trik Menjalankannya

5. Trik Promosi yang Tepat

Gunakan trik promosi yang tepat, supaya orang lebih cepat mengenal bisnis yang digeluti dan berminat membeli. Sebagai referensi, di awal bisnis dibangun maka ada baiknya melakukan promosi dengan diskon tertentu untuk setiap pembelian produk.

Percaya atau tidak, kebanyakan calon pembeli akan tertarik ketika ada produk diskon. Kemudian lakukan trik diskon ini pada momen-momen penting. Jangan lupa untuk mengerahkan semua akun media sosial yang dimiliki, sebagai sarana promosi. 

Memang butuh ekstra tenaga dan waktu, terutama untuk upload informasi promosi bisnis tanpa modal di HP. Tapi, dampaknya akan lebih signifikan jika dibandingkan promosi standar hanya melalui toko online saja.

6. Libatkan Orang Dekat

Jangan pula ragu untuk melibatkan orang terdekat, untuk ikut mempromosikan produk bisnis tersebut. Bila perlu jadikan mereka pembeli pertama, lalu mintalah untuk memberikan review dan testimoni untuk menunjang promosi.

Baca Juga : Apa Itu Bisnis Franchise? Simak Penjelasan Lengkapnya Seputar Franchise

Baca Juga  Siapa Bilang Income Pengusaha lebih Besar Dari Income Karyawan? 

Contoh Bisnis Online Tanpa Modal

Tidak perlu bingung, jika seandainya banyak jenis produk yang saat ini booming dijadikan objek bisnis. Berikut ini, ada beberapa contoh bisnis online yang menguntungkan tanpa modal dan bisa dijadikan bisnis awal yang akan mendatangkan cuan.

1. Konsultasi

Kepiawaian di bidang tertentu, bisa dituangkan menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan hasil. Misalnya, pemahaman maksimal tentang akuntansi perusahaan. Maka bisnis konsultasi akuntansi perusahaan bisa dibuka, untuk pengusaha pemula yang ingin memiliki manajemen akuntansi yang bagus.

2. Translator

Mirip dengan konsultasi, ketika kemampuan di bidang bahasa asing tertentu sudah mumpuni maka bisa pula dijadikan bisnis online yang menguntungkan tanpa modal. Cukup dengan promosi kemampuan menerjemahkan dokumen.

Baca Juga : 4 Tahapan Sukses Membangun Sistem Bisnis Autopilot

3. Desain Grafis

Punya latar belakang desain grafis? Jangan jadikan kemampuan yang hanya tercatat dalam ijazah saja, tapi berdayakan untuk menghasilkan keuntungan. Saat ini, jasa desain grafis masuk dalam jajaran bisnis yang menjanjikan.

Terutama jika dijalankan dengan cara yang tepat. Seperti membuat portofolio desain, kemudian bergabung dalam situs freelancer desain grafis.

Disana, akan ditemukan klien-klien yang butuh desain grafis berbagai jenis. Jika beruntung maka sebuah pekerjaan desain bisa didapat.

4. Fotografer 

Kemampuan fotografi juga bisa menjadi sebuah bisnis yang tak menggunakan modal awal. Cukup manfaatkan media sosial, kemudian posting hasil jepretan terbaik dan promosikan jasa fotografi.

Baca Juga : 8 Tips Sukses Bisnis Waralaba Modal Kecil Menguntungkan

Baca Juga  Workshop : Pengertian, Keuntungan dan Pentingnya Bagi Bisnis

5. Agen Properti

Bisnis properti juga masih sangat eksis, apalagi sejak banyak platform online yang menjadi sarana jual beli properti. 

Manfaatkan kemampuan marketing untuk menjual properti-properti terbaik dari pemiliknya, lalu raih fee yang cukup besar. Bahkan hanya dengan jualan lewat HP saja, keuntungan bisa mengalir deras.

Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah kerjasama dengan bisnis properti sekelas pipohargiyanto.com. 

6. Dropship

Bisnis yang satu ini sangat diminati, pebisnis pemula tak perlu punya modal. Cukup menerapkan cara bisnis online tanpa modal versi dropship. Yaitu, menerima pesanan dari konsumen, lalu meminta produsen barang langsung mengirim pesanan ke alamat konsumen.

7. Blogger dan Youtuber

Dua kategori ini sudah menjadi bisnis yang menggurita di dunia. Hanya bermodalkan kuota internet, ide kreatif, dan kemauan untuk menghasilkan konten terbaik maka siapa saja bisa sukses jadi seorang blogger atau Youtuber.

Tapi, memang butuh kesabaran dan kerja keras tanpa kenal lelah karena hasilnya tidak bisa dilihat secara instan.

Keunggulan Bisnis Online Tanpa Modal

Ketika sudah berkecimpung di dunia bisnis online, akan banyak keunggulan yang dirasakan. Apalagi ketika memilih bisnis tanpa modal. Apa saja keunggulan tersebut?

  • Bisa dikerjakan dimana saja, tanpa harus mengganggu waktu kerja atau mengurus rumah tangga. Cukup dengan posting lewat media sosial, memastikan kuota internet tetap tersedia maka bisnis bisa berjalan lancar.
  • Pangsa pasar akan lebih luas ketimbang membuka bisnis offline, dimana semua orang dari berbagai daerah hingga mancanegara bisa menjadi konsumen.
  • Tanpa modal sepeserpun, tetap bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Tentunya selama konsisten menjalankan bisnis dan mampu memberikan produk terbaik pada konsumen.

Sudah siap menjadi pebisnis sukses beberapa tahun lagi? Mulai dari sekarang dengan menggeluti bisnis online tanpa modal. Jangan lupa pelajari seputar bisnis melalui media yang tepat, seperti pipohargiyanto.com yang akan membantu mengerjakan bisnis online, termasuk bisnis properti.

Share artikel ini apabila bermanfaat
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Leave a Comment

Dapatkan Buku Bisnis Waralaba Indomaret!

Anda bisa dapatkan di: