11 Manfaat Investasi Sejak Dini Untuk Masa Depan

Investasi merupakan bentuk simpanan yang sifatnya jangka panjang dan memberi keuntungan. Jenis investasi ini beragam salah satunya yang juga menguntungkan adalah investasi properti. Banyak sekali manfaat investasi dan keuntungan di dalamnya.

Sehingga investasi di bidang properti ini sangat layak dicoba. Investasi properti nilainya lebih stabil dan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Investasi properti juga termasuk jenis investasi yang minim resiko dibanding investasi lainnya. 

Apa Itu Investasi di Bidang Properti

Investasi dalam bidang properti adalah bentuk modal yang sekilas mirip dengan jenis investasi lainnya, yang melibatkan pembelian/penjualan aset dan menambah aset tersebut untuk mendapat penghasilan atau berupa keuntungan.

Perbedaan antara investasi properti dengan investasi lainnya adalah cara pengelolaan asetnya. Aset investasi jenis pasar uang yaitu berupa mata uang, sedangkan investasi obligasi berupa bond atau obligasi, dan investasi properti berupa tanah/bangunan.

Tanah dan sejumlah bangunan yang berada di atasnya seperti misalnya rumah, jalan, sumber daya di lingkungan tanah tersebut dan sebagainya, termasuk jenis dari properti. Pengelolaan properti tersebut baik dalam hal penyewaan atau penjualan, adalah langkah dari investasi itu sendiri.

Manfaat Investasi di Bidang properti dan Keuntungannya

Bagi para investor pemula, investasi bidang properti ini sangat direkomendasikan karena banyak keuntungan dan manfaat investasi di dalamnya. Apa saja manfaat dan keuntungan tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Harga Properti yang Terus Mengalami Peningkatan

Harga tanah di tahun lalu akan berubah naik di tahun ini atau tahun berikutnya. Hal itu sudah bukan menjadi rahasia umum lagi di dunia properti. Harga tanah atau properti yang terus meningkat setiap tahunnya menjadi keuntungan dari investasi properti itu sendiri.

Baca Juga  Analisis Investasi : Pengertian & Cara Analisis Kelayakan Investasi!

Hal itu disebabkan oleh semakin meningkatnya permintaan tetapi kebutuhannya menurun. Kenaikan harga dari properti ini bahkan melebihi jumlah inflasi. Maka tak akan ada kerugian saat berinvestasi properti dengan harganya yang terus mengalami kenaikan.

Baca Juga : 4 Tips Jitu Bisnis Properti Kekinian Dan Menguntungkan Bagi Pemula

2. Terdapat Capital Gain yang Cukup Besar

Manfaat investasi properti lainnya yaitu adanya capital gain di dalamnya yang cukup besar. Setiap orang yang akan berinvestasi tentu akan memikirkan banyak hal. Seperti misalnya jumlah modal awal dan apakah investasi ini akan merugikan atau tidak.

Namun dengan berinvestasi di bidang properti capital gain yang ada di dalamnya lebih besar. Contohnya ketika seseorang membeli rumah dengan harga Rp.800 juta. Kemudian beberapa tahun berikutnya harganya bisa naik menjadi Rp.1 milyar.

Banyak faktor yang memicu kenaikan tersebut, sehingga capital gain di dalam investasi properti terbilang besar.

3. Investasi Jangka Panjang

Jenis investasi yang biasa dipilih adalah jangka panjang dan jangka pendek. Untuk investasi jangka panjang tentu keuntungannya pun akan lebih besar. Bagi investor yang ingin mencoba investasi jangka panjang maka properti adalah pilihan yang paling tepat.

Perkembangan dari setiap tahun yang terus meningkat pada suatu jenis properti, membuat keuntungannya menjadi besar dalam investasi jangka panjang.

Baca Juga : Inilah 7 Jenis Investasi Jangka Panjang dengan Keuntungan Besar!

4. Jenis Investasi yang Bisa Dilihat Langsung Secara Fisik

Keuntungan lainnya dari investasi properti adalah karena jenis properti ini bisa dilihat secara fisik. Berbeda dengan jenis investasi seperti saham, obligasi, dan reksadana yang tidak bisa dilihat langsung wujudnya.

Sedangkan dalam bidang investasi properti ini wujudnya bisa dilihat karena berupa properti. Itulah sebabnya kebanyakan orang lebih senang berinvestasi di bidang properti karena bisa dilihat secara fisik.

Baca Juga  Apa Itu Portofolio Investasi? Manfaat dan Cara Mengelolanya

Baca Juga : Jenis Jenis Properti yang Menguntungkan Untuk Investasi Jangka Panjang

5. Bisa Dijadikan Agunan Ketika Mengajukan Pinjaman ke Bank

Keuntungan dan manfaat investasi berikutnya adalah, properti bisa dijadikan agunan untuk pinjaman ke Bank. Misalnya sewaktu-waktu diperlukan pinjaman dana/modal sehingga properti ini bisa menjadi agunan atau jaminan.

Tak hanya itu saja, jika dilihat dari segi legalitasnya investasi di bidang properti ini dijamin langsung oleh UU. Sehingga nilai propertinya akan meningkat sesuai dengan nilai permintaan yang ada.

 

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

 

6. Bisa Dijual Kembali

Keuntungan dan manfaat lainnya dari investasi di bidang properti ini adalah bisa menjadi tabungan untuk masa depan. Misalnya ketika ada anggaran lebih untuk berinvestasi, sebaiknya gunakan uang itu untuk investasi properti.

Investasi berupa properti ini bisa dijual kembali di masa mendatang. Bahkan dengan harga jual yang lebih tinggi dari harga beli. Properti tersebut bahkan bisa menjadi tabungan untuk anak cucu di masa depan kelak.

Baca Juga : Macam-Macam Investasi Terbaik Untuk Pemula Menguntungkan

7. Bisa Disewakan

Selain dijual kembali investasi properti ini bisa disewakan dengan nilai yang cukup tinggi. Menyewakan properti tersebut juga bisa menjadi investasi jangka panjang, karena jika dijual beberapa tahun kemudian maka harganya bisa jauh lebih mahal.

Sedangkan untuk investasi jangka pendeknya, ada penghasilan dari biaya sewa setiap tahunnya. 

8. Berpotensi Memiliki Arus Kas yang Rutin

Pada saat berinvestasi properti dan ingin investasi jangka panjang, maka tunggu sampai beberapa tahun kemudian. Hingga harga dari properti tersebut sudah mengalami kenaikan. Sambil menunggu kenaikan harga tersebut, maka properti bisa disewakan terlebih dulu.

Saat itulah muncul arus kas yang stabil sebelum mulai menjualnya dengan harga tinggi. Contohnya ketika seseorang memiliki properti berupa rumah dengan harga 1,5 milyar. Lalu disewakan dengan harga 10-15 juta per bulan. 

Baca Juga  Pengertian ROI Beserta Kelebihan, Rumus dan Cara Menghitungnya

Maka hasil sewanya bisa digunakan untuk keperluan lainnya, atau untuk melunasi hutang ke bank ketika berinvestasi properti dengan membeli rumah tersebut. 

9. Dapat Menggunakan Modal dari Pihak Lain

Banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh dengan berinvestasi properti. Ketika akan memulai bisnis ini dan tidak ada modal maka masih ada cara lain yaitu dengan meminjam modal pada pihak lain.

Contohnya saat membeli gedung dengan harga 500 juta maka uang yang dikeluarkan sekitar 20-30%nya saja dari total harga. Sisanya bisa diperoleh dari bank. Kemudian properti tersebut bisa dimiliki dengan menjadikannya jaminan pada bank.

Baca Juga : Tips Investasi Tanpa Modal Profit Berlipat dan Contohnya

10. Adanya Kontrol pada Pemilik Properti

Manfaat investasi berikutnya adalah adanya kontrol pada investasi ini, karena seseorang yang berinvestasi di bidang properti terkait juga sebagai pemilik sekaligus investor. Banyak hal yang bisa dilakukan dari properti untuk mendapatkan uang.

Misalnya dengan menjual properti, membangunnya, menyimpannya, memperbaiki, menyewakan, dan sebagainya. Sehingga kontrol sebagai pemilik dan juga investor akan menjadi hal yang menguntungkan sekaligus.

11. Investasi dengan Penghasilan Pasif

Investasi di bidang properti adalah jenis investasi yang bisa dilihat wujud/fisiknya. Hal ini juga menguntungkan karena berbeda dengan jenis investasi tak berwujud seperti reksadana misalnya. 

Selain itu investasi ini juga bisa menjadi penghasilan pasif dengan keuntungan yang cukup besar. Kebutuhan rumah bagi banyak orang yang terus meningkat, juga ikut mendukung keberhasilan dari investasi tersebut.

Dari beberapa keuntungan dan penjelasan di atas, terbukti bahwa banyak hal yang bisa diambil manfaatnya dari investasi properti ini. Baik digunakan untuk investasi jangka panjang maupun jangka pendek.

Masih banyak lagi manfaat investasi yang lainnya, yang sekiranya bisa menjadi pertimbangan dalam berinvestasi. 

Baca Juga : Mengenal Jenis Investasi Modal Kecil dan Potensi Keuntungannya, Cocok bagi Pemula!

Untuk pembelajaran tentang investasi lainnya bisa langsung ke  situs pipohargiyanto.com yang terpercaya dalam pengetahuan mengenai investasi. Ditambah dengan keuntungan dan cara berinvestasi yang baik.

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: