5 Rekomendasi Saham Properti Terbaik dan Menguntungkan di Indonesia

Bisnis di bidang saham properti memang semakin dilirik dewasa ini. Mengingat kebutuhan akan hunian semakin tinggi, dan harga properti juga meningkat drastis. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika memiliki rencana untuk terjun ke bisnis di bidang properti untuk investasi jangka panjang.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa bisnis jangka menengah dan panjang tidak hanya tergantung pada sektor saja, namun juga beberapa faktor fundamental lain yang dimiliki oleh bisnis tersebut. Karenanya, pebisnis cerdas dituntut bisa mengalokasikan dana investasi dengan baik.

5 Pilihan Saham Properti Terbaik

Tertarik untuk membeli saham investasi di bidang properti? Jangan asal pilih, di bawah ini adalah lima rekomendasi perusahaan properti terbaik yang wajib dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

1. PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)

Kawasan perumahan dan hunian paling terencana di tanah air yang lebih dikenal dengan sebutan BSD ini merupakan kota satelit. Tersedia berbagai macam fasilitas di kawasan ini, mulai dari perkantoran, industri, perdagangan, dan bahkan juga tempat wisata.

Dengan berbagai keunggulan dan daya tarik yang ditawarkan tersebut, tentunya PT Bumi Serpong Damai sangat cocok dijadikan alternatif pilihan investasi saham properti.

Berdasarkan pembaruan terakhir, PT Bumi Serpong Damai dibuka pada angka Rp. 999 dengan penawaran Rp. 1.000. Sementara itu, nilai transaksinya mencapai Rp. 35 Miliar.

Apabila tertarik untuk membeli unit apartemen di komplek BSD, salah satu apartemen yang bisa dijadikan pilihan adalah Upper West, dengan harga mulai Rp. 1,4 Miliar. Berada di lokasi sangat strategis, properti di kawasan ini mengalami kenaikan nilai signifikan secara berkala.

Baca Juga  Metode Penilaian Investasi : Jenis dan Contohnya (Lengkap!)

2. PT Pakuwon Jati Tbk (PWON)

Siapa yang tidak mengenal raja mal di Indonesia ini? PT Pakuwon Jati Tbk mempunya kode saham PWON. Selain mengembangkan bisnis di bidang pembangunan mal, faktanya perusahaan proteri ini juga telah banyak membangun perumahan dan real estate.

Berdiri sejak tahun 1982 silam, perusahaan yang berpusat di Kota Pahlawan, Surabaya ini telah berpengalaman menangani berbagai pengerjaan, seperti perkantoran, apartemen, perumahan, hotel, kawasan superblock, dan lain sebagainya.

Dilansir dari data terakhir, saat ini saham properti PWON mempunyai nilai transaksi sekitar Rp. 13.009.075.200 dengan offer Rp. 464 serta harga paling rendah Rp. 458.

Terbaru, harga PWON berada di angka Rp. 555 per lembar saham, dengan kapitalisasi market R. 26.487.781. Bahkan, meskipun sedang pandemi, PWON tetap mendapatkan pemasukan tinggi. Karena itulah, cocok dijadikan pilihan investasi saham sektor properti.

Lebih dari itu, PT Pakuwon Jati Tbk terus melebarkan sayap bisnisnya melakukan pembangunan di berbagai kota besar, seperti Surabaya, Jakarta, dan Bekasi. Salah satu proyek terbarunya adalah membangun apartemen Pakuwon Residence Bekasi.

Satu unit apartemen dibanderol dengan harga mulai Rp. 675.000.000. Tentu harga tersebut sangat worth it mengingat apartemen mengusung konsep mega superblock super mewah, dan tentunya mempunyai prospek sangat menjanjikan untuk dijadikan sebagai investasi.

 

3. PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN)

Saham properti PT Agung Podomoro Land Tbk dibuka dengan harga mulai Rp. 117 per lembar. Seperti telah diketahui, bahwa perusahaan properti ini telah banyak melakukan pembangunan hunian di kawasan Jabodetabek maupun daerah lain di tanah air.

Agung Podomoro Group merupakan salah satu pelopor gagasan menciptakan pemukiman dengan konsep terintegrasi super lengkap. Seiring dengan berjalannya waktu, APLN terus melebarkan sayap di bidang pembangunan mall, superblock, dan juga kawasan industri.

Baca Juga  11 Cara Investasi Emas Bagi Pemula Agar Untung!

Sepak terjang PT Agung Podomoro Land Tbk dalam bidang pembangunan properti memang tidak perlu diragukan lagi. Oleh sebab itulah, sangat recommended untuk dijadikan pilihan investasi saham. Apalagi, setiap unit properti yang ditawarkan sangat prospek untuk bisnis.

Bagi yang kebetulan sedang mencari hunian di Kota Hujan, Bogor, maka Podomoro River View dari Agung Podomoro Group bisa menjadi pilihan terbaik. Apalagi, harga yang ditawarkan cukup kompetitif, yaitu mulai Rp. 980.000.000 per unit.

 

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

 

4. PT Ciputra Development (CTRA)

Perusahaan properti terkemuka Indonesia PT Ciputra Development, atau yang lebih dikenal dengan nama Citra Group ini juga wajib masuk dalam daftar saham properti terbaik untuk dijadikan pilihan investasi. CTRA sendiri sudah beroperasi sejak tahun 1981.

Hingga tahun 2016, pendapatan yang berhasil dicapai Ciputra Group mencapai angka Rp. 6,7 Triliun dengan keuntungan (laba bersih) Rp. 1,1 Triliun.

Sementara itu, saham properti CTRA ditawarkan seharga Rp. 880 dengan penutupan di angka Rp. 875 per lembar. Untuk harga emiten saham dari PT Ciputra Development berada di level Rp. 1.105 per lembar.

Meskipun lebih terkenal dengan pembangunan residensial, akan tetapi Ciputra Group telah mengembangkan bisnis ke bidang properti serta komersial lain, termasuk pusat perbelanjaan, apartemen, hotel, hingga lapangan golf.

Salah satu referensi hunian dari Ciputra Group yang bisa menjadi referensi investasi adalah Green Land Residence di Surabaya dan East Coast Mansion di Surabaya yang dijual dengan harga mulai Rp. 500.000.000.

Sementara itu, bagi yang mendambakan hunian potensial di luar Pulau Jawa, misalnya ingin membeli rumah di sekitar Bandar Lampung, maka bisa memilih CitraLand Bandar Lampung. Harga perumahan tipe Andorra dibanderol dengan harga bersahabat, mulai Rp. 1,483 Miliar.

Baca Juga  7 Investasi Return Tinggi di Tahun 2022

Kawasan seluas 50 hektar ini hadir dengan penawaran fasilitas lengkap, seperti club house, kolam renanng, pusat kebugaran, tourism spot (Little Tokyo), pusat kuliner, restoran, dan kafe. Apalagi, kawasan hunian modern ini juga memiliki letak yang sangat strategis.

5. PT Summarecon Agung Tbk (SMRA)

Perusahaan properti terbaik selanjutnya adalah PT Summarecon Agung Tbk, dengan kode emiten SMRA. Telah beroperasi sejak tahun 1976 dan IPO di tahun 1990, PT Summarecon Agung cocok dijadikan pilihan saham properti karena memiliki pendapatan stabil.

Harga saham emiten SMRA saat ini ada pada angka Rp. 975 per lembar, dan kapitalisasi senilai Rp. 13.705.443. Karena PT Summarecon Agung mempunyai income berulang, maka investor tidak perlu merasa khawatir kalau penjualan mengalami penurunan.

Pasalnya, para investor akan tetap mendapatkan income yang dapat menutupinya. Jadi, dijamin tidak akan mengalami kerugian meskipun sedang dalam masa sulit.

Summarecon Agung adalah salah satu pengembang pioner di kawasan Kelapa Gading. Namun, hingga sekarang telah berkembang menjangkau beberapa wilayah lain, seperti Kelapa Dua, Serpong, dan Tangerang dengan proyek Summarecon Serpong.

Jika mendambakan tempat tinggal yang prospek di Kota Kembang, Bandung, maka bisa membeli salah satu unit perumahan (landed house), seperti Btari Residence dan Amanda Residence. Apalagi, harga yang ditawarkan juga terbilang budget friendly.

Menariknya, emiten properti dari PT Summarecon Agung Tbk menerapkan kebijakan uang muka (DP) 0% dengan harga unit rumah di rentang Rp. 1.5 Miliar – 2 Miliar.

Tertarik untuk berinvestasi properti, namun masih bingung karena belum memiliki pengalaman di bidang investasi atau membeli saham properti? Jangan khawatir, sekarang siapa saja bisa belajar seputar investasi properti dengan lebih mudah dan dan praktis di https://www.pipohargiyanto.com/.

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: