Inilah Kumpulan Istilah Properti yang Wajib Diketahui & Dipahami!

Dalam dunia bisnis, properti merupakan salah satu aset yang penting untuk dimiliki. Kepemilikan properti ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan tambahan. Untuk menjual belikannya ada berbagai istilah properti yang perlu diketahui.

Kumpulan istilah ini umumnya berhubungan dengan investasi atau pekerjaan sebagai agen. Mungkin terdapat beberapa istilah yang asing. Berikut adalah kumpulan istilah dalam proses jual beli properti yang diurutkan berdasarkan abjad.

Daftar Isi

Istilah dalam Properti Berabjad A

Agen Property

Agen atau pihak yang menghubungkan penjual dengan pembeli properti. Biasanya agen properti tergabung dalam perusahaan agen properti. Namun ada juga yang bekerja secara individu.

Agunan (Collateral)

Aset yang diberikan kepada bank yang nantinya akan dijadikan milik bank apabila peminjam tidak membayar cicilan dengan tuntas. Umumnya agunan yang diberikan pada bank adalah sertifikat tanah.

AJB (Akta Jual Beli)

Akta jual beli adalah surat keterangan tentang perpindahan properti dari satu pihak ke pihak lain yang dilakukan melalui aktivitas jual beli.

Amortisasi

Pengurangan utang karena pembayaran hutang secara lengkap dalam jumlah yang besarnya sama. Melalui amortisasi, hutang dibayarkan atas pembayaran pokok (principal) dan pembayaran bunga (interest).

Anami

Anami adalah apartemen sederhana yang kelasnya diatas rusunami dan di bawah apartemen komersial lainnya.

Anchor Tenant

Anchor tenant merupakan pihak yang memiliki ruko atau uang dalam proyek properti komersial. Ruko tersebut akan disewakan untuk pelaku usaha. Contohnya adalah ruko-ruko di mall.

Anuitas Rest

Perhitungan dalam beban bunga efektif yang dilakukan dalam periode tahunan. Apabila debitur membayar lebih dan mengurangi nilai pokok kredit, makai a akan mendapatkan pengurangan beban. Selain itu waktu pelunasannya juga akan lebih cepat.

Arsitek

Seorang profesional yang membuat desain bangunan sesuai standar dan konsep yang indah.

Istilah dalam Properti Berabjad B

Backlog

Backlog merupakan selisih yang didapatkan dari pengurangan jumlah kebutuhan hunian dengan jumlah ketersediaan hunian yang tersedia.

BBN

BBN atau Bea Balik Nama adalah biaya yang dibutuhkan untuk membayar jasa saat ingin mengganti nama kepemilikan dari suatu properti.

Booming

Keadaan saat nilai permintaan akan suatu properti sedang melonjak. Booming juga akan mempengaruhi kenaikan harga properti tersebut.

BP Tapera

BP Tapera atau Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat merupakan lembaga yang tugasnya adalah membantu mengelola keuangan masyarakat agar dapat membeli rumah.

BPHTB

BPHTB atau kepanjangan dari Bea Perolehan Atas Tanah dan Bangunan adalah jenis pajak yang harus dibayar oleh pembeli properti.

BPN

Badan Pertanahan Nasional atau BPN adalah badan atau lembaga yang membantu untuk mengurus sertifikat tanah yang hilang.

Broker

Pihak yang menghubungkan antara pembeli dengan penjual. Biasanya broker properti akan mendapatkan sejumlah keuntungan dari komisi yang sudah ditentukan.

Bubble Properti

Bubble properti adalah istilah untuk menggambarkan kondisi saat harga properti meningkat di suatu tempat. Naiknya harga yang terjadi biasanya tidak realistis dan disebabkan oleh meningkatnya permintaan dan angka spekulasi.

Baca Juga  Panduan Belajar Investasi Bagi Pemula dari Ahlinya! (100% Lengkap!)

Bunga Mengambang (Floating Rate)

Floating rate merupakan nilai suku bunga yang besarannya berbeda-beda. Penentuan nilai suku bunga ditentukan oleh Bank Indonesia.

Bunga Tetap (Fix Rate)

Fix rate merupakan suku bunga yang besarannya tetap sampai masa tenor pinjaman berakhir.

Buyer

Pihak atau orang yang membeli properti dengan harga yang disepakati.

Istilah dalam Properti Berabjad C

Capital Gain

Capital gain adalah besaran keuntungan yang dihasilkan dari penjualan aset properti.

Cash Back

Sejumlah uang kembalian yang didapatkan saat membeli suatu properti. Biasanya besaran cashback sudah ditentukan oleh pihak yang menjual properti.

Cash Flow (Arus Kas)

Cash flow adalah aliran dana yang berisi data arus kas yang masuk dan keluar.

Cluster

Kawasan tempat tinggal yang berdiri dari beberapa bangunan rumah tapak dengan konsep, ukuran, dan bentuk yang sama. Umumnya cluster dilengkapi dengan berbagai fasilitas one gate system.

Co-broking

Co-broking merupakan bentuk kerjasama dari dua agen properti dalam kegiatan penjualan.

Cost and Fee

Cost and fee merupakan istilah yang berhubungan dengan sistem kontraktor ketika membangun suatu bangunan properti. Sistem tersebut juga merupakan jasa pelaksanaan sekaligus jasa pengawasan.

Cut and Fill

Proses yang dilakukan seorang profesional untuk meratakan tanah. Prosesnya dilakukan dengan mengeruk satu bagian tanah yang berbukit, lalu tanahnya dimanfaatkan untuk menimbun bagian lain agar permukaannya sama rata.

Istilah dalam Properti Berabjad D

Demand

Demand adalah istilah properti yang berarti jumlah permintaan dalam waktu tertentu.

Developer

Perusahaan atau badan yang mendirikan suatu bangunan properti. Selain membangun properti, developer juga membangun kawasan niaga komersial seperti ruko dan gedung perkantoran

Down Payment

Down payment sering disebut sebagai uang muka. Biasanya uang muka digunakan sebagai tanda jadi atau jaminan seseorang saat ingin membeli properti.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Istilah dalam Properti Berabjad  E

Early Bird

Proses pembelian properti saat pertama kali ditawarkan. Keuntungan yang didapatkan dari early bird adalah harga yang lebih murah daripada harga aslinya. Namun pembeli harus sabar untuk menunggu properti jadi dan siap dihuni.

Escrow

Escrow adalah badan penengah yang sifatnya netral antara penjual dan pembeli. Tugasnya adalah menitipkan uang jaminan, tandatangan PPJB, dan serah terima AJB. Umumnya tugas tersebut dikerjakan oleh seorang notaris.

Istilah dalam Properti Berabjad F

Fasos

Fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam suatu lingkungan permukiman. Contohnya seperti puskesmas, sekolah, pasar, klinik, tempat ibadah, taman, makan, dan sebagainya.

Fasum

Fasum merupakan istilah untuk menyebut fasilitas yang dapat digunakan oleh masyarakat umum.contohnya adalah jalan raya, saluran air, jembatan, angkutan umum, trotoar, dan lain-lain.

Fixed Cost and Fee

Sistem kerjasama antara pihak kontraktor dengan pelanggan. Sistem ini memuat jumlah biaya yang harus dibayar oleh pelanggan tanpa mengetahui besarnya biaya fisik pekerjaan. Kontrak yang dibuat dapat diterapkan jika pekerjaan telah dirumuskan dengan jelas dalam garis besar.

FLPP

FLPP atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan adalah suatu program dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Program ini dibuat untuk memfasilitasi masyarakat dengan penghasilan rendah agar bisa meminjam KPR dengan bunga terjangkau.

Istilah dalam Properti Berabjad G

Girik / Letter C

Surat keterangan dari kelurahan atau kecamatan yang diberikan sebagai bukti kepemilikan tanah.

Groundbreaking

Groundbreaking merupakan istilah untuk penggalian dasar bangunan sebagai tahap pertama saat membangun properti.

GSB

GSB atau garis sempadan bangunan adalah garis batas terluar properti yang akan dibangun.

GSJ

GSJ atau garis sempadan jalan adalah garis batas terdepan dari pagar bangunan yang ditentukan dalam rencana kota.

Istilah dalam Properti Berabjad H

Hak Sewa

Hak sewa merupakan istilah properti untuk hak yang diberikan pemilik tanah kepada penyewa pada jangka waktu tertentu.

HGB

HGB atau hak guna bangunan merupakan sertifikat yang diberikan kepada perusahaan sebagai izin untuk mengelola lahan. Masa berlaku sertifikat tersebut wajib diperpanjang setelah 30 tahun dengan masa perpanjangan maksimal selama 20 tahun.

HGU

HGU atau hak guna usaha adalah hak yang diberikan untuk melaksanakan kegiatan peternakan, perikanan, dan perkebunan di atas tanah milik negara. HGU diberikan untuk lahan dengan luas minimal 5 hektar.

Baca Juga  Franchise Alfamart : Syarat, Modal dan Cara Membuka Gerainya!

HPL

HPL atau hak untuk menguasai dan mengelola tanah milik negara. Namun pemilik hak boleh menyerahkannya kepada pihak ketiga untuk ikut serta mengelola tanah.

Istilah dalam Properti Berabjad I

IMB

IMB atau Izin Mendirikan Bangunan adalah izin yang diberikan kepada pihak sebagai landasan untuk membangun suatu properti.

Indent

Indent merupakan suatu sistem pembelian dengan cara menunggu. Dalam sistem ini buyer harus sabar menunggu sampai properti yang ingin dibeli siap.

Investor

Investor adalah pembeli properti yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Sehingga properti yang dibeli tidak ditempati namun disewakan.

IPB

IPB atau Izin Penggunaan Bangunan adalah izin yang diberikan kepada suatu pihak setelah pembangunan properti selesai.

Istilah dalam Properti Berabjad K

Kanto

Kanto atau Kantor Toko adalah bangunan yang dibangun dengan lebih dari satu lantai. Biasanya lantai bawah digunakan sebagai area toko dan lantai duanya digunakan sebagai kantor.

KDB

KDB atau Koefisien Lantai Bangunan merupakan perbandingan dari luas lantai yang akan dibangun dengan luas area yang tersedia.

KMB

KMB atau Kelayakan Menggunakan Bangunan adalah izin dari Pemerintah Daerah kepada bangunan yang baru dibangun. Umumnya izin diberikan setelah pemeriksaan kondisi bangunan.

Kondotel

Kondotel adalah Kondominium Hotel atau properti yang dibangun seperti apartemen. Bangunan ini nantinya akan disewakan untuk mendapat keuntungan.

Kopel

Dua rumah yang didirikan berdiri dengan desain yang sama. Biasanya dua rumah ini hanya dipisahkan oleh satu dinding dan masih berada dalam satu atap.

KPA

Kredit konsumen yang diberikan oleh bank dan biasanya digunakan untuk membeli apartemen.

KPR

Kredit konsumen yang diberikan oleh bank untuk membeli rumah.

KPR Informal

Skema kredit yang disediakan bank untuk pekerja informal seperti wiraswasta.

Istilah dalam Properti Berabjad L

Loss Transaction

Loss transaction adalah istilah properti yang sering digunakan oleh para investor. Istilah ini berkaitan dengan kesalahan perhitungan saat membeli properti.

LTV

LTV atau Loan to Value merupakan nilai rasio yang ditentukan dari nilai kredit terhadap jaminan saat awal diberikan kredit.

Istilah dalam Properti Berabjad M

Masterplan

Rencana atau kerangka yang digunakan untuk mengembangkan suatu proyek di wilayah tertentu.

Mixed-used Development

Keadaan proyek properti yang menggunakan gabungan fungsi bangunan dalam satu lingkungan yang sama.

Istilah dalam Properti Berabjad N

Negotiator

Pihak ketiga yang memiliki tugas untuk berunding dengan pemilik properti tentang harga dan cara serah terima. Lalu melaporkannya pada investor atau buyer.

Nice Property

Properti dengan nilai tinggi dan menguntungkan jika ditinjau dari berbagai aspek.

NJOP

NJOP atau Nilai Jual Objek Pajak adalah harga terendah dari sebuah properti. NJOP juga dianggap sebagai nilai dasar dari pajak PBB.

Notaris

Pejabat umum yang bertugas untuk membuat akta dan dokumen lainnya.

NPWP

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah identitas yang digunakan dalam menentukan hak dan kewajiban terhadap pajak.

NUP

NUP atau Nilai Urut Pemesanan merupakan nomor yang diberikan kepada pembeli untuk menentukan unit properti yang akan dibeli.

Istilah dalam Properti Berabjad O

Okupansi

Okupansi adalah tingkat penyewaan unit di apartemen, perkantoran, ruko, dan hotel.

Owner

Owner merupakan istilah properti untuk menyebut pemilik properti.

Istilah dalam Properti Berabjad P

PBB

PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan merupakan pajak yang dibebankan terhadap bumi atau bangunan yang sifatnya kebendaan.

Peruntukan

Rancangan penggunaan yang dibuat dalam suatu kawasan berdasarkan fungsi tertentu.

PPAT

PPAT atau Pejabat Pembuat Akta Tanah adalah pejabat yang bertugas untuk membuat akta otentik yang berkaitan dengan oerbuatan hukum tertentu mengenai hak atas tanah.

PPh

PPh atau Pajak Perolehan penghasilan merupakan jenis pajak yang harus dibayarkan terkait penghasilan yang diterima dalam tahun periode tertentu.

PPJB

PPJB atau Perjanjian Pengikatan Jual Beli adalah perjanjian antara penjual dan pembeli yang sifatnya di bawah tangan tanpa melibatkan peabat umum.

PPN

PPN atau Pajak Pertambahan Nilai merupakan pajak yang diberikan oleh pemerintah atas transaksi jual beli. Biasanya pajak ini berlaku untuk semua jenis proses jual beli.

Primary Market

Primary market adalah istilah properti yang digunakan untuk properti baru yang akan dijual kepada pemilik pertama.

Property Crash

Situasi saat harga properti meningkat dengan tajam atau turun drastis beriringan dengan kondisi ekonomi.

Prosperous

Wilayah yang memiliki keuntungan tinggi jika dilakukan investasi properti.

Putusan Banding

Keputusan yang dikeluarkan terhadap sengketa dari penanggung pajak.

Istilah dalam Properti Berabjad R

RAB

RAB atau Rancangan Anggaran Biaya merupakan rincian biaya yang dibebankan pada suatu proyek properti.

Baca Juga  Profil Tung Desem Waringin : Motivator & Bisnisnya (Lengkap!)

Ready Stock

Properti yang dijual saat kondisi bangunannya sudah selesai dibangun dan siap dihuni.

Recession

Kondisi yang terjadi saat daya beli turun dengan drastis.

Refinancing (Pembiayaan Ulang)

Usaha yang dilakukan untuk mengatur ulang pembayaran KPR yang telah berjalan dengan sistem perhitungan ulang.

Rukan

Rukan atau Rumah Kantor adalah bangunan yang dibangun lebih dari satu lantai. Dimana lantai bawah digunakan sebagai tempat usaha, dan lantai duanya berfungsi sebagai rumah.

Rusunami

Rusunami atau Rumah Susun Sederhana Milik merupakan jenis apartemen bersubsidi.

Rusunawa

Rusunawa merupakan Rumah Susun Sederhana Sewa yang biasanya ada di perkotaan.

Istilah dalam Properti Berabjad S

SBDK

SBDK adalah Suku Bunga Dasar Kredit yang paling rendah dan digunakan untuk dasar perhitungan suatu kredit.

Scout

Petugas yang meninjau lokasi properti. Biasanya petugas tersebut mencari tanah atau properti, mengumpulkan data lapangan, dan melaporkan kepada surveyor.

Secondary Market

Secondary market adalah istilah properti dari proyek yang sebelumnya pernah digunakan lalu dijual lagi.

Serah Terima

Proses pemberian dan penyerahan kunci properti kepada pembeli pada waktu yang sudah disepakati.

Service Charge

Biaya tambahan yang harus dibayar oleh pemilik atau penyewa properti untuk layanan dari pengelola.

SHGB

SHGB atau Sertifikat Hak Guna Bangunan merupakan kewenangan yang diberikan untuk mengelola suatu lahan dari pemerintah. Lahan ini nantinya bisa digunakan hingga 30 tahun dan bisa perpanjang hingga 20 tahun.

SHM

SHM adalah pernyataan legalitas tentang kepemilikan suatu properti.

Sinking Fund

Biaya perawatan yang dikeluarkan oleh penyewa dan dibayarkan ke pengelola.

SIPPT

SIPPT atau Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah adalah surat yang memuat izin pemerintah terhadap penggunaan tanah bagi bangunan yang memiliki luas 5.000m atau lebih.

Site Plan

Gambaran yang memuat rancangan pembangunan pada tanah kavling, bangunan, dan kawasan yang dibuat dengan rinci.

SIUP

SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan merupakan surat dari pejabat yang diberikan kepada pengusaha untuk mengembangkan suatu usaha.

SKK

SKK atau Surat Keputusan Keberatan adalah surat keputusan yang dibuat sebagai bentuk keberatan atas berbagai ketentuan dan biaya yang harus dilunasi.

SKP

SKP atau Surat Keputusan Pembetulan adalah surat keputusan yang digunakan untuk membenarkan kesalahan penulisan, perhitungan, dan kekeliruan.

SMF

SMF atau Secondary Mortgage Market adalah perusahaan yang sengaja dibuat untuk membeli kredit KPR dari bank kreditur.

SMM

SMM atau Small Office Home Office merupakan jenis properti yang memiliki fungsi sebagai hunian dan area perkantoran sekaligus.

Spekulan

Pembelian properti yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan tanpa perhitungan risiko yang matang.

SPOP

SPOP atau Surat Pemberitahuan Objek Pajak adalah sarana untuk wajib pajak untuk melakukan pendaftaran atas objek pajak yang dipakai. Sehingga bisa dihitung dalam PBB terutang.

SPPT

SPPT atau Surat Pemberitahuan Pajak Terutang adalah surat keputusan dari kepala KPP tentang pajak terutang yang harus dibayar dalam waktu satu tahun.

Strata Title

Hak milik atas satu unit apartemen atau rusun yang merupakan kepemilikan bersama.

Sunrise Property

Kawasan yang mempunyai potensi menjanjian untuk lima tahun ke depan.

Sunset Property

Kawasan yang dianggap tidak memiliki potensi yang baik untuk berinvestasi.

Superblok

Kawasan kota mandiri dengan area perumahan, perdagangan perkantoran, taman rekreasi, dan lain-lain.

Supply

Ketersediaan properti untuk memenuhi angka permintaan dari konsumen.

Surveyor

Petugas yang meninjau lokasi properti secara langsung.

Istilah dalam Properti Berabjad T

TDP

TDP atau Tanda Daftar Perusahaan biasanya diberikan oleh pemerintah kepada perusahaan yang sudah terdaftar.

Teknik Sipil

Pekerjaan yang tugasnya adalah merencanakan proses pembangunan properti agar layak huni.

Tenor

Jangka waktu yang diberikan untuk membayar cicilan kredit.

Top-up

Proses untuk meningkatkan batas tertinggi untuk kredit pinjaman.

Topping Off

Pemasangan atap untuk menandakan akhir proses pembangunan properti.

Turn Key

Proses serah terima kunci dari developer kepada konsumen.

Turn Over

Proyeksi waktu untuk balik modal dari sebuah investasi.

Istilah dalam Properti Berabjad U

Urban

Kawasan yang berfungsi sebagai permukiman pada perkotaan, pemerintahan, serta pelayanan sosial dan bisnis.

Istilah dalam Properti Berabjad Y

Yield

Keuntungan yang didapat dari nilai sewa properti setiap tahun dan dibandingkan dengan harga properti di awal.

Properti merupakan hal yang penting untuk dimiliki perusahaan. Terdapat banyak istilah properti yang harus diketahui saat ingin membangun suatu bisnis. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang bisnis dan investasi kunjungi laman pipohargiyanto.com.

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: