Franchise Alfamart : Syarat, Modal dan Cara Membuka Gerainya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Franchise Alfamart menjadi salah satu bisnis waralaba yang banyak diminati jika ingin bergerak di bisnis gerai minimarket. Alfamart sendiri merupakan badan usaha yang dioperasikan oleh sebuah perusahaan bernama Sumber Alfaria Trijaya Tbk. 

Jenis bisnis minimarket ini bergerak di bidang penjualan kebutuhan sehari-hari masyarakat dengan harga terjangkau. Misi yang dimiliki Alfamart sendiri adalah agar bisa menjadi sebuah community store. Faktanya, gerai Alfamart sendiri sudah tersebar di berbagai wilayah. Jadi, bisnis satu ini amat diminati.

Syarat untuk Mendaftar Franchise Alfamart

Gerai Alfamart sudah menyebar ke berbagai pulau di Indonesia. Alfamart sendiri adalah sebuah minimarket yang berdiri sejak tahun 1999. Kalau Anda begitu berminat untuk membuka franchise  Alfamart, pastikan untuk mengetahui apa saja syarat yang perlu Anda penuhi.

Ada beberapa syarat untuk bisa membeli franchise Alfamart, di antaranya :

  • Punya minat di bidang pengelolaan minimarket.
  • Merupakan seorang WNI dengan badan usaha baik berupa PT, CV yayasan maupun koperasi.
  • Memiliki lokasi untuk dijadikan sebagai tempat usaha. Adapun luas tempat yang akan dijadikan usaha adalah minimal 100 meter2. Luas tersebut di luar gudang dan juga ruang administrasi sehingga perkiraan luas lahan yang dibutuhkan bisa mencapai 250 m2.
  • Telah memenuhi berbagai macam perizinan di antaranya :
  • Izin dari tetangga
  • Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak 
  • Izin domisili dari perangkat wilayah setempat
  • Izin Usaha Toko Modern 
  • Surat Izin Usaha Perdagangan
  • NPWP
  • Tanda Daftar Perusahaan atau Nomor Induk Berusaha
  • Surat Tanda Pendaftaran Waralaba 
  • Mau untuk mengikuti seluruh sistem dan prosedur untuk mengoperasikan Alfamart.

Harga Franchise Alfamart

Alfamart adakah sebuah perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak Initial Public Offering pada tanggal 15 Januari 2009. Perusahaan ini memiliki kode AMRT. Saat ini, Alfamart sudah memiliki hingga 16.000 waralaba minimarket yang hadir di seluruh daerah Indonesia.

Baca Juga  7 Rekomendasi Investasi untuk Pemula dan Karyawan Beserta Cara Lengkapnya!

Untuk masalah biaya membuka waralaba Alfamart sendiri sebenarnya tergantung pada jenis kepemilikan.  Berikut gambaran besar biaya yang dibutuhkan jika Anda ingin membuka waralaba Alfamart :

1. Gerai Baru

Bagi Anda yang membangun sebuah gerai Alfamart baru di lokasi yang telah ada sebelumnya, maka dibutuhkan investasi atau modal sebesar Rp 500 juta. Nah, modal ini sudah mencakup biaya waralaba selama 5 tahun dengan nilai Rp 45 juta.

Selebihnya, modal buka Alfamart itu untuk mengurus instalasi listrik, biaya peralatan, perizinan dan juga pemasaran grand opening dan promosi.

Nah, nilai investasi modal tersebut bisa berubah ya disesuaikan pada kondisi Anda. Modal Rp500 juta juga di luar lokasi Alfamart berdiri. Jika Anda tidak memiliki lahan dan menyewa, maka modal itu di luar biaya sewa.

2. Take Over 

Selanjutnya, ada jenis kepemilikan yang bersifat take over. Jadi, maksud dari take over ini adalah ketika ada gerai Alfamart yang sudah berjalan dan beroperasi namun Anda ingin mengambil alihnya.

Nah, tariff take over Alfamart yang sudah beroperasi umumnya adalah Rp 800 juta. Modal tersebut sudah termasuk biaya waralaba hingga 5 tahun, sewa tanah hingga untuk 5 tahun, perlengkapan dan dan perizinan gerai Alfamart.

Nah, kalau Anda ingin mencoba investasi Alfamart ini dan belum memiliki banyak modal untuk dirikan gerai sendiri, maka Anda bisa coba ikut patungan menggunakan sistem equity crowdfunding. 

Sistem ini akan memberikan Anda kesempatan baru untuk mencoba berinvestasi di bisnis yang sifatnya privat. Sistem bisnis ini juga akan memberikan Anda kesempatan berinvestasi di segala macam bisnis potensial lainnya.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

 

Baca Juga  Contoh Bisnis Properti Menguntungkan Modal Kecil Cocok Bagi Pemula

Keuntungan Franchise Alfamart

Anda yang tertarik membuka bisnis, maka waralaba Alfamart ini sangat menguntungkan karena brandnya sudah dikenal. Ketika brand telah dikenal dengan luas, maka itu akan memberi Anda keuntungan dari segi pendapatan.

Alfamart sendiri juga sudah beroperasi hingga 23 tahun dan masyarakat telah mempercayainya sebagai minimarket pilihan dengan harga murah dan belanja nyaman. Berikut keuntungan jika Anda waralaba Alfamart :

1. Strong Brand Recognition 

Hampir  seluruh orang Indonesia itu tahu dengan minimarket bernama Alfamart. Di Alfamart, produk apa saja tersedia dengan sistem pembayaran yang lengkap. 

Dikenalnya Alfamart sebagai pilihan belanja masyarakat Indonesia ini karena memang promosinya yang besar sehingga hal ini bisa menguntungkan Anda.

2. Buying Power 

Memiliki brand yang sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia membuat Alfamart menjadi minimarket dengan customer base yang tersebar di manapun gerai ini berada. 

Dengan keuntungan ini, maka waralaba Alfamart yang Anda bangun bisa mendapatkan keuntungan yang sehat.

3. Business Assistance 

Perusahaan Alfamart sangat memfasilitasi para pemilik waralaba dengan berbagai macam pendampingan sehingga Anda akan dibantu dari awal pendirian sampai sukses mendapatkan profit tinggi.

Cara Daftar Franchise Alfamart

Jika seluruh syarat Anda telah memenuhinya dan lahan yang dimiliki ini sudah ada dan siap untuk dibangun, maka Anda bisa memulai bisnis franchise minimarket dengan brand Alfamart ini. Berikut adalah beberapa cara untuk bisa membuka franchise Alfamart :

1. Mengusulkan Lokasi

Pertama, Anda bisa mendaftar tentang usulan lokasi waralaba Alfamart di situs resminya www.alfamartku.com.

Jika memang ada aset Anda yang menganggur dan coba untuk dialokasikan sebagai bisnis minimarket, maka Anda bisa mengajukannya sebagai usulan lokasi. Jangan lupa untuk foto bagian depan tanah yang hendak dijadikan lokasi Alfamart.

2. Isi Formulir

Selanjutnya, isilah formulir pendaftaran yang disediakan di laman. Lengkapi formulir pendaftaran dengan denah lokasi waralaba dan foto dari depan.

Baca Juga  Contoh Surat Jual Beli Tanah dan Cara Membuatnya

3. Lampirkan Sebuah Proposal 

Apabila lokasi yang sudah Anda usulkan disetujui oleh pihak Alfamart, maka Anda akan dihubungi langsung oleh pihak sana. Pihak perusahaan Alfamart nantinya akan menjelaskan tentang potensi keuntungan membuka waralaba Alfamart di lokasi Anda.

Mereka juga akan mengirimkan detail rancangan anggaran biaya (RAB) dan proyeksi profit yang dihasilkan serta kapan modal Anda bisa kembali.

Adapun untuk RAB ini, maka perusahaan akan menyesuaikannya dengan jenis minimarket yang disesuaikan pada luasnya tanah dan rencana bangunan Anda. 

Jadi, Alfamart ini menyediakan  5 jenis minimarket yang bisa dipilih yakni tipe 45, 27, 9 , 18 hingga 36 rak. Anda bisa memilih sendiri mana yang sesuai dengan anggaran Anda. 

4. Setujui Perjanjian Waralaba

Jika Anda sudah setuju dengan proposal yang perusahaan Alfamart kirimkan, maka Anda akan mendapatkan sebuah perjanjian waralaba yang berisi tentang hak dan kewajiban. Baca dengan seksama sebelum membuka gerai Alfamart.

Nah, apabila kemudian Anda setuju dengan apa yang menjadi hak dan kewajiban saat membuka waralaba Alfamart, maka Anda bisa menandatangani surat perjanjian tersebut.

5. Mulai Grand Opening

Proposal dan perjanjian yang sudah Anda setujui dan tandatangani ini bisa berlanjut ke tahapan renovasi.

Ya, Anda bisa merenovasi lahan yang hendak dialokasikan sebagai waralaba Alfamart, urus segala macam perizinan dan atur gerai untuk siap mulai grand opening.

Masih pusing membuka franchise Alfamart? Selama Anda memiliki lahan kosong dan seluruh perizinan dipenuhi, maka Anda bisa membuka waralaba dari minimarket ternama di Indonesia ini. Potensi keuntungan dari waralaba Alfamart sendiri cukup besar, jadi akan sayang jika Anda lewatkan.

Kalau Anda masih merasa bingung belajar bisnis waralaba Alfamart ini, maka bisa belajar langsung ke pipohargiyanto.com. Anda bisa temukan banyak trik penting untuk mulai bisnis Alfamart dari nol.

Share artikel ini apabila bermanfaat
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Bisnis Waralaba Indomaret!

Anda bisa dapatkan di: