Contoh Proposal Usaha Lengkap Beserta Cara Membuatnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Salah satu cara paling umum yang dilakukan pebisnis untuk mendapatkan suntikan dana bagi perusahaan adalah mengajukan proposal usaha kepada investor potensial. Akan tetapi, meyakinkan investor agar mau menanamkan modal tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Oleh karena itulah, pebisnis tidak bisa sembarangan dalam membuat proposal pengajuan. Selain menyuguhkan data akurat mengenai usaha yang dijalankan, proposal juga harus memiliki muatan menarik. Hal ini penting supaya pemilik modal tertarik untuk memberikan sejumlah dana.

Apa Itu Proposal Usaha?

Proposal bisnis merupakan dokumen tertulis dan umumnya dibuat oleh wirausaha atau pengusaha. Di dalam proposal berisi gambaran mengenai seluruh rencana usaha yang ingin didirikan, mulai dari berbagai macam komponen tentang usaha yang bersifat internal maupun eksternal.

Proposal biasanya dibuat dengan tujuan diberikan kepada calon pemodal atau investor. Oleh sebab itulah, proposal harus ditulis realistis supaya investor tidak merasa ragu untuk accept proposal yang diajukan. Selain itu, proposal tidak boleh meniru atau menyalin dari proposal lain.

Dalam dokumen usulan bisnis juga tercantum strategi dan target atau sasaran yang ingin dicapai. Strategi usaha ini merupakan rencana tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan.

Kenapa Harus Membuat Proposal Usaha?

Proposisi bisnis berfungsi menjelaskan keuntungan apa yang dapat ditawarkan usaha Anda kepada investor. Ini dilakukan supaya investor tertarik menanamkan modal pada bisnis Anda. Namun, ada beberapa alasan lain kepada pebisnis harus membuat proposal, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Uji Coba Kelayakan Usaha

Usulan bisnis adalah salah satu dokumen penting yang biasa digunakan sebagai penilaian kelayakan usaha, dari segi rencana maupun ide. Melalui proposal, pebisnis dan investor bisa mengetahui apakah  gagasan bisnis layak direalisasikan atau dipertahankan.

Baca Juga  Investasi Franchise Indomaret Biasa Atau Indomaret Point, Mana Lebih Untung?

Bukan hanya itu, proposal juga bisa menjadi cara mengamankan aktivitas bisnis supaya tidak keluar dari jalur rencana yang dibuat. Meskipun begitu, pebisnis juga harus tetap melakukan penyesuaian supaya usaha mampu berkembang dan berjalan maksimal sesuai rencana.

Proposal juga akan membantu dalam melakukan riset terhadap industri yang dijadikan target usaha agar bisa mencari jalan keluar dalam meningkatkan potensi keuntungan lebih optimal.

2. Mengatur dan Mengamankan Pendanaan

Seperti diketahui, bisnis tidak akan bisa berjalan tanpa adanya modal. Jumlah dana yang dibutuhkan umumnya tidak sedikit sedikit pengusaha dituntut memiliki pedoman mengelola serta mengamankan pendanaan usaha. Dalam hal ini, proposal adalah jawabannya.

3. Menyusun Rencana Usaha Secara Efektif Supaya Mudah Dikelola

Proposal dapat dijadikan alat untuk memastikan apakah rencana bisnis bisa berjalan secara efektif dan mudah dikelola. Pasalnya, bukan hanya usaha kelas kakap saja yang membutuhkan suntikan dana, namun umumnya melingkupi semua tipe atau jenis bisnis.

Industri usaha mengalami perubahan dinamis sehingga pebisnis harus perlu melakukan penyesuaian terus-menerus. Proposal ini akan membuat pengusaha lebih mudah meninjau ulang keberhasilan dan pencapaian yang berhasil diraih dalam dekade tertentu.

4. Memaksimalkan Peluang Bisnis

Secara tidak langsung, proposal usaha dapat membantu meningkatkan peluang kesuksesan sebuah usaha. Apalagi, di zaman modern ini persaingan bisnis semakin tinggi. Meskipun begitu, tentu saja ada banyak faktor yang dapat menjamin keberhasilan bisnis yang dirintis.

Faktor keberhasilan tersebut diantaranya adalah, keuletan, kemampuan membaca situasi, dan ketepatan serta kecepatan pebisnis dalam mengambil keputusan. Supaya tidak jauh dari tujuan, proposal dapat dijadikan pondasi agar usaha tetap berada di jalur sesuai rencana.

5. Menarik Minat Investor

Umumnya, pebisnis akan membuat proposisi usaha saat membutuhkan modal tambahan dan proposal digunakan untuk mengajukan bantuan modal kepada investor. Usulan bisnis yang menarik dan mudah dipahami pemodal adalah kunci keberhasilan dalam menarik pemodal.

Baca Juga  Apa Itu Revenue? Rumus Perhitungan serta Tips untuk Meningkatkannya

Panduan Lengkap Membuat Proposal Usaha

Bagi yang berencana membuat usulan usaha untuk menarik investor, di bawah ini adalah panduan lengkap dan praktis membuat proposal (proposisi) usaha yang wajib diketahui:

1. Bab Pendahuluan

Bagian ini menjelaskan tentang latar belakang usaha atau bisnis yang dijalankan. Pada Bab Pendahuluan juga wajib ada visi dan misi perusahaan, dan target atau tujuan yang ingin diraih. Dengan begitu, calon investor bisa mendapatkan informasi bisnis secara gamblang.

2. Profil Usaha

Berisi mengenai sejarah berdirinya bisnis, visi & misi, jumlah pegawai, tingkat pendidikan dan keterampilan pegawai, sistem produksi, dan lain sebagainya. Jika bisnis telah memiliki cabang, maka hal tersebut juga harus dicantumkan untuk menegaskan kredibilitas usaha.

3. Struktur Organisasi Perusahaan

Setiap perusahaan pasti mempunyai struktur organisasi (tim yang ikut serta menjalankan bisnis). Apabila perusahaan menerapkan sistem manajerial dan organisasi, jangan lupa menyebutkan struktur secara menyeluruh. Supaya ringkas, maka bisa dibuat bagan.

4. Produk Bisnis

Tuliskan jenis produk apa yang diproduksi atau dijual perusahaan, baik barang atau jasa. Pastikan menyertakan deskripsi, tanggal pembuatan dan expired, serta keunggulannya.

5. Pangsa Pasar

Dalam proposal usaha, target pasar adalah salah satu unsur paling penting yang ingin diketahui investor. Pangsa pasar untuk produk dapat dikelompokkan berdasarkan usia, pekerjaan, jenis kelamin, dan lain sebagainya.

6. Laporan Keuangan

Membuat alokasi kisaran anggaran yang dibutuhkan. Selain itu, buat juga skema perhitungan laba yang bisa didapatkan, dan jangan lupa jelaskan sistem bagi hasil yang ditawarkan.

7. Penutup

Rangkailah kata-kata yang tepat dan mengandung kekuatan untuk meyakinkan investor supaya mau memberikan modal untuk bisnis. Cantumkan juga ucapan terima kasih.

8. Lampiran

Pemilik usaha perlu melampirkan berbagai keterangan dan dokumen lain, termasuk identitas kepemilikan perusahaan, sertifikat usaha, surat izin usaha, penghargaan usaha, dan lainnya.

Contoh Proposal Usaha Investor

Berikut dibawah ini adalah contoh proposal usaha yang dapat dijadikan bahan referensi:

Nama Perusahaan

PT Bola Dunia

Visi

Memperkenalkan produk bola dari bahan import dengan kualitas tinggi.

Tujuan Utama

Mensosialisasikan produk bola baru kepada masyarakat dalam berbagai macam jenis dan tipe, untuk mendukung permainan bola di Indonesia agar lebih aman dan nyaman.

Latar Belakang

  • Menghadirkan produk bola terbaik
  • Bola di pasaran kurang variatif
  • Penyelenggara turnamen sulit menemukan bola terbaik

Survei Pasar

Analisis Calon Pembeli:

Produk bola dari PT Bola Dunia dibuat dari material terbaik namun harganya sangat kompetitif, sehingga terjangkau untuk semua kalangan. Ada berbagai jenis varian bola yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan budget konsumen.

Peluang Bisnis

Peluang Produk Bola : Tingginya ketertarikan terhadap permainan bola di kalangan masyarakat.

Lokasi Penjualan : Pendistribusian ke berbagai toko olahraga di seluruh Indonesia.

Tren Masyakat

  • Bermain bola
  • Menulis review di berbagai platform dan sosial media
  • Menginformasikan kualitas dan tempat membeli produk

Rumusan Masalah

  • Proses importing bahan baku bola
  • Produksi bola
  • Distribusi bola
  • Sistem produksi
  • Lokasi distribusi

Solusi Permasalahan

  • Bekerjasama dengan pemasok bahan
  • Mencari ekspedisi
  • Mengurus masalah perizinan
  • Memproduksi bola
  • Kerjasama dengan distributor atau toko olahraga

Deskripsi Bisnis

PT Bola Dunia adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi berbagai macam jenis bola dengan bahan import, namun harga ramah di kantong sehingga terjangkau untuk berbagai kalangan.

Harga jual produk mulai Rp. 80.000 per pc untuk jenis bola basket, Rp. 60.000 per pc bola futsal, Rp. 55.000 per pc bola pingpong, Rp. 90.000 per pc bola voli, dan sebagainya.

Keunggulan Produk

  • Terdiri atas berbagai tipe dan varian bola
  • Harga terjangkau
  • Kualits tinggi

Kesimpulan

Bisnis bola bahan import berkualitas tinggi diprediksi bisa memperoleh keuntungan. Mengingat tingginya minat masyarakat Indonesia, terutama generasi muda di bidang olahraga bermain bola.

Ingin tahu cara ampuh mendatangkan investor untuk mengalokasikan sejumlah dana pada perusahaan Anda? Sekarang tidak perlu pusing lagi. Cari tahu bagaimana trik membuat proposal usaha menarik dengan master bisnis profesional di https://www.pipohargiyanto.com/.

Baca Juga  Apa Itu Bisnis Franchise? Simak Penjelasan Lengkapnya Seputar Franchise
Share artikel ini apabila bermanfaat
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan Buku Bisnis Waralaba Indomaret!

Anda bisa dapatkan di: