17 Jenis-jenis Usaha Menguntungkan dan Laris Lengkap Beserta Contohnya

Terkadang muncul rasa ragu saat ingin memulai usaha. Entah karena faktor ide yang dirasa kurang menarik atau justru bingung mau usaha apa. Untuk menemukan ide usaha yang tepat, pastikan pahami dulu jenis-jenis usaha di bawah ini.

Mengenal Jenis-jenis Usaha

Pada umumnya, usaha dikelompokkan berdasarkan kesamaan produk atau jasa yang dijual. Seperti usaha perdagangan atau retail, pertanian, peternakan, jasa dan lain sebagainya. Mari awali pembahasan dengan mengenali jenis-jenis usaha di bawah ini:

  • Industri Ringan 

Disebut sebagai industri ringan karena memang tidak memerlukan banyak tenaga kerja. Jumlah tenaga kerja paling banyak hanya sekitar 20 orang saja. Otomatis pemilik usaha tidak terlalu menghabiskan modal dan keuntungan untuk membayar tenaga kerja.

Industri ringan biasanya bergerak di bidang penjualan produk atau pelayanan jasa. Dalam pelaksanaannya, industri ringan menggunakan manajemen dagang dan jasa guna meningkatkan penjualan. 

Dengan kata lain, industri ringan lebih kompleks ketimbang jenis usaha lain di pembahasan ini. Untuk memulai industri ringan juga tidak dibutuhkan modal yang besar. 

Bahkan pemilik usaha juga dapat menggunakan kapabilitasnya sebagai pilihan jasa yang ditawarkan. Industri ringan dikatakan potensial dan menjanjikan di masa mendatang. 

 

  • Usaha Jasa

Jenis-jenis usaha selanjutnya adalah usaha jasa. Kategori usaha potensial ini dapat dilakukan perseorangan. Dikatakan potensial karena memang sifatnya fleksibel, tidak membutuhkan modal banyak, serta tingginya permintaan masyarakat.

Layanan jasa dapat bersumber dari kapabilitas pemilik terhadap suatu hal. Contoh usaha jasa diantaranya jasa pembuatan website, desainer website, fotografer, videographer, les privat, penulis lepas, salon, penerjemah, jasa transkrip, edit foto, catering dan lain sebagainya.

Banyak sekali prospek usaha jasa yang ada. Bahkan beberapa prospek usaha jasa dapat dilakukan secara daring sepenuhnya.

Baca Juga  Airy Tutup, Apa yang Harus Dilakukan?

 

  • Usaha Perdagangan

Usaha perdagangan merupakan kategori usaha yang paling umum. Akibatnya persaingan sangat kompetitif, karenanya perlu strategi kreatif agar tidak kalah saing. Keuntungan potensial dari usaha perdagangan cukup menjanjikan.

Contoh usaha perdagangan di antaranya retail pakaian, penjual bahan makanan, kerajinan tangan, produk rumah tangga, kecantikan, aksesori dan masih banyak lagi.

 

  • Usaha Pertanian

Untuk jenis usaha ini tidak bisa dilakukan semua orang, karena membutuhkan keahlian khusus, misalnya bertani, berkebun atau kemampuan sejenisnya. Pada dasarnya usaha pertanian banyak dilakukan di pedesaan. 

Tetapi seiring perkembangan zaman, mulai banyak generasi milenial yang mengembangkan usaha pertanian di kota. Contoh usaha pertanian meliputi usaha hortikultura, terarium dan hidroponik.

 

Contoh-contoh Usaha Perorangan

Berdasarkan jenis-jenis usaha di atas, terdapat sejumlah contoh usaha perorangan yang dapat digunakan sebagai inspirasi ide usaha. Berikut di antaranya:

1. Salon Kecantikan

Permintaan akan perawatan kecantikan memang tidak ada habisnya. Bagi yang mempunyai keahlian mumpuni di bidang kecantikan, usaha salon kecantikan cocok sekali untuk dijadikan ide usaha.

Di samping menghasilkan omset, usaha kecantikan juga memberi manfaat kepada pelanggan. Pelanggan merasa cantik dan lebih percaya diri setelah menggunakan jasa kecantikan.

2. Makeup Artist

Selain salon kecantikan, usaha yang masih berkutat di bidang kecantikan adalah makeup artist. Meskipun makeup terkadang dianggap sepele, aplikasi makeup ternyata membutuhkan keahlian khusus. 

Di samping itu, riasan wajah kini tidak hanya untuk mempercantik wajah saja. Seseorang dapat dibuat agar terlihat seperti karakter kartun atau film hanya dengan makeup saja. Tak heran kalau kini tata rias dikatakan sebagai seni.

3. Event Organizer (EO)

Event organizer adalah usaha yang sangat cocok bagi orang-orang kreatif dan menyukai hal-hal baru. Pasalnya pekerjaan seorang EO meliputi penataan dan dekorasi ruangan hingga teknis penyelenggaraan acara.

Biasanya EO banyak dicari untuk persiapan acara pernikahan, konser musik, pentas seni, dan lain sebagainya. Dalam satu kali proyek, EO mendapatkan bayaran yang menggiurkan.

Baca Juga  Pembiayaan Adalah : Jenis & Cara Pembiayaannya (Lengkap!)

4. Les Privat

Mulai dari TK, SD, SMP dan SMA pasti ada saja murid yang mengikuti les. Karena itu peluang les privat sangat bagus, apalagi peminatnya tidak pernah surut. 

5. Jual–Beli Kendaraan Bekas

Jual-beli kendaraan bekas di sini bukan berarti harus benar-benar mempunyai stok kendaraan bekas. Melainkan hanya berperan sebagai perantara. Banyak calon pembeli yang mencari kendaraan bekas.

Nah, tugas perantara adalah menghubungkan calon pembeli dengan penjual kendaraan bekas. Nantinya perantara akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan. 

6. Laundry

Setiap orang pasti harus mencuci bajunya. Namun bagi beberapa orang yang tidak mempunyai waktu untuk mencuci baju akan mencari laundry. Peluang sukses laundry dipengaruhi oleh lokasinya. Biasanya laundry lebih cocok berada di dekat kampus atau perkantoran.

Keuntungan menjalankan usaha laundry adalah prosesnya yang mudah tanpa harus mempunyai kemampuan khusus. 

Namun persaingan yang tinggi mengharuskan pemilik laundry untuk berpikir cerdik agar memenangkan pasar. Misalnya dengan menyediakan fasilitas yang lengkap dan tarif murah.

 

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

 

7. Katering Rumahan

Banyak yang mengatakan kalau hobi dapat dijadikan sumber pendapatan. Benar sekali, misalnya saja hobi memasak. Katering rumahan adalah langkah awal yang baik bila ingin memulai bisnis katering.

Gunakan media sosial untuk mempromosikan jasa yang ditawarkan. Bisa juga dengan menawarkan jasa katering ke kantor, rumah tangga maupun sekolah. Baru lakukan kerja sama dengan event organizer bila kemampuan produksi makanan sudah mumpuni.

8. Pet Shop

Pet shop memang kurang diminati oleh pengusaha. Padahal, kalau toko sudah ramai dan banyak dikenal orang, keuntungannya tidak kalah menjanjikan dengan usaha lainnya. 

Salah satu upaya untuk mengembangkan pet shop adalah dengan menawarkan fasilitas dan produk yang lengkap, misalnya menjual makanan, mainan, dan perlengkapan hewan peliharaan.

9. Apotek

Kesehatan adalah aspek penting dalam kehidupan manusia. Apabila di suatu kota atau daerah belum ada apotek, maka bangunlah apotek di tempat tersebut. Tujuannya agar peluang sukses lebih tinggi. Pastikan variasi obat-obatan yang disediakan lengkap. 

Baca Juga  7 Strategi Sukses Membangun Bisnis Kontrakan Bagi Pemula

10. Dropshipper

Bagi yang ingin memulai bisnis dengan modal sedikit, cobalah usaha dropship. Cara memulainya dengan mendaftar ke program-program dropship.

Pelaku bisnis dropship tidak perlu menyediakan gudang untuk menyimpan stok atau mengatur pengiriman. Pasalnya tugas dropshipper hanya menawarkan produk ke masyarakat.

Sedangkan urusan produksi dan pengiriman barang sudah menjadi tanggung jawab produsen atau vendor yang bersangkutan.

11. Jasa Cuci Mobil atau Motor

Jasa cuci mobil atau motor banyak diburu di perkotaan. Apalagi jumlah pemilik kendaraan bermotor terus bertambah. Fakta tersebut membuat usaha jasa cuci mobil atau motor cukup menjanjikan.

Disarankan untuk menyediakan fasilitas seperti tempat makan agar pelanggan yang datang tidak bosan saat menunggu kendaraannya dicuci. 

12. Makelar Properti

Siapa bilang usaha di bidang properti itu harus mengeluarkan modal yang besar. Makelar properti adalah perantara yang menjembatani penjual properti dengan calon pembeli. Komisi yang diberikan untuk tiap hasil penjualan itu tidak tanggung-tanggung.

Tak apa bisnis properti sebagai makelar, nantinya komisi yang dihasilkan ditabung untuk membeli properti. Lalu jual properti tersebut dengan harga yang lebih tinggi. Yang pasti, usaha di bidang properti ini sangat potensial.

13. Warung Kopi 

Warung kopi adalah tempat yang banyak dikunjungi oleh penikmat kopi. Tidak hanya penikmat kopi saja, biasanya warung kopi dijadikan tempat nongkrong generasi muda. Bangun warung kopi di tempat yang ramai, seperti dekat pertokoan, kampus, atau pusat hiburan.

Persaingan warung kopi sangat ketat, agar dapat memenangkan pasar, pasang tarif yang murah namun tetap menguntungkan.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak jenis-jenis usaha lain yang tak kalah menjanjikan. Sebagus apapun ide usaha tersebut, bila tidak direalisasikan maka akan sia-sia. 

 

Atau mungkin lebih tergiur dengan bisnis investasi? Menjadi seorang investor tidaklah mudah. Jika ingin tahu lebih lanjut tentang ilmu investasi, silakan datangi pipohargiyanto.com.

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: