Kartu kredit, Jahat Atau Berguna?

Untuk sebagian orang, kartu kredit itu jahat, menakutkan, orang-orang takut terjerat hutang kartu kredit. Ya, menurut saya itu benar. Jika tidak tahu cara menggunakan kartu kredit dengan tepat, sebaiknya jangan apply apalagi menggunakannya. 

Tapi untuk saya, kartu kredit adalah alat vital. Sangat penting, karena saya pakai untuk kredit cadangan. Ada masa-masa tertentu dimana bisnis saya sangat membutuhkan banyak uang, seperti menjelang Idul Fitri. Biasanya kondisi keuangan mepet sekali, kredit modal kerja sudah mentok. Terpaksa menggunakan kartu kredit. 

Total limit kartu kredit saya dan istri mencapai ratusan juta. Kalau kondisi normal seperti sekarang, kartu kredit itu hanya nge-tem di dompet saja. Kartu kredit tersebut baru kerja keras setelah limit-limit kredit saya di tempat lain habis, misal Kredit Modal Kerja. 

Baca Juga  Saham Adalah: Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Risiko

Urutan pemakaian dana saya untuk bisnis: 

  1. Tabungan, ini yang akan saya habiskan paling awal. Kalau perlu uang tersebut untuk bisnis, karena bunganya kecil. Untuk apa hutang kalau di tabungan masih ada uang.
  2. Kredit Modal Kerja. Saya memakai kredit dari urutan bank yang memberikan bunga paling kecil 
  3. Kartu Kredit, diurutkan dari yang jatuh tempo-nya paling jauh dan bunganya paling kecil. 
  4. Anjak Piutang, bunga lebih besar dari kartur kredit. Kalau kartu kredit sekitar 0.5% flat per bulan, Anjak piutang ini sekitar 18% / tahun. 
  5. Dan lain-lain

Untuk orang awam, bunga kartu kredit terlihat jahat dan mengerikan. Bisa 2.75% per bulan (saran saya jangan sampai kena bunga ini).  Tapi kalau sudah tahu cara dan jalurnya, bunganya hanya 10% untuk 2 tahun. Selevel dengan kredit modal kerja dari bank-bank pada umumnya. 

Baca Juga  Mengubah Hutang Jahat Menjadi Passive Income

Kalau bunga 10%/2 tahun, atau 0.5%/bulan flat, anggap saja 1% efektif. Sementara rata-rata margin bisnis saya 5%/bulan. Saya masih untung 4% kan, ya sudah lah… hitung-hitung bagi-bagi rejeki. Daripada saya tidak mau kena 1%, tapi kehilangan 5% ? 

Selain itu, kartu kredit juga bermanfaat untuk saya. Untuk bayar iklan di med-sos, pesan hotel online, dan transaksi di luar negeri. 

Saya hanya ingin bilang, kartu kredit itu barang netral. Kalau tidak tahu cara penggunaannya, bisa mematikan, tapi untuk yang tahu cara memakainya, ini sangat membantu. Apalagi jika kredit tersebut bisa menciptakan income untuk kita, Cara Merubah Hutang Jahat Menjadi Passive Income.

Baca Juga  Siapa Bilang Income Pengusaha lebih Besar Dari Income Karyawan? 

Seperti saran di obat-obat: Baca aturan pakai, bila sakit berlanjut, hubungi dokter. 

 

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: