5 Investasi Masa Depan yang Menguntungkan (Lengkap!)

Memulai investasi dari masa kini penting dilakukan agar bisa menikmati hasilnya di masa depan. Investasi masa depan diperlukan untuk menjaga kekayaan dan stabilitas harta. Perencanaan konsep investasi dan eksekusi investasi yang baik perlu dipersiapkan dengan matang.

Ada banyak investasi yang populer dan menguntungkan di Indonesia diantaranya deposito, emas, properti, saham, reksa dana dan peer to peer lending. Investasi jangka panjang maupun jangka pendek diperlukan agar seseorang bisa menjaga stabilitas harta yang dimilikinya.

Pengertian dan Manfaat Investasi

Investasi merupakan suatu kegiatan penanaman modal yang bertujuan mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Dengan kata lain, investasi adalah kegiatan penanaman modal di masa ini untuk kemudian memetik hasil berupa keuntungan di masa depan.

Ada 6 manfaat dari investasi di antaranya:

1. Menambah dan Meningkatkan Aset

Investasi akan menambah aset pribadi yang bisa digunakan di masa depan seperti investasi rumah, tanah, maupun emas. Keuntungan pemilihan investasi akan mendapatkan keuntungan di masa depan ketika harga jual barang yang diinvestasikan lebih mahal dibanding harga beli.

2. Tabungan Jangka Panjang

Investasi sebagai tabungan jangka panjang bisa digunakan sebagai dana pensiun atau dana darurat yang tidak dapat diprediksi.

Memetik keuntungan di masa depan dengan harga yang jauh lebih tinggi dibanding harga saat ini, seorang investor perlu memilih produk investasi jangka panjang yang menguntungkan dan memiliki nilai tetap.

Perlu pertimbangan resiko untuk memutuskan produk investasi untuk masa depan apa yang akan dipilih dan digunakan agar dalam jangka waktu panjang produk investasi tersebut dapat digunakan dan menguntungkan.

Baca Juga  Konsep Nilai Mata Uang dalam Dunia Investasi, Investor Harus Paham!

3. Meminimalisir Inflasi

Inflasi menjadi momok perekonomian bagi suatu negara. Kenaikan harga barang dan jasa yang tidak dapat diprediksi dari tahun ke tahun dapat menjadi ancaman bagi perekonomian seseorang bila pendapatan orang tersebut tidak juga mengalami peningkatan.

Adanya produk investasi dapat meminimalisir kejadian investasi yang menjadi ancaman. Kenaikan barang dan jasa juga memberi pengaruh terhadap produk investasi dalam bentuk barang. Produk investasi akan meminimalisir inflasi agar tidak mengancam perekonomian.

4. Mempercepat Kebebasan Finansial

Ada istilah investasi adalah uang bekerja untuk menghasilkan uang kembali. Banyaknya investasi yang tepat dan menguntungkan akan mempercepat kebebasan finansial seseorang. Jumlah investasi yang dimiliki saat ini akan dipanen hasilnya di masa depan.

Bila produk investasi berupa saham perusahaan, seorang investor perlu jeli melihat profil dan historis perusahaan.

5. Gaya Hidup Lebih Hemat

Ada pepatah yang mengatakan berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian. Pepatah itu ada benarnya karena untuk bisa memulai investasi saat ini seorang investor perlu mempertimbangkan berapa modal investasi yang dibutuhkan dan akan dikeluarkan.

Pos untuk investasi mungkin menjadi salah satu pos yang penting dan mendesak untuk segera dilakukan yang dapat memperkecil pengeluaran sehingga gaya hidup menjadi lebih hemat.

6. Berani Mengambil Resiko

Seorang investor harus berani mengambil resiko dan memiliki perhitungan yang cermat mengenai perkiraan berapa keuntungan dari investasi yang didapatkan di masa depan. Investasi masa depan jangka panjang akan menguntungkan dengan kecermatan dan kejelian.

Intuisi bisnis diperlukan untuk meminimalisir situasi terburuk. Pengalaman di dunia bisnis diperlukan agar mengetahui mana bisnis yang menguntungkan dalam jangka panjang mana yang tidak menguntungkan untuk jangka panjang.

 

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

 

Baca Juga  Crowd Funding, Alternatif Mendapatkan Pembiayaan

5 Jenis Investasi Masa Depan yang Menguntungkan

Pertimbangan memilih produk investasi yang tepat perlu diperhatikan. Berikut 5 investasi masa depan yang menjanjikan dan menguntungkan:

1. Investasi Bisnis Properti

Penduduk Indonesia yang semakin bertambah menyebabkan bisnis investasi properti semakin menggeliat dan menarik untuk dijalankan. Harga tanah dan bangunan yang naik dari tahun ke tahun membuat bisnis investasi jangka panjang ini diminati banyak orang.

Tidak semua bisnis properti membutuhkan modal, namun ada juga bisnis properti yang bisa dilakukan tanpa modal. Contohnya adalah broker atau makelar atau perantara properti.

Semua orang bisa menjadi makelar atau perantara properti tanpa perlu memiliki properti terlebih dahulu dan tanpa mengeluarkan modal. Bisnis yang menggiurkan ini membutuhkan 2 keahlian, yaitu jaringan dan komunikasi.

Seorang perantara harus memiliki jaringan yang luas sebagai klien yang akan menjualkan barang propertinya maupun klien yang akan membeli barang propertinya. Selain itu, teknik komunikasi yang bagus juga diperlukan seorang makelar.

Selain broker atau makelar, bentuk bisnis properti lainnya juga menggiurkan seperti bisnis homestay atau penyewaan kamar, pembuatan situs pencarian properti, dan sebagainya yang berkaitan dengan tanah dan bangunan.

2. Investasi Emas

Salah satu bentuk investasi yang sudah dikenal sejak zaman dahulu kala adalah investasi emas. Emas yang dimaksud disini adalah emas batangan. Nilai emas yang stabil dan naik tahun ke tahun membuat emas menjadi salah satu pilihan barang investasi yang menarik.

Nilai jual emas mengikuti harga pasar dan tidak akan merugikan investor yang memilih berinvestasi emas.

3. Investasi Tabungan dan Deposito

Selain emas, ada tabungan yang masih menjadi favorit investasi warga di pedesaan maupun perkotaan. Bila dulu orang akan repot jika ingin membuka tabungan namun saat ini sudah banyak aplikasi perbankan digital. Aplikasi ini menawarkan keuntungan lebih.

Aplikasi bank digital menawarkan kemudahan akses produk perbankan hanya dari sebuah aplikasi yang tidak ditawarkan bank konvensional. Nasabah bisa mudah melakukan banyak aktivitas perbankan tanpa perlu repot datang ke kantor cabang bank.

Baca Juga  Krisis Covid-19, Apakah Saatnya Investasi Properti?

Kemudahan yang ditawarkan membantu nasabah untuk cepat melakukan transaksi dengan efektif dan efisien.

4. Investasi Saham

Sebelum memasuki dunia saham, seorang investor perlu mengenali dunia saham yang bisa dimulai dari kegiatan jual beli saham. Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai jual beli saham adalah:

  • Waktu yang tepat untuk membeli saham
  • Pertimbangan faktor-faktor yang akan mempengaruhi pembelian saham seperti fluktuasi Indeks Harga Saham Gabungan, trend market, profil dan tingkat likuiditas perusahaan, dan sebagainya.

Investasi saham dapat dilakukan siapa saja terutama generasi millenial yang notabene perlu melek finansial sejak dini agar kelak dapat mencapai kebebasan finansial lebih cepat dibandingkan usia produktif yang lain.

Pengetahuan yang cermat dan teliti mengenai apa itu saham, cara kerja saham, dan bagaimana saham bekerja untuk investor perlu dilakukan untuk memahami tujuan apa yang ingin dicapai dengan adanya investasi saham.

5. Investasi Deposito

Salah satu produk perbankan dalam bentuk simpanan jangka panjang berupa mata uang rupiah ataupun mata uang asing. Deposito merupakan pilihan investasi paling mudah yang rendah resiko serta tabungan menjadi lebih aman.

Dengan adanya jangka waktu yang ditentukan, maka tabungan menjadi lebih aman disimpan di bank karena tidak digunakan dalam waktu dekat dan memperkecil pengeluaran.

Simpanan deposito tidak perlu khawatir dengan adanya perubahan harga pasar yang bisa terjadi sewaktu-waktu sehingga merupakan jenis investasi yang lebih aman dibandingkan jenis investasi yang lain.

Ragam pilihan investasi masa depan yang menguntungkan ini bisa dilakukan bagi investor pemula. Salah satunya bisnis investasi properti. Investor pemula yang ingin belajar seputar Investasi dapat belajar dan menimba ilmu bisnis properti dengan mengunjungi website www.pipohargiyanto.com.

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: