Mengenal Jenis Investasi Modal Kecil dan Potensi Keuntungannya, Cocok bagi Pemula!

Investasi modal kecil dengan untung besar memang sangat menggiurkan, karena tanpa modal yang besar siapa saja bisa memulai untuk berinvestasi.  Saat ini memang banyak peluang investasi dengan modal kecil yang menawarkan banyak kemudahan dan potensi keuntungan yang tidak boleh diremehkan.

Dengan peluang investasi yang cukup beragam maka memberikan banyak pilihan bagi calon investor untuk menanamkan modalnya.  Lalu, apa saja jenis investasi yang menguntungkan dengan modal kecil?  Berikut ini ulasan lengkapnya:

Apa yang Dimaksud dengan Investasi Modal Kecil?

Pada dasarnya investasi modal kecil bisa diartikan sebagai bentuk investasi yang dilakukan dengan mengeluarkan modal yang sangat kecil, biasanya berada di bawah Rp 1 juta.  Dengan modal yang kecil ini, maka investasi jenis ini bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan pelajar dan ibu rumah tangga.

Dengan melakukan investasi modal minim ini maka para investor akan berpeluang mendapatkan profit harian yang cukup menjanjikan tanpa perlu mengeluarkan banyak modal.  Jenis dan pilihan investasi dengan modal yang kecil pun cukup beragam sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Namun begitu, penting juga bagi calon investor untuk memahami jenis-jenis investasi dan bagaimana trik yang harus dilakukan agar jenis investasi yang dipilih mampu memberikan keuntungan yang signifikan.

Baca Juga : 7 Cara Mengumpulkan Modal Investasi Termudah Bagi Pemula 

Mengenal Jenis-Jenis Investasi Modal Kecil Untung Besar

Setidaknya ada 7 jenis instrumen investasi yang bisa dipilih oleh calon investor untuk menanamkan modalnya yang minim namun memiliki potensi keuntungan yang besar.  Berikut ini adalah ketujuh instrumen investasi yang dimaksud:

  • Emas

Investasi emas sudah dikenal sejak dulu dan menjadi salah satu investasi yang cukup menjanjikan, bahkan bagi pemula.  Biasanya investasi emas dilakukan dengan cara membeli emas batangan atau perhiasan emas dan menjualnya kembali ketika harga emas sedang naik.

Baca Juga  Inilah Cara Jual Properti yang Efektif secara Online & Offline

Untuk saat ini sudah banyak tersedia instrumen investasi jenis emas yang memberikan banyak pilihan berat maupun ukuran.  Dengan opsi ini maka calon investor bisa melakukan pembelian sesuai modal yang tersedia.  Namun, pastikan untuk memilih lembaga investasi yang kredibel.

  • Reksa Dana

Investasi pemula modal kecil selanjutnya adalah reksa dana yang merupakan salah satu instrumen investasi populer.  Jenis investasi ini bisa dilakukan oleh siapa saja dari berbagai kalangan, bahkan untuk pelajar sekalipun.

Jenis investasi dengan modal kecil ini membutuhkan modal awal yang bervariasi dan return yang atraktif sehingga bisa dipilih sesuai budget.  

Cara kerja dari reksa dana adalah dengan memberikan modal pada pihak ketiga yang mengelola reksa dana sesuai waktu yang ditentukan.  Selanjutnya manajer investasi akan mengelola modal tersebut untuk mendanai proyek atau aset lainnya.

Ketika tiba jatuh tempo, maka investor akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan perputaran modal tersebut.  Semakin bagus kinerja manajer investasi dalam mengelola modal, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan besar semakin terbuka lebar.

  • Saham

Jenis investasi ini cocok untuk investasi pemula modal kecil yang ingin berinvestasi jangka pendek maupun investor yang ingin investasi untuk jangka panjang.  Dengan setoran minimum, investor bisa membeli saham dari emiten yang memiliki portofolio investasi yang bagus.

Pada investasi jenis ini investor bisa melihat pergerakan jual beli saham emiten secara berkala.  Ketika harga saham naik, maka investor bisa segera menjual sahamnya untuk mendapatkan keuntungan.

Pada jenis investasi modal kecil ini penanam modal harus memiliki strategi yang tepat dan efektif, terkait kapan harus membeli saham, mempertahankan saham, dan kapan harus menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Baca Juga  Mengenal Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh Sertifikat Tanah

Baca Juga : Pengertian Passive Income dan Cara Mudah Mendapatkannya

  • Uang Asing

Salah satu jenis investasi yang menguntungkan dengan modal kecil adalah investasi uang asing, terutama dollar.  Kecenderungan harga dollar yang mengalami kenaikan merupakan peluang yang cukup menjanjikan.

  • Properti

Investasi dalam bidang properti biasanya membutuhkan modal yang sangat besar, namun ternyata investasi jenis ini juga bisa disesuaikan dengan modal yang tersedia.  Pasalnya, saat ini sudah ada fasilitas kredit dengan angsuran yang bervariasi.

Dengan begitu, maka selama masa pelunasannya investor bisa memanfaatkan aset properti tersebut untuk menghasilkan keuntungan, seperti misalnya apartemen, tanah, rumah, dll. 

Baca Juga : 7 Tips Investasi Properti Terpercaya Bagi Pemula

  • Equity Crowdfunding

Bisnis investasi modal kecil selanjutnya yang menarik untuk dikembangkan adalah equity crowdfunding.  Jenis investasi ini dilakukan dengan cara menanamkan modal pada proyek ataupun bisnis lain.

Dana investasi akan diberikan setelah mengamati potensi proyek tersebut berjalan dengan lancar atau tidak. Selanjutnya setelah proyek tersebut selesai maka dana investasi akan dikembalikan beserta pembagian keuntungannya.

Baca Juga : Pengertian ROE, Manfaat, Rumus Perhitungan dan Strategi untuk Meningkatkannya

  • Peer to Peer Lending

Jenis investasi online ini bisa dilakukan dengan modal yang kecil namun potensi keuntungannya cukup menjanjikan.  Caranya adalah dengan bergabung melalui pihak ketiga yang berperan sebagai penghubung antara investor dengan pihak yang membutuhkan modal.

Setelah tenor pinjaman berakhir maka investor akan mendapatkan modalnya kembali beserta bunga pinjaman.  Untuk menjalankan investasi ini, maka calon investor harus jeli dalam memilih pihak ketiga agar tidak beresiko mengalami kerugian di kemudian hari.  

Untuk mengantisipasi resiko terjadinya kerugian, beberapa P2P Lending telah menyediakan fasilitas asuransi, sehingga jika ada peminjam yang gagal bayar maka dana modal yang dipinjamkan akan mendapatkan ganti sebagian dari pihak asuransi.

Baca Juga : Inilah 7 Jenis Investasi Jangka Panjang dengan Keuntungan Besar!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

 

Baca Juga  8 Cara Memilih Saham yang Baik, Tepat dan Menguntungkan Bagi Pemula!

Tips Memilih Jenis Investasi Modal Kecil agar Menguntungkan

Banyaknya instrumen investasi yang tersedia tentu akan memberikan keleluasaan bagi para investor untuk memilih jenis investasi yang diinginkan.  Namun begitu, banyaknya pilihan juga bisa membuat calon investor bingung dalam menentukan jenis investasi yang tepat.

Untuk mengantisipasi hal itu, berikut adalah beberapa tips memilih investasi modal kecil yang bisa dilakukan:

  • Modal yang Tersedia

Sebelum melakukan investasi maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan jumlah modal yang tersedia.  Dengan cara ini, maka investor bisa mulai melakukan formulasi untuk pembagian dan pembelian aset.

Baca Juga : 4 Tahapan Sukses Membangun Sistem Bisnis Autopilot 

  • Manfaatkan Modal Dingin

Sebelum berinvestasi, maka pastikan terlebih dahulu bahwa dana yang digunakan merupakan modal dingin yang memang berupa simpanan dan tidak digunakan untuk jangka waktu tertentu.  Daripada hanya disimpan saja, maka akan lebih menguntungkan jika dana diinvestasikan.

  • Pelajari dan Pahami Seluk Beluk Instrumen Investasi

Sebelum melakukan investasi maka pastikan untuk mempelajari dan memahami terlebih dahulu bagaimana seluk beluk instrumen investasi tersebut dan potensi keuntungannya.  Jangan sampai keputusan untuk berinvestasi justru merugikan.

  • Tujuan Investasi

Tujuan investasi juga menjadi pertimbangan penting sebelum melakukan investasi meskipun modalnya kecil.  Apakah investasi dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek atau jangka panjang.  Dengan hal ini, maka bisa memilih instrumen investasi yang tepat.

Baca Juga : 8 Poin Keuntungan Investasi Properti yang Wajib Anda Ketahui!

  • Kalkulasi Keuntungan dan Target Investasi

Penting juga bagi investor untuk melakukan analisis target investasi, sehingga bisa mengukur atau memprediksi modal yang dikeluarkan dan potensi keuntungan yang bisa didapatkan.

Investasi modal kecil memang sangat menguntungkan, selain modalnya cukup minim, resiko untuk mengalami kerugian juga cukup kecil.  Selain itu, perputaran modalnya pun lebih cepat dengan potensi keuntungan yang menjanjikan.  Untuk info seputar investasi silahkan ke www.pipohargiyanto.com.

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: