Tertarik Bisnis Franchise Indomaret? Berikut Syarat dan Biaya Franchise Indomaret!

Di Indonesia, bisnis franchise Indomaret termasuk salah satu jenis usaha yang sangat diminati oleh banyak orang. Sebab, bisnis ini sering dikatakan memiliki keuntungan yang sangat menjanjikan. Namun, sebelum memulai bisnis ini, ketahui terlebih dahulu berapa biaya franchise Indomaret.

Dengan mengetahui kisaran biaya yang harus disiapkan untuk memulai bisnis franchise Indomaret, pebisnis dapat menghitung modal awal yang harus dimilikinya. Dengan begitu, tidak akan terjadi kesulitan ketika hendak memulai bisnis yang menguntungkan ini.

Kisaran Biaya Franchise Indomaret

Untuk memulai bisnis dalam jenis apapun itu, semua orang pasti akan diharuskan untuk menyiapkan modalnya terlebih dahulu. Begitu pun juga ketika seseorang hendak memulai bisnis Indomaret, mereka juga wajib menyiapkan terlebih dahulu modal franchise Indomaret yang sesuai kebutuhan.

Untuk menyiapkan modal tersebut, penting untuk diketahui oleh para pebisnis berapa sebenarnya kisaran biaya yang harus disiapkan untuk memulai bisnis jenis ini. Dalam hal ini, penjelasan tentang informasi tersebut bisa dilihat di bawah ini:

  • Franchise fee 5 tahun yang sebesar Rp. 36.000.000,00
  • Promosi dan persiapan pembukaan toko yang sebesar Rp. 9.500.000,00
  • Renovasi dan tambah daya listrik yang sebesar Rp. 170.500.000,00
  • Peralatan elektronik dan non-elektronik yang sebesar Rp. 178.000.000,00

Bisa dibilang untuk memulai bisnis Indomaret seperti ini akan membutuhkan modal awal yang sangat besar. Namun, keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini dapat menutup modal awal yang telah dikeluarkan tersebut. Sehingga, tidak ada ruginya untuk memulai bisnis Indomaret seperti ini.

Baca Juga  Pengertian Passive Income dan Cara Mudah Mendapatkannya

Syarat Memulai Bisnis Indomaret yang Menguntungkan

Untuk memulai bisnis Indomaret, pebisnis perlu mengetahui secara jelas informasi tentang syarat dan biaya franchise Indomaret. Sebab, kedua hal ini perlu dipersiapkan sejak sebelum bisnis dibangun, sehingga pelaku usaha dari bisnis tersebut harus mengetahuinya sejak jauh-jauh hari.

Nantinya, akan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha yang hendak memulai bisnis ini. Dengan begitu, kesuksesan dan keuntungan akan lebih mudah untuk didapatkan. Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut adalah beberapa persyaratan yang dimaksud:

1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)

Syarat pertama yang harus dipenuhi oleh pemilik bisnis Indomaret adalah berstatus Warga Negara Indonesia atau WNI. Jadi, sudah dapat dipastikan bahwa setiap gerai Indomaret yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dimiliki oleh warganya sendiri.

Warga Negara Asing atau WNA tidak diperbolehkan untuk memulai jenis bisnis ini, sehingga untuk pebisnis yang masih belum menyandang status WNI, tidak bisa memulai bisnis Indomaret yang menguntungkan seperti ini.

2. Lokasi Berluaskan 120-200 Meter Persegi

Persyaratan yang harus dipenuhi dalam pembangunan bisnis Indomaret ini tidak hanya berkaitan dengan pemiliknya saja, tapi juga akan berkaitan dengan lokasi toko yang hendak digunakannya tersebut.

Pemilik usaha Indomaret wajib menyediakan lokasi toko di area komersial dengan luas sebesar 120-200 meter persegi. Jika ada salah satu pebisnis yang belum bisa memenuhi persyaratan ini, maka gerai Indomaret yang diimpikannya tersebut tidak bisa terbangun sesuai harapan.

3. Mengantongi Izin Usaha Minimarket

Pelaku usaha yang hendak memulai jenis usaha ini, wajib mengantongi izin usaha minimarket secara lengkap. Sebut saja seperti IMB/IPB ruko, UUG/HO, SIUP, TDP, IUTM/IUTS, STPW, NPWP, PKP, dan lain sebagainya perlu dipersiapkan sejak bisnis Indomaret belum dimulai.

Untuk mengurus izin usaha minimarket seperti ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga sangat disarankan kepada para pelaku usaha untuk melakukan tahapan ini sejak jauh-jauh hari.

Baca Juga  7 Pilihan Investasi Terbaik Saat Inflasi dan Resesi

4. Menyediakan Dana Investasi

Pada dasarnya, biaya franchise Indomaret tergolong cukup tinggi, sehingga akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mengumpulkan dana tersebut. Selain itu, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pemilik Indomaret adalah menyediakan dana investasi dengan cukup.

Dana investasi ini nantinya akan digunakan untuk pembukaan toko minimarket, sehingga pelaku usaha wajib menghitung semua halnya secara tepat.

5. Berjiwa Entrepreneur

Sebagai seorang pelaku usaha yang handal, seseorang harus bisa memiliki jiwa entrepreneur yang tinggi. Dengan karakter yang seperti ini, dapat membawa bisnis ke arah yang lebih baik lagi secara lebih mudah dan lancar.

Selain itu, dengan adanya jiwa enterpreneur yang tinggi seperti ini, juga dapat membuat bisnis berkembang dengan strategi yang tepat. Sebab, seorang pelaku usaha yang memiliki karakter seperti ini akan mampu menyiapkan berbagai macam strategi bisnis yang menjanjikan.

6. Fokus pada Sistem Waralaba Indomaret

Setelah memenuhi persyaratan di atas dan biaya franchise Indomaret yang harus disiapkan pun sudah terkumpul dengan tepat, sekarang pelaku usaha harus bisa selalu fokus pada sistem waralaba Indomaret yang berlaku.

Sebab, sistem waralaba Indomaret bisa dibilang cukup khas, sehingga pemiliknya pun harus bisa memahaminya secara tepat. Untuk itu, pelajari terlebih dahulu bagaimana sistem waralaba Indomaret yang berlaku saat ini.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

 

Cara Membuka Gerai Indomaret dengan Mudah dan Tanpa Kendala

Untuk memulai bisnis yang menguntungkan satu ini, akan dibutuhkan strategi dan metode yang tepat untuk melakukannya. Maka dari itu, sebagai seorang pelaku usaha Indomaret akan diharuskan untuk memiliki bekal ilmu yang cukup, supaya usaha tersebut bisa meraih keuntungan yang lebih maksimal.

Baca Juga  Apa Itu Revenue? Rumus Perhitungan serta Tips untuk Meningkatkannya

Untuk membantu para calon pebisnis Indomaret yang masih awam dengan dunia waralaba ini, berikut kami sampaikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka gerai Indomaret secara mudah dan lancar, yaitu:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari lokasi yang tepat dan sesuai dengan persyaratan yang diberikan oleh pengelola bisnis waralaba Indomaret ini. Pastikan lokasi pilihan memiliki luas di kisaran 120-200 meter persegi.
  • Jika lokasi sudah ditentukan, sekarang penting untuk melakukan presentasi awal guna membahas strategi bisnis yang akan diterapkan dalam usaha waralaba Indomaret tersebut.
  • Setelah lokasi dan presentasi awal sudah dilakukan, jangan lupa juga untuk melakukan survei tempat usaha yang hendak digunakannya tersebut. Dengan begitu, pelaku usaha dapat lebih menilai apakah lokasi tersebut benar-benar strategis dan memenuhi syarat yang ada atau tidak.
  • Lakukan pengukuran dan evaluasi KKI secara tepat, karena kedua hal ini akan sangat berpengaruh terhadap jalannya bisnis Indomaret yang akan dibuka tersebut.
  • Lakukan perjanjian pengikatan dan pembayaran fee biaya franchise Indomaret sesuai dengan angka yang sudah ditentukan.
  • Kemudian urus segala kelengkapan Izin Usaha Minimarket yang sesuai dengan persyaratan di atas.
  • Lakukan pembangunan toko fisik atau renovasi gerai Indomaret yang sesuai kebutuhan serta memenuhi persyaratan yang ada.
  • Lakukan tahapan pembukaan gerai Indomaret dan penuhi estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan tahapan ini.
  • Selesai, terapkan sistem promosi dengan semenarik mungkin supaya banyak konsumen tertarik untuk berkunjung ke gerai Indomaret tersebut.

Setelah mengetahui persyaratan dan biaya franchise Indomaret di atas, mungkin Anda masih merasa ragu. Untuk itu, Anda bisa mempelajarinya dulu melalui pipohargiyanto.com, karena disini akan dibahas secara lengkap tentang bagaimana memulai bisnis atau berinvestasi di sistem waralaba seperti ini.

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: