Bisnis Properti untuk Mahasiswa yang Efektif Menguntungkan dan Menjanjikan

Bisnis properti untuk mahasiswa dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik bagi mahasiswa yang ingin menghasilkan income tambahan tanpa mengganggu waktu belajar. Apalagi, bisnis properti tidak membutuhkan modal besar sehingga bisa dilakukan oleh mahasiswa dari berbagai kalangan.

Selain itu, bisnis di bidang properti juga bersifat universal karena mudah dijalankan dan waktu kerjanya sangat fleksibel. Jadi, saat memiliki waktu luang, maka bisa digunakan untuk mencari properti yang dapat dijual dan disewakan. Tidak heran kalau jenis bisnis ini sangat diminati.

Kelebihan Bisnis Properti untuk Mahasiswa

Ada beberapa kelebihan menjalankan bisnis properti yang membuat bidang usaha ini sangat dilirik oleh para mahasiswa. Lantas, apa saja keuntungan berbisnis properti? Berikut jawabannya!

1. Tidak Membutuhkan Modal

Bisnis properti bisa dijalankan tanpa modal sepeserpun. Oleh karena itulah, bisnis ini sangat cocok dijadikan pilihan, khususnya untuk mahasiswa yang memiliki masalah keuangan terbatas.

2. Mudah Dijalankan

Siapa saja bisa menekuni usaha properti karena mudah dipelajari dan dilakoni. Untuk sukses berbisnis properti, tidak membutuhkan keahlian khusus. Sebab yang terpenting adalah kemauan, ketekunan, serta kerja keras. Lambat laun, usaha pasti akan kelihatan hasilnya.

3. Fleksibel

Fleksibilitas bisnis properti bukan hanya karena dapat mengatur waktu kerja sesuai keinginan. Namun, ada berbagai opsi usaha properti yang dapat dijadikan pilihan mahasiswa, mulai dari sewa ruma kos-kosan dan kontrakan hingga jual beli bangunan lainnya.

Baca Juga  Dimanakah Posisi Anda Pada Cashflow Quadrant?

Pilihan Bisnis Bidang Properti untuk Mahasiswa

Secara umum, terdapat beberapa pilihan usaha properti yang bisa dipilih untuk dijalankan oleh mahasiswa. Jadi, dapat mencoba salah atau atau beberapa sekaligus menyesuaikan dengan waktu dan keahliannya. Berikut adalah beberapa jenis bisnis properti yang paling populer saat ini:

1. Makelar Kos atau Kontrakan

Istilah makelar adalah sebagai pihak perantara, yang menjembatani kebutuhan antara penjual (pemilik properti) dan pembeli (calon penyewa), sekaligus mengurus proses persewaan properti.

Salah satu keuntungan berbisnis properti bagi mahasiswa adalah karena mengenal banyak klien potensial. Dengan kata lain, tentu Anda memiliki teman-teman mahasiswa yang merupakan anak rantau, dimana mereka pastinya membutuhkan properti, berupa kamar kos atau rumah kontrakan.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda cukup gencar mencari berbagai informasi seputar kos atau rumah kontrakan kosong yang sedang disewakan. Untuk membahas masalah harga, maka bisa langsung menghubungi pemilik properti untuk negosiasi sebelum memutuskan harga untuk dipasarkan lagi.

2. Menyewakan Properti

Jenis bisnis properti untuk mahasiswa yang dijamin mudah dan menguntungkan lainnya adalah menyewakan bangunan milik pribadi. Terutama jika tinggal di kawasan dekat pusat perkantoran atau perguruan tinggi. Kalau memiliki ruang yang kosong, maka bisa disewakan kepada orang lain.

3. Jual Beli Properti

Apabila memiliki budget modal dalam jumlah cukup besar, maka bisa menjalankan bisnis jual beli properti. Untuk menjalankan model bisnis ini, maka dibutuhkan ketelitian tinggi. Sebab mahasiswa dituntut mampu mencari properti yang prospek dengan harga relatif lebih murah.

Setelah itu, Anda bisa menjual kembali properti tersebut dengan standar harga sesuai market atau pasaran. Kalau lokasi properti yang dipilih benar-benar strategis, maka bisa menunggu beberapa waktu setidaknya satu tahun karena nilai tanah dan bangunan di kawasan strategis akan selalu naik.

4. Mediator Pencari Kontrakan

Di kota-kota besar memang identik dengan pusat pendidikan dan perkantoran yang membuat kebutuhan terhadap kontrakan semakin meningkat pesat. Situasi ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menekuni bisnis sebagai mediator pencarian rumah atau bangunan kontrakan.

Baca Juga  Flipper Properti: Pengertian, Tips dan Strategi Sukses!

Tipe bisnis properti untuk mahasiswa seperti ini dapat dijalankan dengan kondisi finansial pas-pasan karena tidak membutuhkan modal sama sekali. Untuk menjalankan usaha ini, Anda bisa menawarkan diri ke para pemilik rumah kontrakan, bahwa sanggup mencari pengontrak dengan jaminan komisi.

Jadi, jelas kalau tugas mahasiswa adalah mencari klien yang notabene pemilik kontrakan dan calon pengontrak. Supaya hasilnya maksimal, maka bisa memasang iklan di berbagai portal online maupun sosial media. Jika berhasil, tentu bisa dapat komisi yang semakin besar pula.

5. Agen Properti Freelance

Bagi mahasiswa yang memiliki ketertarikan di dunia bisnis properti, maka bisa memulai karir dengan menjadi agen atau broker properti lepas (freelance). Namun, untuk menjadi seorang broker, maka harus mengajukan lamaran kerja ke sebuah perusahaan properti terlebih dahulu.

Untuk setiap unit properti yang berhasil dijual, maka agen akan mendapatkan komisi dalam jumlah persen (%) tertentu. Jadi, cara memprediksi penghasilannya sangat mudah. Semakin banyak properti yang dijual, semakin besar pula komisi yang akan diterima oleh agen properti.

6. Membangun Kompleks Perumahan

Bisnis properti untuk mahasiswa yang dapat dijadikan pertimbangan selanjutnya adalah membangun kompleks perumahan. Akan tetapi, untuk menjadi seorang developer tentu membutuhkan anggaran besar. Namun, modal tersebut sesuai dengan untung yang akan diperoleh.

 

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

 

Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Properti untuk Pemula

Anda adalah seorang mahasiswa yang tertarik menggeluti usaha properti namun belum paham mengenai bagaimana caranya? Di bawah ini adalah kiat menjadi pebisnis properti sukses yang dapat dijadikan sebagai panduan:

1. Jadikan Properti Pribadi Sebagai Modal

Jika kamu mempunyai hunian di area strategis, misalnya di kawasan kampus, maka bisa menjadikan properti yang dimiliki sebagai modal. Anda bisa memulai bisnis, seperti menyewakan kamar kos, mengubah garasi menjadi toko atau ruko yang kemudian disewakan untuk usaha, dan sebagainya.

Baca Juga  Franchise Warteg: Pengertian, Proses, Modalnya (Lengkap!)

2. Investasi Properti

Sebagai mahasiswa yang memiliki wawasan maju, Anda bisa berbisnis properti dengan cara lebih kreatif. Salah satunya adalah dengan ikut investasi properti melalui berbagai platform khusus. Sistem yang ditawarkan hampir sama dengan membeli saham konvensional, yaitu dengan untung persenan.

3. Mempelajari Strategi Pemasaran Properti

Di dunia bisnis properti, strategi pemasaran mempunyai peran sangat penting dalam keberhasilan usaha yang dijalankan. Ada banyak cara belajar marketing strategy yang dapat dipilih oleh mahasiswa, baik itu melalui buku-buku maupun ikut workshop atau training online.

Salah satu event workshop online yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda adalah mendaftar di program PIPO SYSTEM MASTERY. Dalam acara tersebut, Anda akan diajak menyelami pola pikir terbaru tentang investasi properti, termasuk cara memilih properti dan strategi pemasarannya.

4. Pandai Memanfaatkan Peluang

Untuk sukses di bidang bisnis properti, mahasiswa harus pandai dalam memanfaatkan setiap peluang yang ada. Termasuk jeli dalam mencari properti yang potensial untuk dipasarkan, menawarkan tarif kepada klien pemilik properti, hingga mengambil hati pencari properti.

5. Tekad dan Nekad

Selain tekad atau kemauan keras, jika ingin berhasil dalam usaha properti, mahasiswa juga harus nekad dan pantang menyerah saat menjalankan bisnis ini. Bagaimanapun, menjalankan usaha membutuhkan kesabaran ekstra, dan sudah pasti akan membutuhkan proses yang tidak mudah.

6. Memiliki Skill Komunikasi yang Baik

Kemampuan berkomunikasi memang sangat penting untuk dimiliki oleh mahasiswa yang ingin terjun ke bisnis properti. Pasalnya, Anda harus mampu meyakinkan calon pembeli atau penyewa untuk memilih bangunan yang ditawarkan.

Setelah mengetahui apa saja keuntungan bisnis properti untuk mahasiswa, niat untuk mulai menjalankan usaha properti pasti semakin menggebu, bukan? Kalau Anda ingin sukses berbisnis properti, maka bisa belajar langsung pada ahlinya melalui situs https://www.pipohargiyanto.com/.

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: