10 Aplikasi Investasi Terbaik dan Terpercaya (Terdaftar OJK)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada beragam aplikasi investasi terbaik untuk mewadahi para investor dengan setiap tingkat pengalaman. Memilih aplikasi yang sesuai dengan profil risiko akan memudahkan pembangunan portofolio. Akses yang simpel serta tersedianya kegiatan investasi membuat aplikasi digemari.

Ketika hendak menentukan aplikasi yang akan dipilih, selalu pastikan aplikasi terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) guna menjamin transaksi. Tak lupa pertimbangkan jenis instrumen investasi, desain pengalaman pengguna, dan manajemen risiko.

Rekomendasi Aplikasi Investasi Terpercaya

Kunci dalam memilih aplikasi terbaik adalah pilih aplikasi yang sesuai dengan tujuan investasi. Karena jumlahnya tidak sedikit yang beredar, berikut rekomendasi aplikasi investasi terbaik untuk pemula maupun tingkat mahir:

1. Bibit

Ini adalah pilihan paling populer sebagai aplikasi investasi all-in-one. Bisa ditebak, aplikasi menyediakan berbagai jenis instrumen yang bisa dipilih. Bibit cocok untuk pemula, karena investasi bisa dimulai dari Rp10 ribu.

Dengan pilihan beragam, yaitu reksa dana saham, reksa dana syariah, pasar uang, dan obligasi, pengguna dapat berinvestasi tanpa ribet. Gunakan fitur Robo Advisor untuk menemukan jalur investasi terbaik sesuai besaran modal dan penghasilan.

Aplikasi yang tersertifikasi oleh OJK ini menjamin segala transaksi yang terjadi. Pencairan uang dapat dilakukan melalui transfer bank, GoPay sampai LinkAja.

 

2. IPOT

Tak lengkap kalau belum menyertakan IPOT ke dalam daftar aplikasi investasi terbaik. Aplikasi ini cukup diminati oleh para investor yang mau mengalokasikan dana di bidang saham dan reksa dana. 

Pengguna tidak dibuat bingung berkat adanya fitur Journey yang berisi panduan terlengkap mengenai investasi. Materi dikemas secara menarik dalam bentuk video interaktif, podcast dan tulisan intensif yang mudah dipahami pemula.

Baca Juga  8 Poin Keuntungan Investasi Properti yang Wajib Anda Ketahui!

IPOT ramah untuk investor pemula dengan ketetapan yang memungkinkan pengguna bisa investasi saham dari minimal 1 lot. 

Fitur charting yang tersedia sangat membantu dalam melakukan analisis teknikal. Selain itu, pengguna bisa menjual saham sesuai harga yang dikehendaki melalui fitur robo trading.

 

3. Pluang

Di samping kedua tadi, Pluang juga digemari oleh para investor muda. Variasi instrumen investasi yang ditawarkan membuat pengguna mudah mengalokasikan dana sesuai tujuan. Melalui aplikasi invest all-in-one ini, pengguna bisa memilih untuk investasi kripto, reksa dana, hingga emas.

Untuk investasi kripto sendiri, Pluang mempunyai opsi 30 koin kripto, mulai dari Bitcoin, Litecoin, Ethereum, AAVE dan masih banyak lagi. Keamanan investasi emas pun sama-sama terjamin. 

Aplikasi menjalin afiliasi dengan perusahaan terkemuka, termasuk diantaranya GoJek, DANA dan Bukalapak. Semua ini bisa dimulai dengan minimal investasi Rp15 ribu.

 

4. TanamDuit

Aplikasi investasi terbaik selanjutnya juga tidak boleh dilewatkan. Aplikasi yang telah diunduh sebanyak lebih dari 100 ribu kali ini menyediakan instrumen terlengkap. Mulai dari investasi asuransi, reksa dana, emas, dan surat berharga negara (SBN).

Untuk transaksi pembelian SBN tidak dipungut biaya sama sekali. Namun investasi emas adalah pilihan yang paling disukai pengguna.

Investor emas akan diberikan kartu emas. Kartu ini nantinya bisa digunakan untuk menjual emas yang ditabung pada aplikasi tersebut. 

Kartu juga bisa diberikan kepada keluarga, pasangan, atau sahabat sebagai hadiah. Dan yang tak kalah menarik, pengguna bisa mulai berinvestasi dengan modal minimal Rp10 ribu.

 

5. Ajaib

Aplikasi yang dirilis oleh Ajaib Group ini telah diunduh sebanyak lebih dari 1 juta kali. Penggunanya terus bertambah seiring waktu berkat fitur dan variasi instrumen yang ditawarkan. Meski diluncurkan pada tahun 2019, aplikasi dibekali oleh teknologi terkini.

Baca Juga  5 Investasi Masa Depan yang Menguntungkan (Lengkap!)

Ajaib sangat pas dipilih untuk para investor pemula, karena kemudahan dan kepraktisan aplikasi yang bisa dinikmati oleh pengguna. Aplikasi investasi terkemuka di Indonesia ini sudah terjamin keamanannya, didukung oleh sertifikasi OJK. 

Di samping itu, Ajaib juga diklaim sebagai aplikasi yang menawarkan transaksi margin online pertama. Pengguna bisa mulai berinvestasi dengan modal kecil.

 

6. Akseleran

Pada urutan selanjutnya, ada aplikasi investasi terbaik bernama Akseleran. Aplikasi ini pertama kali diresmikan pada tahun 2018 dan telah digunakan oleh kurang lebih 500 ribu pengguna. Di Google Play Store, aplikasi menuai rating 4,2 dari 5 bintang.

Keistimewaan aplikasi ini berada pada layanan peer to peer (P2P) lending. Melalui layanan ini, emiten (pihak pencari dana) bisa dihubungkan dengan investor yang mau menanam modal. Nantinya investor bisa melihat profil ringkas calon emiten.

Melalui fitur dashboard, investor dapat mengetahui siapa emiten, jenis bisnis, prospek bisnis, risiko, dan lain-lainnya.

Selain menjadi platform P2P lending, Akseleran juga melayani pinjaman individu dengan proses yang mudah dan tingkat bunga rendah.

 

7. Bareksa

Aplikasi Bareksa bisa dijadikan pilihan utama apabila ingin berinvestasi reksa dana, surat berharga negara atau tabungan umrah. Ini menyediakan kemudahan diversifikasi investasi kepada para pengguna.

Soal keamanan juga tak perlu diragukan. Sebagai pionir aplikasi investasi di Indonesia, Bareksa bekerja di bawah pengawasan OJK.

Pengguna dapat mulai berinvestasi dari Rp10 ribu. Tercatat ada sekitar 150 reksa dana dari 40 manajer investasi terpercaya yang bisa dipilih.

8. KoinWorks

KoinWorks mematahkan anggapan bahwa investasi itu mahal. Dengan uang seribu rupiah, pengguna sudah bisa berinvestasi emas. Inilah yang menjadikan aplikasi investasi terbaik banyak dipilih. Sebetulnya aplikasi ini merupakan platform peer to peer lending.

Tetapi bisa juga disebut sebagai aplikasi invest all-in-one dengan variasi instrumen yang tersedia. Pengguna bisa menjadi investor kepada para emiten. Emiten pun sama-sama diuntungkan karena tidak perlu ribet mencari pinjaman ke sana-sini yang biasanya membutuhkan prosedur ribet.

Baca Juga  Ini 8 Keuntungan Bisnis Properti yang Wajib Pebisnis Ketahui!

Pengguna juga bisa membeli saham dengan modal Rp100 ribu. KoinWorks sendiri mengklaim pengguna bisa mendapatkan imbal hasil sebesar 18 persen per tahun. Silakan coba sendiri aplikasi yang diawasi OJK ini untuk membuktikan keunggulannya.

 

9. Stockbit

Stockbit menawarkan kepraktisan lebih kepada para pengguna yang mau berinvestasi. Sedikit informasi tentang latar belakang dari aplikasi, Stockbit dikembangkan sejak tahun 2017 oleh PT Stockbit Investa Bersama. 

Kini perusahaan berganti nama menjadi PT Stockbit Sekuritas Digital sejak melakukan merger pada tahun 2021 silam. 

Aplikasi yang diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna ini menyediakan beragam instrumen investasi, walaupun bukan broker saham layaknya IPOT atau Ajaib.

Pengguna bisa mendapatkan ilmu daging langsung dari para mentor berpengalaman melalui fitur kelas profesional. Jadi semakin yakin dalam menentukan jalur investasi sesuai tujuan dan pendapatan. Aplikasi ini pun telah tersertifikasi oleh OJK, sehingga tak perlu mempertanyakan lagi keamanannya.

 

10. InvestasiKu

Memang tidak sepopuler yang lain, tapi aplikasi investasi terbaik ini juga sudah terdaftar di OJK. InvestasiKu bisa didapatkan di Google Play Store dan telah diunduh sebanyak 50 ribu kali.

Di aplikasi ini, pengguna dapat melakukan trading saham. Tersedia pula panduan lengkap mengenai saham yang pastinya menambah pengalaman.

Pengguna dapat mulai berinvestasi dengan modal terjangkau. Untuk fee transaksi beli dan jual saham pun terbilang rendah, mulai dari 0,15% dan 0,25%. 

Silakan pilih aplikasi investasi terbaik sesuai dengan profil risiko, tujuan investasi dan jenis instrumen yang diinginkan. Sebelumnya, apakah pernah mencoba aplikasi yang telah disebutkan di atas? Mari tingkatkan edukasi seputar investasi hanya di pipohargiyanto.com.

Share artikel ini apabila bermanfaat
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Bisnis Waralaba Indomaret!

Anda bisa dapatkan di: