Workshop : Pengertian, Keuntungan dan Pentingnya Bagi Bisnis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Workshop adalah istilah umum yang sudah sering terdengar di masyarakat. Keberadaannya sangat membantu menambah wawasan dalam segala bidang, termasuk dalam hal bisnis. Meski dianggap tidak terlalu penting, faktanya banyak orang yang sukses dalam bisnis karena rajin mengikuti workshop. 

Apa Itu Workshop

Secara istilah, workshop merupakan kegiatan yang mempertemukan sekelompok orang yang memiliki profesi, minat, ataupun keahlian tertentu dalam satu kegiatan diskusi. Jadi, semua orang yang ada dalam kegiatan workshop terlibat aktif dan tidak ada yang hanya berdiam diri.

Namun berdasarkan penerapannya di lapangan, workshop adalah suatu kegiatan yang di dalamnya terdiri atas beberapa ahli dengan bidang dan latar belakang yang sama. Kegiatan ini dilakukan untuk membahas masalah tertentu yang sedang dihadapi oleh sekelompok orang dalam bidang tersebut.

Pelaksanaan workshop biasanya juga dilengkapi dengan pelatihan sederhana yang membantu peserta untuk menyelesaikan masalah dan menerapkannya dalam kegiatan terkait. 

Baca Juga : Apa Itu Bisnis Franchise? dan Penjelasan Lengkapnya

Jenis Workshop

Berdasarkan penerapannya di lapangan, workshop adalah kegiatan yang memiliki banyak jenis dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan penyelenggaranya, yaitu:

1. Berdasarkan Cakupan Materi yang Dibahas

  • Workshop Bisnis

Workshop bisnis biasanya mengusung materi seputar bisnis yang sedang tren dan memiliki peluang besar. Misalnya bisnis online, investasi, saham, trading, dan sejenisnya. Tujuan workshop ini adalah untuk memberikan wawasan bisnis kepada pesertanya sehingga bisa menerapkannya.

Beberapa workshop bisnis juga ada yang memberikan pelatihan terkait kewirausahaan yang bisa dijalani oleh semua orang.

  • Workshop Pendidikan

Cakupan pembahasan pada workshop jenis ini adalah pendidikan, baik dari sisi tenaga pendidik ataupun peserta didik dalam hal ini pelajar. 

  • Workshop Bakat
Baca Juga  Marketing Property: Pengertian dan Strategi Suksesnya (Lengkap!)

Ada banyak bakat yang dimiliki manusia namun tidak bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Workshop jenis ini banyak ditemukan di kampus ataupun lembaga-lembaga umum. 

Workshop bakat akan membahas segala permasalahan tentang bakat khusus tertentu, seperti dunia fotografi, jurnalistik, blogger, desain grafis, dan sejenisnya. 

  • Workshop Profesi

Setiap profesi membutuhkan totalitas dan harus dijalankan dengan profesional. Untuk meningkatkan kemampuan dalam bekerja di bidangnya, workshop profesi biasanya sengaja diselenggarakan oleh lembaga profesi terkait. Bisa workshop jurnalistik, seni, karyawan perusahaan, pemasaran, dan sebagainya.

2. Berdasarkan Sifatnya

Dalam teknis pelaksanaannya, workshop yang satu dengan lainnya ternyata memiliki sifat yang berbeda-beda. Secara garis besar, workshop bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

  • Workshop yang Sifatnya Tidak Mengikat

Workshop ini sifatnya umum dan bisa diikuti oleh siapa saja sesuai dengan tema dari workshop tersebut. Orang yang selesai mengikuti workshop bebas menerapkan apa yang sudah diperoleh atau memilih untuk tidak menerapkannya tanpa ada yang mengikat. 

  • Workshop yang Sifatnya Mengikat

Workshop jenis ini biasanya dilaksanakan oleh lembaga atau instansi tertentu untuk memberikan pelatihan dan membahas berbagai masalah yang sering terjadi di lembaga. 

Peserta yang datang pada workshop tersebut sifatnya terikat sehingga saat selesai mengikutinya harus menerapkan apa yang diperoleh dalam workshop tersebut.

3. Berdasarkan Waktu Penyelenggaraannya

Tidak semua workshop di adakan hanya dalam sekali pertemuan saja. Ada juga beberapa workshop yang terus dilakukan dan terikat oleh waktu. Berikut adalah jenis workshop dilihat dari waktu penyelenggaraannya. 

  • Workshop Berkala

Waktu penyelenggaraan dari workshop ini berkala setelah pertama kali dilaksanakan. Artinya, kelanjutan dari workshop ini biasanya diadakan lagi selama beberapa Minggu atau beberapa Bulan setelah diselenggarakan. Sistemnya menyesuaikan isu dan masalah terbaru terkait materi workshop. 

  • Workshop Beruntun

Sesuai namanya, workshop ini dilaksanakan secara beruntun. Biasanya disebabkan karena pembahasan tidak selesai dalam sekali pertemuan. Pelaksanaannya dilakukan secara terus menerus dan beruntun, misalnya 3 atau 4 hari secara berturut-turut. 

Baca Juga  Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik yang Wajib Diketahui Pemula

Baca Juga : Jenis Jenis Waralaba yang Wajib Diketahui

Manfaat Workshop Bagi Bisnis

Dalam dunia bisnis, ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan apabila mengikuti ataupun menyelenggarakan workshop terkait. Tidak heran kalau banyak perusahaan dengan latar belakang bisnis dan pemasaran yang menyelenggarakan workshop dengan sengaja. Manfaat tersebut meliputi :

1. Meningkatkan Skill dan Menambah Pengetahuan

Sifat workshop yang berupa diskusi sangat memungkinkan bagi seseorang untuk mendapat pengetahuan baru dibidang bisnis yang sangat menguntungkan. Semakin banyak peserta dengan latar belakang berbeda, semakin luas pula wawasan yang akan diperoleh dari hasil bertukar pikiran.

Tidak hanya itu, praktik dan pelatihan yang ada di dalamnya juga sangat mendukung peserta untuk meningkatkan skill dan bakat bisnis yang sudah dimiliki sebelumnya. Hasil pelatihan yang dipahami dengan baik bisa menjadi ilmu baru yang bisa diterapkan dalam menjalankan bisnisnya.

2. Memberikan Peluang untuk Membuka Usaha Baru

Workshop adalah kegiatan yang memiliki banyak kategori, mulai dari materi bisnis, kewirausahaan, pendidikan, dan sebagainya. Semakin banyak mengikuti workshop dari berbagai jenis, seseorang akan mengetahui workshop mana yang materinya paling mudah diterapkan sesuai kemampuannya. 

Misalnya dengan mengikuti workshop desain grafis, seseorang yang bekerja sebagai karyawan swasta bisa membuka usaha baru terkait desain grafis yang sudah dipahami melalui workshop. Meski belum ahli, wawasan yang didapatkan bisa dimanfaatkan sebagai usaha sampingan.

3. Mengembangkan Bisnis di Bidang Lainnya

Orang yang menjalankan suatu bisnis minimal harus tahu teori dan praktiknya di lapangan, meskipun hanya sedikit. Wawasan yang didapatkan dalam workshop bisa menjadi media untuk mengembangkan bisnis pada bidang yang lebih luas.

Apabila sudah memiliki perusahaan sepatu, tidak ada salahnya untuk membuka cabang di bidang usaha tas anyaman jika sudah mengerti teori dan praktiknya dalam workshop yang pernah diikuti.

4. Mendapat Kesempatan Menggali Ilmu dari Orang-orang Hebat

Untuk menyelenggarakan workshop, tentu narasumber yang dipakai adalah orang hebat yang sudah ahli dan berbakat di bidangnya. Peserta yang hadir tentunya juga berasal dari orang-orang yang memang sudah mengerti atau terjun langsung pada bidang yang dibahas dalam workshop.

Baca Juga  Cara Memulai Bisnis Properti Syariah Tanpa Modal (Sukses!)

Ini membuka kesempatan bagi pebisnis untuk menggali ilmu dari orang-orang hebat yang ada pada kegiatan tersebut.

5. Membangun Relasi Baru

Apabila pandai bersosialisasi dan memanfaatkan peluang, peserta yang datang pada kegiatan workshop juga berkesempatan untuk membangun relasi baru dengan orang-orang yang baru ditemui dalam workshop. 

Jika bisa akrab dengan orang-orang hebat dalam workshop tersebut, tentu semakin banyak relasi yang bisa dimanfaatkan untuk membangun dan mengembangkan bisnis. Apalagi kalau bisa menyimpan nomor kontak pribadinya.

6. Memanfaatkan Waktu Luang Menjadi Produktif

Di sela-sela waktu kosong yang dimiliki, akan lebih produktif jika diisi dengan mengikuti workshop sebagai penambah wawasan. Jadi, waktu yang tadinya tidak memberikan manfaat apa-apa bisa berguna dengan mengikuti workshop.

Baca Juga : Cara Mudah Membangun Sistem Bisnis Autopilot

Keuntungan Adanya Workshop dalam Menunjang Jiwa Bisnis

Dengan mengikuti kegiatan workshop tertentu, ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan demi menunjang jiwa bisnis seseorang, yaitu :

  • Meningkatkan gairah bisnis karena bertemu dengan orang-orang hebat dalam workshop.
  • Bisa mendapatkan banyak link atau relasi secara gratis.
  • Menambah pengalaman dari orang-orang hebat yang berpengalaman.
  • Memperoleh ilmu baru yang bisa dikembangkan menjadi bisnis pribadi. 
  • Mendapatkan pelatihan untuk bekerja sama dengan orang lain.
  • Melatih jiwa kritis dan ilmiah yang harus dimiliki seorang pebisnis. 
  • Melatih kemampuan dalam menyelesaikan masalah bersama. 

Meskipun workshop sangat efektif melatih ketajaman jiwa bisnis pesertanya, namun tetap kemampuan bisnis dan investasi yang menguntungkan harus dilatih pada tempat yang tepat. Salah satunya dengan mempelajarinya di pipohargiyanto.com yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun.

Workshop adalah kegiatan yang sering dianggap remeh dan membosankan bagi masyarakat awam. Faktanya, kegiatan ini justru sangat bermanfaat dalam menunjang jiwa bisnis yang dimiliki seseorang sehingga sangat bermanfaat untuk diikuti.

Share artikel ini apabila bermanfaat
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan Buku Bisnis Waralaba Indomaret!

Anda bisa dapatkan di: