7 Cara Mengumpulkan Modal Investasi Termudah Bagi Pemula

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Semakin beranjak usia dewasa, tampaknya memikirkan cara mengumpulkan modal investasi yang dijamin mudah jadi semakin penting dipertimbangkan, ya. Bagaimana tidak? Memiliki investasi jangka panjang di masa depan merupakan hal yang penting dilakukan, demi tercapainya level kebebasan finansial paripurna.

Investasi yang dikelola secara tepat bisa menjadi penolong yang luar biasa untuk masa mendatang. Investasi tentu erat pula kaitannya dengan passive income yang amat menguntungkan. Jika Anda kini tengah memikirkan perihal memulai perjalanan investasi, bisa mulai dengan mengumpulkan modal.

Cara Mengumpulkan Modal Investasi Termudah

1. Sisihkan Pendapatan Utama

Cara mengumpulkan modal untuk investasi pertama yang harus mulai dibiasakan yakni dengan sedikit demi sedikit mengumpulkan uang dari sisa pendapatan utama Anda. Tentu saja gaji atau pendapatan tersebut sangat dibutuhkan, utamanya untuk memenuhi kebutuhan bulanan atau kebutuhan pokok yang lainnya pula.

Namun, jangan sampai lupa untuk menyisihkan sebagian atau minimalnya 10 %, bisa juga lebih dari total pendapatan untuk menyiapkan investasi. Investasi yang dipikirkan sedari dini bisa bermanfaat sebagai sandaran kelak di kemudian hari, yang bisa mewujudkan pemasukan pasif di mana amat membantu di hari tua.

Sebagai manusia yang memiliki keterbatasan waktu maupun juga tenaga, tentu kita tak akan bisa terus bekerja hingga usia senja. Nah, investasi dalam bentuk pemasukan pasif bisa menjadi dana talangan terbaik kelak memasuki usia pensiun utamanya. Jadi, jangan pernah menganggap remeh investasi, ya.

Baca Juga : Mengenal Jenis Investasi Modal Kecil dan Potensi Keuntungannya, Cocok bagi Pemula! 

2. Bekerja Paruh Waktu

Dengan usia yang terbilang masih muda, Anda tentu bisa memanfaatkannya secara lebih optimal untuk mengumpulkan pundi uang. Tak percaya? Apalagi sekarang sudah masyhur sekali memasuki era serba digital. 

Baca Juga  Apa Itu Risiko Investasi : Jenis dan Risiko yang Harus Diketahui Investor

Cukup berbekal sambungan internet serta gawai dari rumah Anda bisa dapatkan pekerjaan tambahan dengan upah yang lumayan tinggi.

Jadi, pekerjaan zaman sekarang tak melulu dikonotasikan dengan pergi ke kantor setiap hari saja. Dari rumah dengan keahlian khusus yang bisa ditawarkan, bisa dijadikan sebagai modal utama untuk mendapatkan pekerjaan tambahan atau freelance. 

Nah, hasil dari pekerjaan atau proyek tersebut jangan dihamburkan begitu saja, ya. Alangkah baiknya jika sedikit demi sedikit disisihkan, sehingga bisa dijadikan modal untuk berinvestasi suatu saat nanti jika telah terkumpul. 

Ada banyak sekali peluang pekerjaan tersebar di internet, tinggal tajamkan kejelian saja. Pilih yang paling sesuai dengan keahlian Anda sehingga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, tanpa membuat Anda menjadi tertekan atau keberatan.

3. Memulai Usaha Sampingan

Cara mengumpulkan modal usaha dalam ranah investasi tentunya bisa juga ditempuh dengan menjalankan bisnis sampingan terlebih dahulu. Bisnis yang dijalankan tersebut tentu akan mengeluarkan modal pula. Namun, pertama kali Anda harus memikirkan strategi perjalanan bisnis secara lebih mendalam.

Jangan hanya asal menjalankan bisnis tanpa perhitungan matang, ya. Jika suatu bisnis telah dipikirkan secara matang serta dijalankan dengan sungguh-sungguh, niscaya akan ada saja kok hasilnya di kemudian hari. Hasil keuntungan dari bisnis yang dijalankan tersebut bisa dipergunakan untuk menabung investasi.

Jika sudah memang diniatkan benar untuk investasi, pasti suatu saat bisa diraih juga kok impian tersebut. Jangan mudah berputus asa. Dengan memiliki tujuan jangka panjang berinvestasi, Anda akan mulai menyadari apa prioritas yang memang penting, sehingga keperluan yang tak pokok bisa diminimalisir.

Baca Juga : Tips Sukses Bisnis Waralaba Modal Kecil dan Menguntungkan

4. Menjual Beberapa Barang

Menjual barang-barang yang kurang terpakai untuk modal investasi apakah sebuah pilihan yang tepat? Kenapa tidak? Berbeda dengan sebuah barang yang biasanya memiliki nilai semakin merosot, sebuah usaha investasi memiliki peluang untuk semakin bertambah nilainya jika memang dijalankan secara tepat.

Baca Juga  Mengenal Surat Perjanjian Investasi : Pengertian dan Contohnya

Lagi pula secara pasif investasi bisa mendatangkan penghasilan, sedangkan barang-barang tentu saja nyaris tak memiliki nilai penghasilan sama sekali. Mungkin jika Anda mau mendapatkan uang dari barang kurang terpakai tersebut bisa saja menyewakannya jika masih sayang untuk langsung menjualnya.

Zaman sekarang ada banyak sekali situs online untuk menyewakan beragam item yang diperlukan orang lain. Pemiliknya bisa meraup uang dengan menyewakan barang bagi yang tengah membutuhkannya. Menjadi ide bagus jika Anda memiliki banyak koleksi item tertentu, karena bisa sangat laku. Jangan dilewatkan begitu saja, ya.

 

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

 

5. Manfaatkan Sosial Media

Berbekal ponsel, sambungan internet, serta sedikit kreativitas maupun ketekunan bisa menjadi lahan menuju kesuksesan, lho. Tak percaya? Bisa coba mulai dari sosial media milik Anda saja. Jangan hanya menggunakannya untuk kegiatan kurang berguna, misalnya saja stalking sesuatu yang kurang meningkatkan produktivitas.

Memang sih tak jarang orang menggunakan sosial media sebagai tempat mencari hiburan. Namun, tak jarang pula orang yang berhasil mengumpulkan pundi rupiah berbekal dari akun media sosial. Entah itu dari akun Youtube, Instagram, Facebook, Tiktok atau yang lainnya, yang jelas bisa menghasilkan uang.

Uang yang didapat tersebut juga bisa berasal dari beragam cara. Jika Anda memiliki banyak pengikut misalnya dengan menjadi influencer tak menutup kemungkinan bisa meraup banyak uang dari sana. Akan ada pihak sponsor maupun brand yang tertarik untuk menggunakan jasa promosi Anda tersebut tentunya.

Nah, uang yang terkumpul daripada tidak jelas digunakan untuk hal kurang bermanfaat, kumpulkan sebagian demi kebutuhan investasi jangka mendatang. Dengan begitu, Anda memiliki tabungan pemasukan pasif yang lebih aman, sekalipun misal Anda sudah tak bekerja lagi.

Baca Juga  Tips Menghindari Penipuan Investasi 

Baca Juga : Inilah 7 Jenis Investasi Jangka Panjang dengan Keuntungan Besar!

6. Mencari Rekan Investasi

Misalnya Anda merasa telah melakukan beberapa tips untuk menyisihkan dana demi berinvestasi, namun belum memenuhi target juga, jangan khawatir. Anda bisa mulai untuk sharing dengan kerabat terdekat Anda, lho. Lagi pula banyak kok jenis usaha investasi yang bisa dilakukan secara bersama-sama pastinya.

Dengan begitu, maka secara otomatis modal yang terkumpul juga akan semakin banyak. Lantaran dari tiap anggota investasi harus menyerahkan sejumlah modal yang sepadan. Berinvestasi secara bersama kerabat seperti ini juga tampaknya lebih minim risiko. Semua yang terjadi bisa ditanggung bersamaan, ya.

Baca Juga : Cara Mudah Investasi Properti yang Menguntungkan

7. Mencoba Kredit Bank

Sebenarnya meminjam dana ke kerabat atau memulai program kredit ke suatu bank memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. 

Cara satu ini layak dipertimbangkan sebagai modal berinvestasi, dengan catatan Anda sudah mempertimbangkannya secara matang. Pahami juga konsekuensi bulanan, ya.

Saat meminjam dana maupun mengambil kredit tentu tiap bulannya ada kewajiban pembayaran yang harus Anda sisihkan. Pertimbangkan apakah langkah mengambil kredit tersebut sudah tepat? Jika Anda merasa langkah tersebut bisa membantu investasi lebih optimal, maka tak ada salahnya dicoba secara bijaksana.

Pastikan Anda memperhitungkan pemasukan bulanan memang sanggup untuk menutupi cicilan kredit bank tersebut, tanpa mengganggu kebutuhan pokok lainnya. Amat bersyukur jika kelak keuntungan dari usaha investasi milik Anda justru bisa digunakan untuk menutup kredit secara penuh dengan mudah.

Tentunya, selain harus mempelajari beragam cara mengumpulkan modal investasi seperti ulasan di atas, memilih jenis investasi terbaik juga amat penting fungsinya. Jika ingin mendapat pengarahan investasi terbaik serta terefektif, tempat paling tepat hanya di Pipohargiyanto.com pastinya.

Share artikel ini apabila bermanfaat
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Bisnis Waralaba Indomaret!

Anda bisa dapatkan di: