3+ Daftar Produk Properti dan Contohnya (Lengkap!)

Selama ini, mungkin banyak orang mengira bahwa produk properti hanya berupa bangunan hunian, seperti rumah atau perumahan. Namun, kenyataannya jenis-jenis properti itu sangat beragam di pasaran. Beragam jenis properti tersebut dapat dimanfaatkan untuk investasi.

Memangnya, apa saja jenis-jenis properti yang ada di pasaran? Jika masih bingung mengenal jenis-jenis properti, maka Anda bisa lebih memahami tentang macam produk properti beserta contohnya melalui artikel ini!

Daftar Lengkap Produk Properti Beserta Contohnya

Properti merupakan suatu hak milik, hak guna, maupun hak sewa untuk menggunakan atau memanfaatkan bangunan maupun lahan berdasarkan keperluan tertentu. Apa saja jenis-jenis properti? Jika penasaran, maka berikut ini jenis-jenis properti lengkap yang harus Anda ketahui, yaitu:

1. Tempat Hunian atau Residensial

Jenis properti yang pertama adalah tempat hunian atau residensial. Bangunan hunian merupakan jenis properti yang paling umum dikenal oleh masyarakat luas. Di pasaran, bisnis properti hunian juga sangat diminati oleh banyak orang.

Mengapa? Hal ini karena tempat hunian atau residensial merupakan salah satu kebutuhan inti atau pokok bagi setiap orang.

Hunian juga menjadi salah satu properti incaran bagi para investor pemula. Hal ini karena hunian merupakan jenis properti yang relatif lebih rendah risiko dibandingkan jenis properti lainnya. Selain itu, permintaan hunian juga relatif lebih stabil, sehingga cocok untuk investasi bagi para pemula.

Apa saja contoh tempat hunian? Jika penasaran, maka berikut ini beberapa contoh tempat hunian atau residensial yang dapat dijadikan sebagai properti, yaitu:

  • Rumah atau Perumahan

Rumah atau perumahan merupakan produk properti hunian yang paling diminati karena lahan di Indonesia masih sangat luas.

  • Apartemen
Baca Juga  Tips Memilih Bisnis Franchise yang Tepat & Menguntungkan Bagi Pemula

Apartemen merupakan jenis properti hunian yang pada umumnya terdapat di kota-kota besar. Hal ini karena kota-kota besar cenderung memiliki lahan terbatas untuk pemukiman atau hunian.

  • Kontrakan atau Kost

Jenis properti hunian yang satu ini biasanya berada di kawasan sekolah, perguruan tinggi, industri, dan lokasi yang ramai.

  • Villa

Villa merupakan jenis properti yang dapat disewakan kepada orang lain. Lokasinya biasanya berada di dekat destinasi wisata.

Beberapa jenis properti berupa hunian dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan pasif. Misalnya, bangunan kontrakan atau kost yang disewakan kepada orang lain. Anda bisa mendapatkan pendapatan pasif dari pembayaran uang sewa tersebut.

2. Tempat Usaha atau Bangunan Komersial

Selain rumah, tempat usaha atau bangunan komersial juga dapat dijadikan sebagai investasi yang menguntungkan. Bangunan komersial merupakan jenis properti yang dapat dijadikan sebagai untuk keperluan komersial atau bisnis.

Jika ingin investasi berupa bangunan komersial, maka Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor. Produk properti komersial yang berada di lokasi strategis dan mudah diakses lebih menarik perhatian dan menguntungkan karena akan digunakan untuk keperluan bisnis.

Properti komersial dapat dijual untuk menghasilkan keuntungan finansial. Selain itu, bangunan komersial juga dapat dijadikan sebagai pendapatan pasif dengan cara menyewakannya untuk dijadikan tempat usaha.

Pilihan lainnya yang dapat dipilih adalah menjadikan bangunan komersial sebagai tempat usaha pribadi. Tentu saja tidak usah membayar biaya sewa dan bahkan Anda bisa mendapat penghasilan tambahan dengan usaha atau bisnis yang dijalankan.

Apa saja contoh properti bangunan komersial? Jika penasaran, maka berikut ini beberapa contoh produk properti komersial, yaitu:

  • Ruko

Ruko merupakan jenis properti yang dapat dijadikan sebagai toko tempat usaha sekaligus rumah sebagai tempat tinggal. Pada umumnya, bagian bawah atau lantai satu ruko dijadikan sebagai toko, sementara itu di bagian lantai atas dijadikan sebagai tempat tinggal.

  • Kios
Baca Juga  Macam-Macam Kriteria Investasi dan Rumus Menghitungnya (Lengkap!)

Kios juga merupakan bangunan komersial yang  bisa dibangun di pinggir jalan. Selain itu, kios-kios di pusat perbelanjaan juga merupakan jenis bangunan komersial.

  • Perkantoran

Perkantoran dapat dijadikan sebagai bangunan pusat pengelolaan atau manajemen bisnis atau usaha.

  • Hotel/ Motel

Hotel merupakan tempat penginapan yang dapat disewakan. Bangunan hotel atau motel pada umumnya berada di daerah wisata maupun kota-kota besar. Bisnis hotel cukup menjanjikan dan bisa menghasilkan keuntungan besar.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

3. Bangunan Industri dan Pengembangan

Bangunan industri dan pengembangan merupakan salah satu jenis produk properti lainnya yang dapat dijadikan sebagai investasi.

Pada umumnya, properti berupa bangunan industri dan pengembangan terdapat di kawasan industrial. Selain itu, bangunan industri dan pengembangan biasanya berada di kawasan yang jauh dari pemukiman.

Bangunan industri dan pengembangan juga didirikan di lahan yang cukup luas karena keperluannya yang besar. Potensi bangunan industri sebagai investasi cukup tinggi.

Hal ini karena bangunan industri dapat dijadikan sebagai lokasi pabrik, gudang, dan lain sebagainya. Bangunan industri pastinya akan selalu dibutuhkan dan dicari oleh para investor. Selain itu, industri yang berkembang semakin pesat juga membuat kebutuhan akan bangunan industri juga meningkat pesat.

Pastinya akan sangat menguntungkan ketika Anda memiliki bangunan industri yang dijadikan sebagai investasi. Anda bisa menyewakannya ke para investor yang ingin membangun pabrik atau perusahaan. Uang sewa bangunan properti yang didapatkan dapat menjadi pendapatan pasif.

Contoh bangunan industri dan pengembangan yang dapat dijadikan investasi, yaitu:

  • Pabrik

Pabrik merupakan jenis properti industri yang memiliki area luas dan dijadikan sebagai tempat pengolahan produk tertentu. Jenis properti bangunan industri yang satu ini memiliki desain khusus tergantung keperluan atau kebutuhan.

  • Gudang
Baca Juga  Apa Itu Komersial : Properti Komersial & Tipsnya (Lengkap!)

Gudang juga merupakan jenis properti bangunan industri. Bangunan ini digunakan sebagai tempat penyimpanan produk hasil industri. Gudang juga memiliki desain khusus agar bisa menyimpan produk dengan aman.

  • Laboratorium Pengembangan

Laboratorium pengembangan merupakan salah satu contoh properti pengembangan. Pada umumnya, laboratorium digunakan untuk penelitian maupun pengembangan berbagai jenis produk berdasarkan keperluan bisnis maupun berbagai keperluan lainnya.

4. Properti untuk Tujuan Khusus

Jenis produk properti lainnya adalah properti untuk tujuan khusus. Properti untuk tujuan khusus biasanya dibangun untuk keperluan umum atau masyarakat luas. Bangunannya pun memiliki desain khusus sesuai dengan kegunaannya.

Berikut ini beberapa contoh dari properti untuk tujuan khusus, yaitu:

  • Sekolah
  • Tempat Ibadah
  • Bandara
  • Stasiun
  • Tempat hiburan
  • Terminal Bus
  • Lapangan Golf
  • Kebun Binatang
  • Gedung pertemuan

5. Lahan

Produk properti bukan hanya berupa bangunan, tetapi juga dapat berupa lahan atau tanah. Investasi berupa lahan termasuk jenis investasi yang menguntungkan terlebih harga tanah atau lahan pada umumnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Apa saja contoh jenis properti berupa lahan? Contoh properti berupa lahan yang dapat dijadikan investasi menguntungkan adalah lahan pertanian dan lahan perkebunan. Lahan di pinggiran kota juga bisa menjadi contoh properti yang dapat dijual ke pengembang pemukiman atau perumahan.

Anda bisa menyewakannya lahan yang dimiliki kepada para petani untuk diolah dan menghasilkan berbagai produk pertanian. Selain itu, properti berupa lahan juga dapat dijual kepada para pengusaha di bidang pertanian maupun perkebunan.

Apakah Anda ingin melakukan investasi berbagai produk properti? Jika ingin melakukan investasi, maka sebainya pelajari dulu hal-hal penting yang berkaitan dengan investasi. Anda bisa langsung mempelajari investasi dan bisnis properti di https://www.pipohargiyanto.com/!

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: