Menunda Kesenangan Adalah Kunci Sukses

Apakah benar menunda kesenangan jangka pendek untuk kesenangan jangka panjang adalah prinsip dan rahasia besar para orang sukses dan kaya?

Hari ini saya akan cerita tentang pengalaman saya sewaktu pergi ke showroom mobil, dari  pengalaman saya ini, saya jadi punya pendapat bahwa sebaiknya showroom mobil melarang pengunjung membawa kalkulator ke Showroom, loh kenapa? 

Kalau saya jadi pemilik dealer mobil baru, saya akan melarang pengunjung yang datang membawa kalkulator, kenapa? Penyebabnya adalah pengalaman saya saat ke dealer mobil baru beberapa waktu yang lalu.

Mobil yang saya pakai saat ini adalah mobil yang saya beli dari tahun 2011. Mobil itu saya beli waktu berhasil mencapai target 2008 – 2011, yang sudah saya idam-idam kan sejak tahun 2006. Waktu itu, saya membuat target, kalau berhasil punya 8 Properti, saya akan beli mobil baru, mobil yang sekarang saya pakai. 

Baca Juga  Investasi Franchise Indomaret Biasa Atau Indomaret Point, Mana Lebih Untung?

Dan ketika 2011 saya berhasil mencapai impian saya, mempunyai 8 properti. Maka saya membeli mobil baru, baru waktu itu… sekarang 2020, ya sudah 9 tahun. 

Awal 2020, saya ke dealer mobil baru. Berencana beli mobil baru yang lebih besar. Lebih baru daripada mobil sekarang. Saat lihat-lihat mobil, saya dikasih brosur oleh marketingnya. Harga mobil yang saya inginkan, DP 87 juta, cicilan 11 juta. 

Iseng-iseng saya ambil kalkulator. Ternyata kalau uang ini saya investasikan ke minimarket dengan DP 87 juta dan tiap bulan cicilannya 11 juta selama 5 tahun, maka hitungannya jadi begini: 

5 tahun lagi dengan uang segitu, saya akan mengumpulkan uang: Rp. 1.270.921.289,32,- 

Baca Juga  Expense Ratio Adalah : Fungsi dan Cara Hitung Expense Ratio

Dan bila uang itu terus diinvestasikan, maka pada akhir tahun ke 10, akan menjadi Rp. 3.105.140.027,41,- 

Akhir tahun ke 20, menjadi Rp. 18.535.583.287,38,- 

Akhir tahun ke 30, menjadi Rp. 110.644.881.866,- 

Akhirnya saya pulang, tidak jadi beli mobil baru.

Nah teman-teman, ini yang membuat saya berpikir. Kalau saya pemilik dealer mobil baru, saya akan melarang pengunjung membawa kalkulator. Kan saya takut kalau semua pengunjung menghitung begini, saya khawatir pembeli mobil baru jadi sedikit sekali. 

Ngomong-ngomong teman-teman pilih mana?

Mobil baru seharga 500 juta sekarang. Atau uang 1.2M 5 tahun lagi, atau 3.1M 10 tahun lagi, atau 18.5M 20 tahun lagi, atau 110M dalam 30 tahun lagi. Menikmati mobil baru sekarang, atau menunda kesenangan jangka pendek, dan menikmatinya untuk jangka panjang?

Baca Juga  Omzet Turun Tapi Duit Jadi Banyak. Omzet Turun, Tapi Kas Perusahaan Naik, Kok Bisa?

Pesan sponsor: kemampuan menunda menikmati hasil adalah kunci sukses seorang investor. 

BACA JUGA: Membangun Passive Income Dari Nol, Mulai Dari Mana?

 

Ok teman-teman, tetap berinvestasi! Pilihlah investasi yang aman, jangan silau dengan profit.

Salam passive income property,

 

PIPO Hargiyanto

 

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: