6 Aplikasi Mentor Bisnis Online Terbaik dan Terpercaya

Belajar dari orang yang sudah terbukti sukses merupakan salah satu cara paling tepat untuk meraih kesuksesan lebih cepat. Seseorang yang baru membuka bisnis biasanya akan cari mentor bisnis online untuk berbagi pengalaman sekaligus memberikan bimbingan.

Namun yang menjadi masalah bagi pebisnis adalah sulit sekali untuk mendapatkan mentor karena jaringan mereka masih terbatas. Untungnya, kini sudah ada aplikasi untuk menghubungkan mentor bisnis dengan pebisnis. Penasaran? Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Mentor Bisnis dan Tujuannya

Sebelum membahas aplikasi mentor bisnis online, sebaiknya ketahui terlebih dahulu pengertian dari mentor bisnis dan juga tujuannya. Mentor adalah seseorang yang memiliki peran sebagai konselor atau guru yang bisa dipercaya untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mentee.

Mentor sekarang ini tidak harus berasal dari seseorang yang menempuh pendidikan tinggi ataupun kalangan profesor perguruan tinggi. Mentor berkualitas merupakan seseorang yang mempunyai pengalaman hidup yang tertentu untuk membantu pebisnis dalam mengembangkan bisnis atau usaha.

Selain itu, mentor juga dapat diartikan sebagai sosok yang sudah lama menggeluti sebuah bidang tertentu, dan berhasil mendapat kesuksesan dari segala aktivitas yang ada dalam bidang tersebut. Namun meski demikian, pengalaman yang dimiliki oleh seorang mentor cukup terbatas.

Untuk menjadi mentor yang efektif tentu harus bisa diandalkan oleh mentee, tulus dan yang pasti sesuai dengan berbagai persyaratan dari mentee. Mentor juga selalu wajib untuk memberikan arahan yang meliputi serangkaian pencapaian usaha sampai bisa berhasil dalam meraih kesuksesan.

Sebenarnya ada banyak sekali tujuan mentor bisnis online yang lainnya baik dalam karir bisnis. Adapun berbagai tujuan dari seorang mentor adalah sebagai berikut:

  • Memberikan navigator yang cukup penting bagi entrepreneur pemula dalam memahami rute yang paling tepat. Sehingga bisa mencapai tujuan ketika dalam perjalanan karir bisnis.
  • Memberikan pandangan yang baru untuk pebisnis tanpa harus memihak, sehingga berbeda jauh dengan coach.
  • Menetapkan tujuan yang ingin diraih serta memberikan berbagai evaluasi demi perkembangan bisnis.
  • Membantu berbagai macam persoalan investasi. Caranya dengan mengambil tindakan yang positif serta memahami potensi yang tepat mengenai ide bisnis.
  • Membantu agar menjadi seorang pebisnis yang bisa bekerja secara cerdas, dapat memberikan saran terbaik dengan mengkombinasikan antara pengalaman yang sudah terjadi dengan pemikiran baru.
Baca Juga  10 Ide Jualan Online Paling Menguntungkan dan Trik Menjalankannya

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

 

6 Aplikasi Mentor Bisnis Online

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa aplikasi untuk mencari mentor bisnis online terbaik. Setiap aplikasi yang ada tentu masing-masing memiliki perbedaan dan kelebihan tersendiri. Berikut ini kami akan bagikan rekomendasi 6 aplikasi yang bisa digunakan:

  • Find A Mentor

Aplikasi pertama untuk menghubungkan pelaku bisnis dengan mentor adalah Find A mentor. Aplikasi ini digunakan dengan tujuan utama untuk mempromosikan pendidikan lebih lanjut.

Dalam aplikasi mentor Find A Mentor setidaknya ada sekitar 1500 kategori yang bisa ditemui, yaitu kategori kepemimpinan, karir, sukses, mentoring dalam basis komunikasi, dan lain sebagainya.

  • Score

Score adalah aplikasi yang dibuat secara khusus untuk membantu bisnis atau usaha kecil. Aplikasi score menyiapkan beberapa alat penting seperti worksheet, template dokumen, dan lainnya.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat, salah satunya yaitu jaringan mentor sukarelanya yang bisa membawa banyak sukarelawan yang berkualitas. Ini karena didukung oleh sebuah organisasi yang bernama Small Business Administration atau yang biasa disebut dengan SBA.

Baca Juga  Konsep Minimarket Rumahan Modal Kecil Untung Berlimpah!

Untuk mentor dalam aplikasi ini tersedia dalam sekitar 62 industri yang berbeda sehingga pelaku bisnis dijamin bisa mendapatkan partner mentor yang sesuai sehingga kesuksesan bisa diraih dengan cepat.

  • Chronus

Chronus merupakan aplikasi mentoring online yang berguna untuk membantu mentee dan organisasi dalam masalah pembangunan, implementasi hingga menyusun program mentoring yang modern. Modul yang disediakan juga bisa membantu karena mempunyai tujuan dan nilai dari penggunanya.

Aplikasi ini bisa diunduh dengan mudah melalui komputer ataupun smartphone. Manfaat aplikasi ini adalah untuk membantu organisasi membuat implementasi dan menyusun program mentoring secara lebih efektif. Dengan begitu, pembelajaran bisa menjadi lebih cepat dan mudah diingat oleh karyawan.

Jika untuk karyawan atau anggota, aplikasi ini berguna untuk perkembangan karir dan memberikan arahan untuk pertumbuhan mereka sekaligus mendapat nilai yang terbaik dari dirinya.

Dengan aplikasi ini, mentee bisa mengatur program mentoring untuk karyawan dengan modul yang diinginkan serta kebutuhan khusus yang lainnya.

Selain itu, Chronus juga memiliki kelebihan yang dapat mencari mentor bisnis melalui menu MatchIQ functionality sehingga bisa membantu untuk menghubungkan antara mentor dan pemilik bisnis secara cepat.

  • Mentorcity

Aplikasi mencari mentor dengan basis cloud server atau penyimpanan online ini memiliki mentor khusus untuk pebisnis dan organisasi nonprofit. Pelayanan yang diberikan termasuk pendaftaran online secara gratis untuk mentor yang berminat mencari pebisnis baru yang ingin dibantu.

Bukan hanya mentor saja, pemilik bisnis juga bisa mendaftar secara gratis untuk mendapatkan mentor yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan mereka. Nilai plus dari aplikasi Mentorcity yaitu kecocokan yang ditentukan sesuai kemampuan, industry, pengalaman, kerja, gender, bahasa dan lokasi.

Kelebihan ini tentu bisa membuat pemilik bisnis atau mentee bisa lebih akurat untuk menemukan mentor bisnis online yang diinginkan.

Baca Juga  Contoh Bisnis Plan, Tujuan dan Cara Membuat Bisnis Plan Lengkap

  • Globalexpert

Globalexpert bisa membantu para pemilik bisnis untuk menemukan mentor bisnis yang sudah terjamin kualitas dan kemampuannya. Hal ini dipilih berdasarkan pengalaman mereka saat memimpin berbagai perusahaan.

Ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan oleh aplikasi mentor bisnis online terbaik ini. Salah satunya bisa mendapat mentor yang cocok untuk industri, tipe bisnis, dan jangkauan. Selain itu, pemilik bisnis juga bisa mengatur jadwal mentoring dengan mentor bisnis.

Bahkan juga bisa mengecek kembali histori dari sesi mentoring dengan tujuan dapat mengetahui progress dari perkembangan bisnis yang dijalankan. Kelebihan lainnya, mentee bisa melihat bagaimana profil dari mentor bisnis yang ingin diajak kerjasama serta menyelidiki track record mereka.

Hal tersebut tentu sangat penting dilakukan supaya bisa mendapatkan hasil yang efektif dan sesuai tujuan. Aplikasi ini cocok untuk pebisnis yang memiliki jadwal padat dan terkendala dalam mobilitas menuju tempat mentor.

Pebisnis cukup melakukan pendaftaran dan untuk proses booking, jadwal mentor, dan semuanya sudah tercantum secara jelas dalam aplikasi ini.

  • Micro Mentor

Micro Mentor adalah aplikasi dari Bank Commonwealth dan Mastercard yang bergabung dengan Mercy Corps Indonesia. Penggunaannya khusus untuk membantu pebisnis perempuan yang bergelut dalam bidang bisnis mikro untuk mengembangkan bisnisnya.

Mentee akan diberikan pengetahuan cukup luas untuk bisa dibimbing hingga bisa menjadi seorang pengusaha yang berhasil dalam bisnisnya. Pengusaha perempuan yang ingin melakukan pendaftaran bisa langsung mendownload aplikasinya untuk mendapatkan mentor spesifik sesuai kebutuhan.

Dari beberapa aplikasi di atas, bisa pilih satu aplikasi mentor bisnis online mana yang paling sesuai sehingga bisa mencapai tujuan bisnis. Jika ingin belajar seputar bisnis seperti properti bisa kunjungi website pipohargiyanto.com. Semua anggota akan diajari dan dibimbing sampai bisa sukses.

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: