10 Investasi Menjanjikan Bagi Pemula Minim Resiko

Siapa pun yang mencari peluang investasi kemungkinan ingin sekali bisa menemukan yang terbaik tanpa  melibatkan risiko atau setidaknya minim resiko. Pada dasarnya ada banyak sekali investasi menjanjikan namun sebagai pemula, tetap saja harus pandai dalam memiliki mana yang sekiranya tepat.

Setiap investasi mencakup beberapa tingkat risiko bahwa investor mungkin kehilangan uang. Investasi saham misalnya, mungkin bisa jatuh di bawah apa yang pernah dibayar atau usaha properti mungkin gagal menghasilkan laba. Semua tergantung pada peluang dan bagaimana investor memanfaatkannya.

Jenis Investasi Menjanjikan Bagi Pemula

1. Emas

Emas adalah jenis investasi yang sebenarnya kuno, namun memiliki risiko minim. Salah satu alasan emas tetap menjadi investasi populer di zaman modern adalah stabilitas dan konsistensi jangka panjangnya. 

Bahkan jika pasar saham ambruk, atau cryptocurrency menurun, emas diperkirakan akan tetap menjadi komoditas berharga di banyak pasar. Berkat stabilitas ini, investor sering menggunakan emas untuk mengamankan kekayaan yang ada, daripada menghasilkan uang. 

Pemula dapat membeli emas batangan atau koin dengan harga yang bergantung pada beratnya (mulai dari satu gram hingga satu kilogram atau lebih) dan harga emas saat ini. 

2. Reksadana

Reksadana adalah investasi yang sangat disarankan oleh pemula dengan risiko minim. Reksa dana memungkinkan pemula untuk berinvestasi di berbagai saham, obligasi, dan sekuritas lainnya. 

Reksa dana adalan investasi yang dikelola secara aktif oleh seorang profesional berbayar. Mereka akan memilih kepemilikan saham untuk mengelola dana tersebut.  Reksa dana dapat menjadi investasi dengan hasil tinggi jika pemula dapat mengidentifikasi manajer dana yang tepat.

Jika bisa menemukan reksa dana yang tepat, maka pemula bisa meraih  keuntungannya yang sangat besar. Jadi pastikan teliti dengan baik jenis reksa dana yang tepat sebelum memastikan untuk berinvestasi.

Baca Juga  Seminar Bisnis Online Properti Terbaik di Indonesia

3. Saham

Berinvestasi di pasar saham umumnya berisiko, namun lebih aman dibandingkan jenis investasi lainnya. Saham lebih mirip dengan obligasi, yang mana pemula harus berinvestasi selama periode waktu tertentu. 

Saham menawarkan beberapa potensi pertumbuhan. Pemula bisa membelinya secara langsung atau berinvestasi dalam dana indeks saham preferen dan ETF.

Pilihlah opsi saham terbaik sebagai pertimbangan untuk memulai investasi. Pemula bisa dapatkan keuntungan dari saham dengan dua cara seperti :

  • Capital gain
  • Dividen 

4. Obligasi

Obligasi adalah sekuritas yang mewakili pinjaman dari investor kepada perusahaan atau lembaga pemerintah. Obligasi biasanya merespons secara berbeda terhadap kondisi ekonomi dan pasar daripada saham dan investasi lainnya

Saat investor pemula membeli obligasi, maka ia meminjamkan uang kepada penerbit obligasi, yang biasanya adalah perusahaan atau lembaga pemerintah. 

Berbeda dengan saham, pemula tidak mendapatkan kepemilikan saham di perusahaan saat berinvestasi dalam obligasi. Obligasi memiliki tanggal jatuh tempo ketika pinjaman harus dibayar penuh, namun biasanya menawarkan pembayaran bunga tetap atau variabel.

5. Deposito

Deposito adalah jenis rekening tabungan yang menghasilkan bunga untuk jangka waktu tertentu, biasanya pada tingkat yang lebih tinggi daripada rekening tabungan standar. 

Deposito dihitung berdasarkan jangka waktu, atau berapa lama uang harus tetap berada di rekening sebelum pemula dapat menariknya tanpa penalti. Jangka waktu dapat berkisar dari beberapa bulan hingga lima atau 10 tahun.

Deposito adalah investasi menjanjikan bagi pemula dengan risiko yang lebih aman, sebab simpanan diasuransikan oleh lembaga keuangan, dalam hal ini bank. 

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

6. Properti

Investasi properti datang dalam dua bentuk, baik langsung (yaitu membeli rumah atau apartemen), atau tidak langsung (yaitu membeli dana indeks yang berfokus pada properti atau ETF, atau saham di perusahaan properti).

Baca Juga  5 Investasi Masa Depan yang Menguntungkan (Lengkap!)

Membeli properti sewaan adalah langkah besar untuk memulai sebelum membeli rumah pertama yang ditempati. Jika pemula serius ingin berinvestasi pada properti sewaan, maka harus ada modal yang besar karena properti sama sekali bukan investasi yang sangat mudah. 

Bagi pemula yang lebih suka memanfaatkan potensi kenaikan nilai properti, ada banyak saham, ETF, dan dana indeks yang berinvestasi di perusahaan properti. Perusahaan yang mendasari investasi biasanya tidak memiliki properti residensial sehingga capital gain bisa lebih rendah. 

Pelajari tentang pro dan kontra properti investasi sebelum terjun ke dalamnya. Ada banyak kesalahan yang dilakukan investor pemula yang dapat dihindari dengan mudah. Properti sewaan biasanya merugi bagi investor ketika modal naik dan properti itu kosong untuk waktu yang lama.

 Beberapa saran jika ingin investasi di bidang properti adalah :

  • Punya bangunan yang kokoh
  • Desainnya menarik
  • Lokasi strategis dan terjangkau
  • Memiliki permintaan pasar yang tinggi
  • Ada pertumbuhan penduduk di sekitar

7. Pertanian

Tidak ada yang menyangka bahwa pertanian ternyata bisa menjadi bentuk investasi yang menjanjikan di masa depan. Padahal, pertanian adalah sektor yang sangat dibutuhkan bagi semua orang, terutama di bidang pangan, mulai dari pasar sampai dengan restoran.

Akan selalu ada banyak permintaan akan sayur, buah-buahan sampai dengan bumbu rempah yang tidak akan pernah berhenti menarik minat masyarakat.

Seorang pemula yang tertarik dengan pertanian bisa mendapatkan hasil investasi yang menarik dari bidang ini jika mau menekuninya.

8. Peternakan

Sama halnya dengan pertanian, maka peternakan juga bisa menjadi bentuk investasi yang menguntungkan. Hewan ternak adalah  sumber utama yang sering dibutuhkan dalam bisnis kuliner apapun.

Mulai dari ayam, sapi, kambing sampai dengan bebek adalah contoh hewan ternak dengan investasi menjanjikan.

Hanya saja untuk mau menekuninya, seseorang harus pandai dalam berinvestasi pada bisnis ternak yang tepat. Bisnis ini akan selalu dibutuhkan sebagai bahan produksi dan jika pemula pandai dalam berinvestasi, pasti akan menghasilkan keuntungan tinggi dengan risiko minim.

Baca Juga  Inilah Kumpulan Istilah Properti yang Wajib Diketahui & Dipahami!

9. Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah istilah  umum untuk mata uang virtual apa pun yang menggunakan teknologi blockchain. Cryptocurrency menjadi investasi yang semakin dicari dalam beberapa tahun terakhir, dengan Bitcoin menjadi bentuk kripto yang paling populer.

Bitcoin telah mengalami perubahan harga yang besar selama bertahun-tahun. Pada Oktober 2021, kapitalisasi pasarnya berada di angka $443 miliar.

Banyak yang mengatakan bahwa cryptocurrency memiliki risiko tinggi namun, investasi menjanjikan satu ini punya potensi pengembalian yang tinggi. 

Pemula dapat menahan volatilitas pasar yang sedang berkembang sebagai investasi menguntungkan jika seorang pemula tahu apa yang harus dicari.

10. P2P Lending

Pinjaman peer-to-peer (P2P) juga dikenal sebagai crowd-lending. Situs web P2P adalah platform keuangan yang mencocokkan uang investor dengan pinjaman pribadi dan peminjam hipotek.

 Dengan rekor suku bunga rendah yang ditawarkan oleh bank, peer to peer lending menawarkan 5% hingga 8%+ p.a. yaitu lima kali lipat dari pembayaran deposito berjangka.

P2P Lending adalah jenis investasi menjanjikan bagi pemula yang sederhana karena hanya perlu mengajukan pinjaman melalui situs web platform peer-to-peer, dan jika disetujui, investor mendanai pinjaman dengan membebankan suku bunga yang disepakati. 

Setiap investasi berisiko tidak berhasil. Bagaimanapun, ada berbagai tingkat risiko yang akan menyertai dan beberapa investasi sering dianggap lebih aman daripada yang lain. Jenis investasi yang biasanya membawa risiko paling kecil memberikan lebih banyak keamanan bagi investor pemula.

Akan tetapi rasa aman ini sering kali mengorbankan keuntungan.  Jika ingin belajar investasi menjanjikan lebih detail dan menguntungkan kedepannya, maka bisa belajar langsung ke pipohargiyanto.com. Di sini, pemula bisa mendapatkan banyak insight baru yang menjanjikan tentang investasi.

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: