7 Investasi Return Tinggi di Tahun 2022

Investasi adalah kegiatan dengan tujuan mengakumulasi kekayaan sebagai bekal menghadapi masa depan. Harapannya investasi dapat memfasilitasi kehidupan menjelang dan saat di usia senja. Investasi bukan sekadar menanam modal, investasi return tinggi adalah investasi terbaik.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori investasi dengan return tinggi? Mari simak rangkuman di bawah ini.

Macam-Macam Investasi Return Tinggi

Investasi terkadang seperti pisau bermata dua. Investasi yang dilakukan dengan tepat akan terus-menerus mengalirkan keuntungan. Namun di sisi lain, jika salah mengambil keputusan, investasi akan menguras hampir seluruh modal yang dimiliki.

Pipohargiyanto.com menyediakan informasi lengkap seputar investasi yang dapat menjadi bekal menuju investor andal. Adapun beberapa investasi return tinggi adalah sebagai berikut:

1. Reksadana

Reksadana adalah salah satu investasi yang paling digemari saat ini. Bagi investor pemula, pilihan investasi ini patut dicoba. Investasi identik membutuhkan modal yang besar, namun reksadana hanya memerlukan modal kecil. 

Bahkan hanya dengan uang 10 ribu saja sudah bisa berinvestasi di aplikasi reksadana online. Beberapa marketplace online juga mulai menerima investasi reksadana, seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Namun yang perlu diingat, sebaiknya tentukan tujuan yang jelas mengapa ingin berinvestasi reksadana. Dengan tujuan yang jelas, investor dapat menentukan jenis dan manajer investasi reksadana yang paling cocok.

2. Saham

Kalau membaca buku-buku finansial, investasi saham kerap disebut sebagai instrumen investasi return tertinggi. Bukti nyatanya adalah Warren Buffet, yaitu salah satu orang terkaya di dunia yang kekayaannya bersumber dari saham.

Tapi jangan buru-buru memutuskan untuk investasi saham. Sebagai investasi dengan return tertinggi, saham juga investasi dengan risiko paling tinggi. BEI (Bursa Efek Indonesia) mempunyai program bernama ‘Nabung Saham’ yang diperuntukkan bagi investor pemula yang berminat investasi saham.

Baca Juga  Panduan Lengkap dan Contoh Surat Perjanjian Sewa Ruko

Program tersebut mematok modal yang kecil. Agar saham bisa membuahkan hasil sesuai harapan, pahami strategi investasi saham sebagai berikut:

  • Kenali dan kuasai seluk beluk tentang saham. Memiliki pemahaman yang luas tentang saham turut membantu menentukan strategi bermain saham yang paling cocok.
  • Lakukan diversifikasi instrumen investasi. Strategi tepat berinvestasi saham adalah dengan membagi modal ke beberapa instrumen lain, jangan tempatkan seluruh modal di saham. Tujuannya untuk menghindari dampak akibat gejolak di pasar saham.
  • Prioritaskan saham blue-chip. Saham blue-chip adalah saham dengan risiko yang bisa diukur dan lebih stabil ketimbang di antara jenis saham lainnya.
  • Sabar. Kunci kesuksesan berinvestasi adalah sabar, sebab keuntungan tidak begitu saja mengalir dalam waktu cepat. Biasanya saham baru menghasilkan keuntungan di masa yang akan datang.

3. Saham Internasional

Teori keuangan menyarankan untuk berinvestasi saham di pasar internasional. Tujuannya untuk menghindari gejolak pasar saham. Risiko berinvestasi saham di 1 negara jauh lebih besar ketimbang investasi saham dengan prinsip diversifikasi ke lebih dari 1 negara.

Investasi saham internasional memungkinkan seseorang untuk membeli perusahaan skala dunia yang menjanjikan return. Dengan kemajuan teknologi saat ini, investasi saham internasional dapat dilakukan dengan mudah.

Salah satu caranya melalui platform online trading. Pasar Amerika cukup diminati berhubung pasar saham terbesar di dunia ada di negara tersebut, yaitu Wall Street. 

Namun, risiko investasi saham internasional juga perlu diperhatikan. Ada risiko fluktuasi nilai rupiah terhadap nilai valuta asing.

4. Investasi Properti 

Investasi properti terbilang sebagai investasi yang cukup menguntungkan saat ini. Sederhananya, investasi properti dapat mendatangkan dua sumber keuntungan, yaitu:

  • Kenaikan harga properti jika properti dijual.
  • Uang sewa properti jika properti disewakan.

Seiring waktu, pertambahan jumlah penduduk mengakibatkan keterbatasan lahan untuk pembangunan tempat tinggal. Di samping itu, harga bahan baku untuk pembangunan juga kian membengkak.

Baca Juga  Apa Itu Revenue? Rumus Perhitungan serta Tips untuk Meningkatkannya

Otomatis harga properti, seperti tanah, rumah, dan apartemen juga mengalami kenaikan harga. Memilih area perkotaan sebagai pilihan investasi properti adalah pilihan yang bagus, mengingat minat akan kepemilikan properti di tengah kota mulai naik.

Properti di tengah kota jauh menawarkan keuntungan potensial yang lebih besar berhubung lokasinya di tempat strategis. Hampir sebagian masyarakat telah melakukan investasi properti sebagai persiapan menghadapi masa depan. 

 

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

 

5. Investasi Emas

Investasi return tinggi selanjutnya sudah berumur ratusan tahun. Emas adalah alat investasi yang cukup menjanjikan dengan risiko minim. Hampir setiap keluarga pernah menyimpan emas untuk alasan investasi di masa depan.

Investasi emas menawarkan sejumlah keuntungan, seperti mudah dijual dan harga yang relatif stabil. Terima kasih atas kemajuan financial technology, kini investasi emas bisa dilakukan secara digital. Investasi emas online memiliki beberapa keunggulan, seperti:

  • Transaksi Lebih Mudah dan Fleksibel

Proses jual beli dapat dilakukan di mana saja. Emas bisa dibeli dan dijual tanpa harus mendatangi kantor cabang.

  • Minim Risiko Kehilangan

Karena emas masih dalam bentuk digital, risiko kehilangan lebih kecil. Penjual emas baru akan mencetaknya ke bentuk fisik jika pemilik emas miliknya.

  • Modal Lebih Kecil

Hampir setiap orang kini mempunyai kesempatan untuk melakukan investasi emas. Dengan hanya modal 5 ribu saja, seseorang bisa menabung emas. Proses ini tentu tidak berlaku pada emas fisik.

Dan yang perlu diingat, keuntungan investasi emas biasanya baru terlihat setelah beberapa bulan, bahkan tahun.

6. Peer to Peer Lending (P2P)

Bagi yang baru pertama kali mendengar istilah ini, P2P lending adalah kegiatan yang mempertemukan investor dengan borrower yang biasanya membutuhkan modal usaha. Proses pertemuan berlangsung secara daring melalui teknologi yang disediakan oleh platform P2P.

Baca Juga  Krisis Covid-19, Apakah Saatnya Investasi Properti?

Beberapa platform yang menyediakan layanan Peer To Peer Lending di antaranya Modalku, Koinworks, Investree, Akseleran, Amartha dan lain-lain. Nantinya platform P2P yang melakukan seleksi terhadap calon peminjam berikut dengan profil risiko pinjaman. 

Di bawah ini adalah penjelasan lebih lengkap tentang keuntungan dari investasi peer to peer:

  • Investasi dengan Return Tinggi

Nilai return P2P dapat mencapai 16% hanya dalam waktu satu tahun. Pasalnya investor berhubungan langsung dengan peminjam dana sehingga potensi return lebih besar.

  • Modal Investasi Lebih Kecil

P2P mematok nilai investasi yang sangat terjangkau, hanya dengan 10 ribu seseorang bisa mulai berinvestasi P2P.

  • Praktik Dilakukan Secara Daring

P2P memanfaatkan teknologi informasi untuk melaksanakan praktik investasi secara praktis dan di mana saja.

7. Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka adalah kegiatan investasi yang digagas oleh bank sehingga nasabah bisa mendapatkan bunga lebih dari biasanya. Bank yang menyediakan tabungan berjangka di antaranya adalah Mandiri, BCA dan CIMB Niaga,

Beberapa orang mengira kalau tabungan berjangka kurang menjanjikan karena return yang ditawarkan lebih kecil ketimbang instrumen investasi lainnya. Akan tetapi, tabungan berjangka menawarkan beberapa keuntungan seperti:

  • Nasabah mendapat perlindungan berupa asuransi gratis selama jangka waktu investasi belum berakhir.
  • Menawarkan nilai bunga tabungan yang lebih besar ketimbang tabungan reguler biasa. 
  • Nasabah lebih disiplin untuk menyetor sejumlah uang sebagai simpanan ke tabungan berjangka. Terdapat kontrak yang mengikat investor dengan bank, dan selama kontrak tersebut berlaku, nasabah tidak bisa melakukan penarikan dana. 
  • Keuntungan dapat diambil dalam waktu singkat. Cocok bagi yang membutuhkan dana cepat dan pasti.
  • Hampir tidak ada risiko. Tabungan berjangka mempunyai risiko investasi yang sangat rendah untuk kategori instrumen investasi jangka pendek.

Investasi itu penting, terutama untuk persiapan menghadapi masa depan. Investasi return tinggi dapat dijadikan sebagai dana pensiun, dana untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak dan dana untuk mencukupi kehidupan di kemudian hari.

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: