Jenis Jenis Properti yang Menguntungkan Untuk Investasi Jangka Panjang

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berinvestasi di bidang properti saat ini menjadi pilihan paling menarik, karena keuntungannya bisa melimpah. Banyak juga jenis properti yang bisa dijadikan investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang.

Properti tidak selalu berupa bangunan yang menjadi hunian atau tempat tinggal saja. Ada pulau properti yang berupa tanah kavling atau gudang. Sayangnya, masih banyak orang yang belum berani berinvestasi di bidang properti karena masalah modal. 

Jenis Properti yang Menguntungkan untuk Investasi Jangka Panjang

Bagi orang-orang yang tertarik untuk berinvestasi di bidang properti, sebaiknya ketahui dahulu jenis-jenis properti apa saja yang menguntungkan dan cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang. Berikut pembahasan lengkap mengenai macam-macam properti tersebut:

1. Rumah Tapak atau Landed House

Pilihan jenis properti yang pertama yang bisa dijadikan investasi jangka panjang dan menguntungkan adalah Rumah Tapak. Tinggal di sebuah apartemen saat ini telah menjadi tren atau gaya hidup tersendiri.

Namun jika dilihat dari segi desainnya, rumah tapak jauh lebih fleksibel untuk dijadikan investasi dibandingkan dengan apartemen. Desain pada rumah tapak biasanya sudah diatur sedemikian rupa oleh pengembang.

Biaya bulanan untuk perawatan dan sebagainya juga lebih murah rumah tapak dibanding apartemen. Namun memang untuk lokasi rumahnya biasanya tidak di tengah kota tetapi di pinggiran kota-kota besar.

Apabila menggunakan rumah tapak sebagai salah satu investasi, sebaiknya perhatikan juga bagaimana akes yang menuju ke tempat lokasi dan infrastruktur yang memadai. Namun jika jumlah budgetnya berlebih bisa juga memilih lokasi di tengah kota yang lebih mahal.

Baca Juga  Konsep Nilai Mata Uang dalam Dunia Investasi, Investor Harus Paham!

2. Apartemen

Properti berikutnya yang juga cocok dijadikan investasi adalah apartemen. Hunian vertikal yang lokasinya berada di kota-kota besar ini memang lebih diminati. Terutama oleh masyarakat kalangan menengah ke atas.

Apartemen sangat cocok menjadi investasi properti yang menguntungkan, karena lokasinya sangat strategis dan sering kali terletak di wilayah jalan-jalan protokol. Apartemen juga lebih dipilih oleh generasi masa kini, yang lebih memilih hidup serba praktis.

Hal itu disebabkan oleh sejumlah fasilitasnya yang lengkap di apartemen dan sudah lebih modern. Banyak juga konsep yang telah dikembangkan oleh para developer pada apartemen tersebut.

Dilihat dari segi desain baik interior maupun eksteriornya pun tentu lebih berestetika dan lebih berkualitas. Pilih apartemen yang lokasinya strategis dengan fasilitas lengkap, untuk dijadikan investasi.

Baca Juga : 4 Tips Jitu Bisnis Properti Kekinian Dan Menguntungkan Bagi Pemula

3. Ruko

Ingin memiliki usaha sekaligus tempat tinggal? Sebaiknya pilih ruko saja yang memuat keduanya. Namun ruko juga bisa menjadi salah satu investasi properti yang tepat dan sesuai. Harga ruko biasanya jauh lebih mahal dibanding rumah tapak biasa.

Hal itu disebabkan oleh pertimbangan izin pembangunan dan penggunaan ruko yang cukup rumit. Apabila berada di wilayah yang strategi dan ramai dilewati banyak orang, investasi berupa ruko juga akan sangat menguntungkan.

Biasanya ruko memang ditempatkan di wilayah-wilayah yang ramai misalnya yang dekat dengan mall, jalan raya yang sibuk, perumahan, dan sebagainya. 

Baca Juga : Tips Sewa Ruko yang Cocok Untuk Bisnis Anda (Supaya Untung!)

4. SOHO atau Small Office Home Office

Beberapa kota besar misalnya Jakarta, sudah tidak asing lagi dengan bangunan berupa SOHO atau Small Office Home Office. SOHO ini juga termasuk ke dalam kategori apartemen hybrid, yang juga merupakan jenis hunian dan ruang komersial.

Penggunaan SOHO di kota-kota besar tujuannya adalah untuk memudahkan para penghuninya untuk tinggal dan juga bekerja, di satu tempat/lokasi yang sama. SOHO ini biasanya berupa apartemen loft, yang memiliki plafon tinggi.

Baca Juga  Investasi Properti : Pengertian, Contoh dan Keuntungannya!

Sehingga cocok juga untuk dibuat mezzanine di dalam SOHO, yang bisa menjadi alternatif tempat istirahat yang menarik dan nyaman. Investasi SOHO juga menjadi jenis investasi yang layak dipertimbangkan.

Baca Juga : 6 Cara Investasi Properti Yang Menguntungkan

5. Tanah Kavling

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa properti yang dijadikan untuk investasi tidak hanya berupa bangunan tempat tinggal saja. Namun bisa juga berupa tanah kavling dengan prospek kenaikan harganya yang sifatnya ideal.

Secara umum tanah kavling ini memiliki kenaikan harga sekitar 20% – 25% setiap tahunnya. Selain itu tanah kavling juga tidak membutuhkan biaya perawatan sehingga risiko kehilangannya lebih kecil dibanding bangunan berupa hunian.

6. Gudang

Jenis properti berikutnya yang bisa menjadi pertimbangan untuk investasi jangka panjang adalah gudang. Ada beberapa keunggulan dari investasi gudang ini, misalnya dari segi harga yang juga terus mengalami kenaikan sesuai dengan harga tanah setiap tahunnya.

Selain itu, gudang juga bisa menjadi tempat usaha baik untuk disewakan pada orang lain atau digunakan oleh sendiri. Dalam menyewakan gudang ini akan menambah pemasukan secara rutin, yang juga menguntungkan.

Baca Juga : Mengenal Jenis Investasi Modal Kecil Dan Potensi Keuntungannya, Cocok Bagi Pemula!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

 

Tips Mengelola Properti untuk Dijadikan Investasi

Setelah menentukan properti apa yang akan dijadikan investasi maka lakukan beberapa hal, untuk mengoptimalkan keuntungan dari investasi tersebut. Ikuti tips berikut ini, dalam mengelola investasi dengan tepat dan menguntungkan:

1. Pastikan Lokasinya Berada di Tempat yang Strategis

Penting sekali memperhatikan lokasi properti yang akan dijadikan investasi. Lokasi tersebut nantinya akan menjadi penentu seberapa banyak calon pembeli/penyewa yang tertarik dengan bangunan tersebut.

Apalagi jika properti yang dimiliki berada di area potensial seperti misalnya dekat dengan perkantoran. Maka para karyawan di sana bisa menjadi target penyewa properti itu sendiri. 

Baca Juga  10 Buku Investasi Properti Terbaik yang Wajib Pebisnis Baca!

2. Ketahui Jumlah Pajak yang Harus Dibayar

Pada saat memutuskan untuk berinvestasi, ketahui juga berapa jumlah pajak yang harus dibayar. Jumlah pajak yang dibayar ini, nantinya akan menentukan harga jual properti tersebut. 

Jangan sampai harga jual yang ditentukannya lebih kecil dari pajak sehingga tidak bisa menutupi pembayaran pajaknya. Apabila jumlah pajaknya tinggi juga tidak masalah, jika lokasi properti berada di tempat yang strategis.

Baca Juga : 7 Tips Investasi Properti Terpercaya Bagi Pemula

3. Dekat dengan Area/Kawasan Pendidikan

Apabila target penyewa dari properti yang dimiliki saat ini adalah keluarga dengan anak-anak, maka pastikan lokasinya strategis karena dengan wilayah pendidikan. Area pendidikan tersebut bisa apa saja misalnya sekolah atau universitas.

Rasanya akan sangat disayangkan jika properti di lokasi yang bagus tetapi fasilitas pendidikannya sedikit, atau bahkan kurang memadai.

4. Rencana Pengembangan di Masa Depan

Cari tahu juga apakah lokasi di mana properti berada saat ini akan mengalami pengembangan di masa mendatang. Misalnya akan ada pembangunan sekolah, mall, perkantoran, atau taman bermain.

5. Mengetahui Berapa Rata-Rata Biaya Sewanya

Ketahui juga berapa kira-kira biaya sewa di sekitar lingkungan tersebut. Supaya harga yang ditetapkan tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Apabila terlalu mahal mungkin jumlah penyewa juga akan berkurang.

6. Lingkungannya Aman dari Kriminalitas

Perhatikan juga keamanan di lokasi properti tersebut berada, jangan memilih tempat yang rawan kriminalitas. Hal itu akan sangat berpengaruh pada jumlah penyewa nantinya. 

Semakin kecil tingkat kriminalitas di suatu daerah maka akan semakin banyak orang yang menyewa tempat di sana.

Dalam memilih jenis properti yang menguntungkan untuk keperluan investasi jangka panjang, harus dilakukan dengan cermat. Supaya hasilnya pun optimal dan sesuai dengan yang diharapkan 

Jika ingin belajar investasi lebih mendalam demi keuntungan yang lebih, cobalah untuk berkunjung ke situs pipohargiyanto.com.

Share artikel ini apabila bermanfaat
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Bisnis Waralaba Indomaret!

Anda bisa dapatkan di: