Tips Sewa Ruko yang Cocok Untuk Bisnis Anda (Supaya Untung!)

Salah satu contoh usaha investasi yang cukup menarik dilirik adalah sewa ruko. Sewa ruko adalah ruang usaha pasif yang bisa terus mendatangkan untung. Apalagi jika ruko tersebut berdiri di atas lahan strategis. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan apa saja tips sewa ruko.

Sebab, usaha sewa ruko tidak selalu mudah dilakukan. Butuh ketelitian dan kecermatan dalam menjalankan usaha tersebut. Terutama dalam hal melihat seperti apa potensi pasar saat ini untuk usaha sewa ruko.

Tips Menyewakan Ruko sebagai Ruang Usaha Menjanjikan 

Bisnis investasi properti kini benar-benar begitu banyak digandrungi. Salah satunya adalah bisnis sewa ruko. Tanpa perlu bekerja keras di luar sana, pemilik usaha justru bisa mendapatkan pasif income lewat ruko tersebut. Untuk lancar usaha sewa ruko maka bisa cek tipsnya berikut :

1. Tentukan Terlebih Dahulu Jenis Usaha 

Tentukan terlebih dahulu mode bisnis apa yang hendak digeluti. Hal ini mengingat bahwa biasanya sebuah ruko akan dibangun sesuai dengan usaha yang akan dijalankan. Misalnya, ruko khusus untuk berjualan makanan dan minuman, kafe, fashion dan sebagainya. 

2. Sewakan Menggunakan Sistem Bayar Berjangka 

Selanjutnya, cobalah untuk menyewakan ruko dengan cara bayar berjangka. Jika ingin ruko tersebut terus disewa orang-orang, maka berikan kemudahan pada tata cara pembayarannya. Misalnya, pembayaran ruko dapat diangsur setiap tiga bulan sekali dengan catatan minimal pembayaran 2 tahun dan lainnya.

Baca Juga  Penilaian Properti: Pengertian, Prinsip, Konsep, dan Contohnya

3. Lakukan Kerjasama dengan Bisnis Orang Lain 

Agar cepat laku tentu saja tidak ada salahnya untuk menyewakan ruko dengan cara kerjasama bisnis. Pemilik ruko bisa menjalin kerjasama dengan bisnis orang lain agar ruko tersebut bisa cepat laku. Jangan lupa berikan keringan DP untuk menarik minat penyewa nantinya.

4. Sediakan Layanan Co Working 

Jika ingin disewa sebagai tempat usaha, maka sebaiknya siapkan ruko dengan fasilitas yang lengkap. Salah satunya dengan menyediakan layanan co working. Ini adalah jenis kantor bersama yang ada di suatu tempat tertentu. Dengan demikian, maka akan banyak orang yang tertarik menyewanya.

5. Lakukan Renovasi Bertahap

Untuk memaksimalkan ruko, maka tidak ada salahnya untuk melakukan renovasi bertahap. Ini termasuk salah satu tips sewa ruko paling bagus karena mampu menarik minat penyewa dengan sangat baik. Siapa yang tidak suka jika ruko terus dilakukan pembaharuan?

Cara untuk Memulai Usaha Sewa Ruko untuk Pemula

Usaha sewa ruko memang sangat menarik untuk dijalankan. Ketika seseorang memutuskan untuk menyewakan ruko, maka selain melihat tips menyewakan ruko juga penting mengetahui bagaimana cara memulainya.

1. Tentukan Lokasi Terlebih Dahulu 

Dalam rangka memulai usaha sewa ruko, maka sebaiknya cobalah menentukan lokasi terlebih dahulu. Pilihlah lokasi yang strategis dan pahami pula bagaimana kenaikan harga di lokasi tersebut. Biasanya ruko yang berdiri di atas lokasi ramai maka lebih banyak dipilih sebagai tempat usaha maupun perkantoran.

Pastikan juga bahwa ruko tersebut mudah diakses atau dijangkau oleh masyarakat luas. Misalnya, di sekitaran perumahan, pinggiran jalan raya perkotaan dan sebagainya. Lihat juga apakah ruko tersebut dekat dengan fasilitas publik lainnya atau tidak. Seperti masjid, mall, rumah sakit, halte bus dan lainnya. 

2. Siapkan Modal Ruko Terbaik 

Hal penting lainnya yang perlu disiapkan sebelum membuka usaha sewa ruko adalah dengan menyiapkan modal. Siapkan modal untuk membuat ruko terbaik dengan fasilitas yang mumpuni. Tidak ada hitungan pasti tentang berapa nominal biaya modal untuk membuat ruko.

Baca Juga  Investasi Franchise Indomaret Biasa Atau Indomaret Point, Mana Lebih Untung?

Semuanya tergantung dengan besarnya ruko dan fasilitas apa saja yang diberikan. Jangan lupa pastikan ruko dipenuhi dengan berbagai hal penting seperti saluran air, saluran listrik, tempat pembuangan sampah dan sebagainya. Buatlah penyewa nyaman tinggal dan bekerja di ruko tersebut. 

3. Tentukan Jangka Waktu Penyewaan Ruko 

Penting sekali untuk menentukan kapan jangka waktu penyewaan ruko berakhir. Hal ini agar mempermudah penyesuaian harga sewaktu-waktu. Apalagi jika lokasi ruko berada di daerah yang strategis. Tentu ini akan mudah berubah harganya.

Tips menyewakan ruko khususnya dalam kasus jangka waktu sewa, sebaiknya bisa menggunakan patokan tahunan. Penyewa bisa menyewakan ruko tersebut dalam kurun waktu setiap tahun maupun dua tahun sekali. Bila perlu, penyewa ruko juga bisa memberikan keringan DP di awal sewa. 

4. Tentukan Tarif Sewa Ruko Terbaik 

Agar sukses menyewakan ruko, maka sebaiknya tentukan tarif sewa ruko terbaik. Berikan tarif yang wajar sesuai dengan lokasi dan fasilitas yang diberikan. Hindari memasang tarfi terlalu tinggi. Sebab, bukannya akan mendatangkan banyak penyewa, namun justru tidak akan dilirik oleh siapapun.

Bila perlu iklankan ruko tersebut menggunakan mode pemasaran konvensional maupun modern yaitu memanfaatkan metode digital seperti sosial media. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitetr, OLX dan lainnya. Pasarkan dengan baik dan dapatkan keuntungan besar. 

5. Optimalkan Promosi 

Mungkin sekarang sudah tahu bagaimana metode terbaik untuk memasarkan ruko tersebut. Hanya saja apapun metode pemasaran yang dipilih, sebaiknya lakukan secara optimal. Jangan membuang waktu sia-sia dengan metode yang dipilih.

Misalnya, ketika menggunakan Instagram, maka promosi bisa memanfaatkan jasa influencer. Rajin-rajinlah dalam mengunggah foto tentang promosi ruko tersebut. Bila ada pertanyaan seputar harga ruko, maka usahakan harus segera membalasnya dengan baik.

Baca Juga  Franchise Alfamart : Syarat, Modal dan Cara Membuka Gerainya!

 

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

 

Tips Membangun Ruko Agar Menarik Minat Banyak Konsumen 

Tidak boleh sembarangan dalam membangun ruko. Apalagi yang memang ditujukan untuk keperluan usaha sewa ruko. Salah satu tips menyewakan ruko yang baik tentunya adalah dengan membangunnya jauh lebih baik. Lantas, bagaimana cara membangun ruko agar menarik minat banyak konsumen?

1. Ukuran Ideal Ruko 

Perhatikan ukuran ruko yang ingin dibangun. Ruko yang terlalu sempit tentunya juga akan mengurangi minat pembeli maupun penyewa ruko. Kemudian, ruko yang terlalu besar juga akan membengkak dari segi biaya sewa. Maka dari itu, buatlah ukuran ideal saja ketika ingin membangun ruko.

2. Buat Lebih dari Satu Unit Ruko 

Untuk memulai usaha sewa ruko, maka usahakan untuk membuat lebih dari satu unit ruko. Biasanya ruko akan dibuat menjadi satu dengan kompleks ruko yang berdiri di atas lahan tertentu. Dengan demikian, maka siapapun yang menyewa ruko tersebut tidak akan merasa sendiri. 

3. Pilih Lokasi Strategis 

Saat hendak membangun ruko, maka sebaiknya pilihlah lokasi yang strategis. Untuk mendapatkan lokasi tersebut, maka sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu. Bahkan cek semua fasilitas umum lingkungan yang tersedia. 

4. Bentuk Ruko 

Terakhir, tentukan bentuk ruko. Bentuk ruko bisa terdiri dari dua maupun tiga lantai menggunakan desai sesuai kebutuhan. Jangan lupa berikan tanda maupun penomoran yang berbeda antara unit satu dengan unit lainnya. Ini penting untuk menjadi pembeda.

Tips menyewakan ruko memang penting dicermati sebelum memulai usaha tersebut. Usaha seperti ini pun sangat bagus dilakukan karena bisa menjadi bentuk investasi menguntungkan. Jika ingin belajar seputar bisnis investasi lainnya, maka bisa mengunjungi pipohargiyanto.com sekarang juga.

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: