11 Cara Investasi Emas Bagi Pemula Agar Untung!

Tak hanya dijadikan perhiasan saja tapi emas juga sering dijadikan investasi yang memberi keuntungan lumayan. Hal itu disebabkan oleh emas yang lebih mudah dicairkan dan nilainya pun terus meningkat. Tapi sebelum investasi emas sebaiknya ketahui dulu cara investasinya.

Memang sudah seharusnya saat akan berinvestasi emas keuntungannya harus maksimal, karena banyak para investor emas yang pada saat menjual emasnya ternyata harganya turun drastis sehingga mereka mengalami rugi.

Cara Investasi Emas Agar Untung

Kemungkinan kerugian tersebut harus dihindari karena tujuan dalam melakukan investasi adalah untuk memperoleh keuntungan dengan maksimal. Berikut ini cara investasi emas yang menguntungkan dan juga tepat:

1. Memilih Investasi Emas yang Berupa Logam Mulia

Ada dua jenis investasi pada emas secara fisik yang secara umum banyak diminati oleh masyarakat. Yaitu jenis emas batangan yang berupa logam mulia atau juga emas yang berupa perhiasan.

Diantara kedua jenis investasi tersebut jika tujuan dalam membeli emasnya adalah untuk investasi lebih baik pilih logam mulia saja, karena pada saat dijual harga emas perhiasan akan lebih rendah dari harga belinya.

Berbeda dengan emas yang berupa logam mulia yang saat dijual harganya lebih tinggi dari harga belinya.

2. Selalu Memantau Harga Emas

Sama halnya dengan jenis investasi lainnya sifat dari harga emas ini juga cukup fluktuatif. Maka dari itu sebaiknya investor selalu memantau dan mengecek berapa harga emas harian dengan rutin dan juga berkala.

Baca Juga  NJOP Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Hitungnya!

Hal itu nantinya akan memudahkan investor dalam membuat estimasi keuntungan yang diperoleh dari investasi emas. Manfaat lainnya dari memantau harga emas adalah mengetahui waktu yang tepat kapan harus menjual emas.

3. Berinvestasi Emas dengan Rutin

Supaya terasa keuntungan dari investasi di bidang emas, maka mulailah berinvestasi dengan rutin. Tapi jika belum mampu untuk melakukan pembelian emas secara langsung 1 gr, manfaatkan saja platform digital yang banyak tersedia saat ini berupa tabungan emas.

Berinvestasi di bidang emas dengan menggunakan tabungan emas secara digital akan memungkinkan investor untuk dapat menabung dengan rutin, dengan harga yang cukup terjangkau.

Setelah itu tabungan bisa ditukar menjadi emas yang berupa logam mulia yaitu emas secara fisik. Tapi perhatikan juga bagaimana legalitas emas dari suatu platform digital yang akan dipakai untuk berinvestasi nantinya.

Selain itu pastikan juga bahwa platform digital yang akan dipilih sudah terdaftar secara resmi di OJK.

4. Memerhatikan Jarak Waktu Antara Membeli dengan Menjual

Biasanya kebanyakan orang lebih suka investasi jangka panjang, dan jenis investasinya adalah emas. Kenyataannya investor akan langsung merasakan keuntungan dari berinvestasi pada saat jangka waktu investasi sudah mencapai 5 – 10 tahun lamanya.

Maka dari itu sebelum mulai menjual emas sebaiknya perhatikan juga jarak waktu, dari awal pembelian dan pada saat penjualan. Sebaiknya jarak antara keduanya jangan terlalu dekat karena keuntungannya akan menjadi lebih sedikit.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

5. Mengetahui Harga dan Kadar Emas

Cara lainnya agar mendapat keuntungan dari investasi emas adalah dengan mengetahui berapa harga dan juga kadar emas. Cari tahu kembali berapa harga emas yang paling terbaru, sehingga investor bisa membuat estimasi harga jual dari emas tersebut.

Baca Juga  Properti Syariah: Pengertian, Kelebihan, dan Cara Bisnis Properti Syariah

Selain itu investor pun tidak akan mudah tertipu dengan melihat berapa estimasi harga jualnya. Saat ini banyaknya orang yang berinvestasi emas membuat banyak orang yang melakukan penipuan dengan instan, dengan menawarkan harga yang rendah.

6. Menjual Kembali Emas ke Tempat Membelinya

Supaya tidak mengalami kerugian ketika berinvestasi emas maka emas tersebut sebaiknya dijual lagi di tempat membeli emas. Hal itu disebabkan oleh, toko emas yang bersangkutan tentunya sudah tahu bagaimana karakteristik emas yang dijual di sana.

Buktikan dengan memperlihatkan nota pembelian atau surat pembelian emasnya. Untuk itu saat akan membeli emas pastikan juga nota, surat pembelian serta sertifikat emasnya dibawa juga.

Seluruh dokumen itu akan menjadi tanda bahwa emas yang berupa logam mulia tersebut, memang benar milik si investor yang asli. Apabila namanya berbeda maka harga jual emas tersebut bisa ikut turun.

7. Membandingkan Harga Emas

Cara berinvestasi emas bagi pemula selanjutnya adalah dengan cara membandingkan harga emas di pasaran. Sebaiknya lakukan survey ke beberapa toko emas sebelum benar-benar membelinya.

Tanyakan juga berapa harga emas paling baru per gram, dan perkiraan harga emas yang akan dijual saat itu. Jangan menjual emas dengan terburu-buru karena banyak juga toko emas yang mematok harga jauh lebih rendah dari harga pasaran.

8. Menentukan Tujuan Investasi

Ketika akan berinvestasi emas, tentukan juga apa tujuan dari investasi tersebut. Apakah untuk membeli rumah di masa depan, biaya pernikahan, atau yang lainnya. Investasi emas sangat cocok untuk jenis investasi jangka menengah atau jangka panjang.

Sebelum mulai berinvestasi ada baiknya menentukan apa tujuannya terlebih dulu. Hal itu nantinya akan memudahkan investor dalam menyesuaikan jangka waktu serta besar jumlah investasinya berapa per bulannya.

9. Menyesuaikan dengan Kemampuan Secara Finansial 

Alokasikan sebagian uang yang dimiliki dalam pembelian emas secara digital, yang bisa dimulai dari nominal kecil terlebih dulu. Kemudian buat perencanaan keuangan serta alokasi pendapatan agar dapat berinvestasi sesuai dengan kemampuan diri secara finansial.

Baca Juga  Memiliki Passive Income Dengan Investasi Minimarket Waralaba 

Instrumen dalam investasi ini bukan tempat untuk menyimpan seluruh pendapatan saat ini. Tapi bisa digunakan untuk menyisihkan dana lebih dari biaya hidup sehari-hari atau dari dana darurat per bulan, meskipun harga emas sedang rendah.

Investor pemula juga dapat berinvestasi mulai dari nominal Rp.10.000,- saja.

10. Membeli Emas di Tempat Terpercaya

Ada banyak sekali penyedia layanan secara online yang menjadi sarana jual beli emas online, melalui investasi emas dengan aman dan juga mudah. Pastikan bahwa aplikasi yang dipilih sudah terdaftar secara resmi di OJK.

Pastikan juga mereka akan memberi sertifikat emas asli agar keamanannya terjamin. Ditambah lagi dengan adanya layanan produk investasi yang diawasi secara langsung oleh BAPPEBTI. 

Jangan berinvestasi di situs bodong sehingga investasi pun gagal dilakukan, jika pembelian emas dilakukan di tempat terpercaya.

11. Memilih Tempat Penyimpanan Emas yang Tepat

Tempat penyimpanan emas bisa di mana saja misalnya di brankas pribadi yang disimpan di rumah, yang sudah dilengkapi dengan sidik jari atau pin. Tapi cara ini malah berisiko terjadinya pencurian.

Untuk alternatif terbaik sebaiknya simpan emas di aplikasi secara digital. Maka tidak ada kata ribet untuk penyimpanan aset ini. Cobalah untuk membeli lalu menjual emas dan menjadikannya sebuah investasi.

Penggunaan aplikasi juga efektif bagi para investor pemula dan lebih fleksibel ketika melakukan transaksi emas di manapun dan kapanpun. Penting sekali menentukan tempat penyimpanan emas sebelum mulai investasi emas yang berpotensi menguntungkan.

Investasi emas akan memberi keuntungan melimpah apabila dilakukan dengan langkah yang tepat. Masih belum puas dengan informasi mengenai investasi di bidang emas ini? Cobalah untuk belajar bisnis dan investasi secara online hanya di website pipohargiyanto.com yang sudah terpercaya.

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: