Robert Kiyosaki : Profil, Biografi & Bisnisnya (Lengkap!)

Robert Kiyosaki dikenal sebagai sosok legendaris yang telah mendobrak pandangan umum terhadap uang. Melalui bukunya Rich Dad Poor Dad, ia membantah asumsi kuno soal cara menjadi kaya. Ia pernah mengatakan mengapa orang miskin adalah karena mereka tak tahu apa-apa soal uang 

Sebagian besar orang menyebut profesinya sebagai investor, motivator, pengusaha, serta penulis. Lantas, apa yang membuatnya bisa bergelimang uang? Bagaimana ia bisa sukses berinvestasi? Untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, yuk lihat profil lengkapnya di bawah ini!

 

Profil Robert Kiyosaki

Jika dituliskan dalam cerita sederhana, namanya melambung tinggi semenjak buku Rich Dad Poor Dad laku keras. Diikuti dengan buku-buku lainnya seperti Rich Dad’s Guide to Investing dan Rich Dad’s CASHFLOW Quadrant yang sama-sama menduduki peringkat 10 buku terlaris.

Di samping menulis, pria yang lahir dari orang tua Jepang-Amerika ini pernah merintis perusahaan besar pada tahun 1977. Ialah orang yang pertama kali mengenalkan Velcro ke dunia. Ada juga bisnis dompet “surfer” yang sama-sama melejit pada awalnya, namun bangkrut setelah beberapa waktu.

Nasib buruk yang sama menimpanya pada tahun 1980-an, di mana perusahaan bisnis kausnya untuk heavy metal band rock juga terpaksa harus gulung tikar. 

Hidupnya mulai berputar ke atas ketika ia mengembangkan perusahaan barunya, bernama CASHFLOW Technologies Inc. Perusahaan ini memiliki merek dagang Rich Dad dan dari sanalah namanya mulai melejit.

Biografi Robert Kiyosaki

Pria yang kini aktif mengisi seminar di berbagai tempat sebelumnya memiliki perjalanan hidup yang panjang. Sama seperti manusia umum lainnya, ia pun pernah berada di posisi yang rendah akibat kebangkrutan yang dialaminya. Inilah perjalanan hidupnya berdasarkan rangkuman beberapa sumber:

Baca Juga  Inilah Cara Jual Properti yang Efektif secara Online & Offline

1. Perjalanan Awal Karier

Ia pernah bekerja di suatu kapal dagang selepas menuntaskan pendidikannya. Kapal yang berlayar ke keliling dunia ini membuatnya bisa melihat keberagaman budaya yang ada, dan juga permasalahan di berbagai belahan dunia, salah satunya kemiskinan.

Pekerjaan ini kelak memengaruhi dirinya secara signifikan. Kemudian, ia ditugaskan menjadi pilot helikopter selama Perang Vietnam. Berkat kinerjanya yang bagus, ia dianugerahi dengan Medali Udara.

Karirnya dimulai usai ia kembali ke New York. Di sana, ia bekerja sebagai salesman perusahaan mesin fotokopi bernama Xerox Corporation. Setelah merasa memiliki cukup uang, ia memutuskan untuk resign pada tahun 1978. 

Dengan tabungan yang ia miliki, ia pun mendirikan perusahaan sendiri dengan produk dompet “surfer” dari bahan velcro nylon. Untuk menekan biaya produksi, ia menurunkan kualitasnya, namun itu berimbas buruk pada perusahaannya. Perusahaan pertamanya bangkrut. 

Ia kembali berbisnis pada tahun 1980. Produk yang dijual yaitu baju untuk band heavy metal rock. Sayangnya hancur pada tahun 1985 akibat tren musik yang berubah.

 

2. Mulai Menjadi Pembicara

Robert Kiyosaki sempat menjadi tunawisma akibat kebangkrutan dan utang bank yang dimilikinya. Masih dengan secercah harapan dalam dirinya, ia pun mendidik orang lain tentang cara agar tidak mengalami kebangkrutan. Ia pun menjadi pembicara motivasi di seminar Money and You.

Popularitas seminar tersebut melonjak ramai hingga ke berbagai negara, seperti Australia, Selandia Baru, Kanada dan Amerika Serikat. Dari seminar tersebut, ia berhasil meraup jutaan dollar. Akhirnya ia pensiun dari Money and You pada tahun 1994.

Selanjutnya ia menulis buku dan berinvestasi di real estate dan saham. Buku pertamanya adalah Rich Dad Poor Dad. Buku tersebut diterbitkan olehnya sendiri, karena tak menemukan penerbit yang cocok. Sedikit ia tahu, buku tersebut berhasil terjual lebih dari 10 juta eksemplar sejak terbit pada tahun 2000.

Baca Juga  Investor Adalah : Pengertian, Jenis dan Cara Menjadi Investor

Ia mendirikan perusahaan baru lagi yang berfokus dalam pendidikan keuangan bernama CASHFLOW Technologies Inc. Di samping itu, Robert Kiyosaki juga berbisnis properti. Ia mempunyai tambang perak di Amerika Selatan, serta aset properti seperti hotel, apartemen, hingga lapangan golf.

 

3. Dikenal Sebagai Orang yang Blak-blakan

Suami dari Kim Kiyosaki ini dicap sebagai seseorang yang berani dalam menyampaikan sesuatu. Ia selalu tegas, lantang, bahkan tak kenal rasa hormat ketika meluruskan poin-poinnya tentang pendidikan keuangan.

Ia disebut sebagai sosok yang mengantarkan seseorang menuju kemerdekaan finansial melalui pengalaman pribadinya. Orang yang pernah mengahadiri seminarnya kerap berkata bahwa Kiyosaki mampu menjelaskan masalah keuangan rumit menjadi sangat simpel.

Hal ini karena Kiyosaki berbicara berdasarkan latar belakang target. Menjadi seperti dirinya saat ini tidaklah mudah. Ia sempat menuai kritik pedas ketika mengenalkan prinsip bahwa “orang kaya bekerja tidak untuk uang, rumah anda bukanlah aset, penabung adalah pecundang banyak”.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

4. Membentuk Kuadran Keuangan

Tanpa takut dengan pandangan negatif umum, Robert Kiyosaki mematahkan pandangan sekolah untuk mendapatkan pekerjaan. Pasalnya, pikiran seperti ini hanya menggiring anak-anak menjadi pekerja di suatu tempat.

Ia akhirnya mengajarkan edukasi keuangan kepada publik. Ilmu yang diajarkannya pun bukan sembarangan, justru ia menyebarkan hal-hal tentang pengelolaan keuangan yang tidak diajarkan di sekolah.

Untuk membantu mendukung gagasannya, Kiyosaki menciptakan kuadran cash flow. Kuadran ini dapat membantu orang untuk mengidentifikasi masalah keuangan melalui proses analisis antara pendapatan dan liabilitas.

Arus keuangan yang buruk menjadi akar dari masalah mengapa seseorang sulit pindah menjadi kelas ekonomi yang lebih tinggi, seperti yang terjadi pada kelas menengah yang sulit naik ke kelas atas.

Baca Juga  6 Aplikasi Mentor Bisnis Online Terbaik dan Terpercaya

 

5. Menginspirasi Munculnya Profesi Baru di Indonesia

Melalui pemikiran-pemikirannya yang tidak biasa, Robert Kiyosaki berhasil menginspirasi publik dari mancanegara. Pola pikir yang fantastis dan paham bagaimana cara keluar dari rat race adalah sesuatu yang baru pada masanya.

Apalagi melihat keinginan masyarakat kalau banyak yang ingin menjadi jutawan, bahkan milioner. Tidak hanya dalam hal keuangan, ia juga mendorong munculnya profesi baru di Indonesia, yaitu motivator.

Kini, sudah banyak masyarakat Indonesia yang berprofesi sebagai motivator sepertinya, sama-sama menjelaskan tentang ilmu keuangan yang sebenarnya dan tips-tips sukses mencari uang selain menjadi pegawai.

Bisnis Robert Kiyosaki

Dilihat dari perjalanan hidupnya di atas, sampai di sini sudah tahu bahwa Kiyosaki tak gentar ketika berhubungan dengan pendirian bisnis. Saat ini, ia fokus mengembangkan perusahaannya yang telah mapan, apalagi kalau bukan Rich Dad LLC. 

Ada juga bisnis Rich Dad Education and Rich Dad Academy, Whitney Information Network dan lainnya. Ia juga bekerja sama dengan perusahaan lain sebagai bagian dari cara ternak uangnya. Kiyosaki membedakan istilah aset dan liabilitas. Menurutnya aset berarti uang yang disimpan pada saku. 

Ia juga menganjurkan untuk mulai membangun aset untuk memenuhi kebutuhan liabilitas. Hal ini lebih baik daripada menabung atau hanya mengandalkan pendapatan utama. Selain bertaruh dalam bisnis perusahaan, Kiyosaki juga melek investasi. 

Dalam menjemput kemerdekaan finansialnya, ia berinvestasi di saham, komoditas, properti, dan lain sebagainya. Tujuannya melakukan diversifikasi adalah supaya keuntungannya dari investasi dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara penuh nantinya.

Robert Kiyosaki merupakan sosok inspiratif yang membuka literasi finansial kepada masyarakat. Gagasannya berhasil mengubah pola pikir lama dan mengajarkan hal baru dalam mencari uang. Untuk yang mau mempelajari lebih dalam tentang properti dan investasi, kunjungi pipohargiyanto.com.

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: