Properti Adalah : Pengertian, Contoh dan Keuntungannya!

Properti adalah sebuah istilah yang sering muncul pada saat seseorang sedang membicarakan tanah, rumah, atau sejenisnya. Pembicaraan mengenai properti ini biasanya masih berhubungan dengan investasi/bisnis seputar properti.

Properti selalu menjadi pilihan terbaik bagi orang-orang yang ingin berbisnis atau berinvestasi di bidang tersebut. Properti telah menjadi bagian paling penting dalam hidup banyak orang saat ini, karena banyak orang yang membutuhkannya.

Apa Itu Properti

Pengertian properti secara sempit adalah, sebuah istilah yang dikaitkan dengan sebuah tanah yang luas atau bangunan mewah. Namun sebenarnya secara harfiah pengertian itu masih kurang tepat, karena sepetak tanah pun bisa dikategorikan sebagai properti selama ada hak milik resmi.

Pada umumnya pengertian dari properti adalah penyebutan untuk sebuah tanah/bangunan yang dimiliki oleh seseorang, secara resmi. Properti juga tak hanya sebatas sebuah bangunan yang berdiri saja, tetapi juga mencakup keterangan mengenai gedung/tanah yang berdiri di atasnya.

Pengertian lainnya menurut KBBI adalah, harta yang berbentuk bangunan, tanah, dan juga sarana prasarana yang masih tak terpisahkan dari bangunan/tanah hak milik itu sendiri. 

Kesimpulannya, properti itu adalah sebuah hak baik yang berupa hak sewa ataupun hak guna dalam memanfaatkan sebidang tanah, bangunan, ataupun apa saja yang berdiri di sebuah lahan. Properti juga berkaitan dengan beragam dokumen yang harus Anda urus untuk keresmiannya secara hukum.

Baca Juga  8 Poin Keuntungan Investasi Properti yang Wajib Anda Ketahui!

 

Contoh Produk Properti

Ketahui juga apa saja contoh properti yang ada di sekitar kita. Pemanfaatan atau penggunaan produk properti ini menjadi sesuatu yang tak terbatas pada rumah atau lahan tanah saja. Jika dilihat dari masih-masing tujuannya maka contoh produk properti diantaranya yaitu:

1. Bangunan Komersial

Properti yang berupa bangunan komersial biasanya akan digunakan untuk keperluan yang sifatnya komersial, misalnya perusahaan ataupun suatu bisnis. 

Pemilik properti jenis ini biasanya menyewakan sebuah bangunan yang digunakan untuk perkantoran, rumah toko, rumah sakit, perbelanjaan, pusat pelayanan, hotel, dan sebagainya.

Biasanya jenis properti bangunan komersial berada di tengah perkotaan yang memiliki aktivitas dan penduduknya yang padat.

2. Bangunan Industri dan Pengembangan

Bangunan industri dan juga pengembangan adalah jenis properti yang digunakan dalam proses industri misalnya pergudangan, pabrik, dan juga laboratorium pengembangan. Properti ini juga akan berlokasi di lahan luas dan biasanya jauh dari pemukiman.

3. Bangunan Residential

Contoh produk properti yang berikutnya adalah bangunan residential, yaitu sebuah bangunan yang digunakan menjadi tempat tinggal atau sebuah hunian. 

Jenis bangunan yang termasuk residential adalah villa, rumah kost, apartemen, rumah tinggal, perumahan, atau asrama. Banyak orang yang memiliki lebih dari satu jenis properti di berbagai daerah.

Rumah tersebut memang bukan untuk hunian tapi biasanya hanya digunakan untuk investasi. Saat ini lahan di perkotaan semakin sempit dan harganya terus meningkat dari tahun ke tahun.

4. Bangunan dengan Tujuan yang Khusus

Bangunan yang memiliki tujuan khusus dari properti adalah gedung, yang biasanya digunakan untuk fasilitas umum seperti misalnya bandara, tempat ibadah, sekolah, tempat hiburan, dan sejenisnya.

 

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

 

Keuntungan Berbisnis Properti

Setelah paham pengertian properti dan contoh-contohnya, ketahui juga apa saja keuntungan dari berbisnis properti. Bisnis properti merupakan jenis bisnis yang bergerak di bidang kepemilikan properti, yang biasanya dilakukan oleh perusahaan/perorangan.

Baca Juga  Airy Tutup, Apa yang Harus Dilakukan?

Aktivitas di dalamnya meliputi jual beli atau sewa menyewa properti itu sendiri. Inilah beberapa keuntungan dalam bidang properti:

1. Kebal pada Inflasi

Adanya inflasi dalam perekonomian tak akan memengaruhi nilai dari sebuah properti. Hal inilah yang pada akhirnya menguntungkan dalam bidang bisnis properti. 

Bahkan kemungkinan besar bisnis yang dijalankan tidak akan terganggu dengan adanya inflasi tersebut.

2. Nilai Jual Tinggi Bagi Properti yang Berada di Lokasi Strategis

Semakin strategis lokasi propertinya maka harganya pun akan semakin tinggi. Walaupun dijual dengan harga yang tinggi kebutuhan bangunan/tanah di lokasi strategis akan selalu menjadi rebutan banyak orang, terutama para pebisnis.

3. Harga yang Terus Naik Setiap Tahunnya

Harga jual properti di Indonesia juga terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tak heran jika jenis bisnis di bidang properti selalu diminati oleh banyak orang dan selalu membuat tertarik setiap pelaku bisnis di Indonesia.

Keuntungan Investasi Properti

Bagaimana dengan keuntungan dari investasi properti? Kurang lebih sama banyak dan besarnya dengan bisnis properti. Hal itu disebabkan oleh bidang properti yang memiliki nilai aset yang terus meningkat setiap tahunnya. Berikut ini keuntungan dari berinvestasi di bidang properti:

1. Nilai Properti yang Stabil

Nilai jual dari properti biasanya memang selalu stabil bahkan akan terus menanjak dan meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Maka kerugian di bidang ini kemungkinannya kecil, ketika Anda berinvestasi di bidang properti.

2. Bisa Menjadi Sarana Investasi dan Tempat Tinggal

Apakah Anda memiliki properti yang berupa villa? Maka sebaiknya villa tersebut jangan dibiarkan begitu saja, karena Anda bisa menyewakan villa tersebut pada orang-orang yang ingin berlibur.

Tapi Anda juga masih bisa menikmatinya dengan teman/keluarga jika villa tersebut sedang kosong, saat liburan atau sekadar tempat istirahat saja.

Baca Juga  Habis Uang Karena Ketipu Investasi

3. Pendapatan yang Tetap dengan Cara Pasif

Ketika Anda memiliki sebuah properti yang disewakan maka hal ini juga akan sangat menguntungkan bagi Anda. Anda akan memperoleh penghasilan dari sana setiap bulan/tahunnya dari uang sewa secara tetap.

Manfaat Properti

Properti juga memiliki banyak sekali manfaat dalam berbagai bidang kehidupan. Apalagi jika didukung dengan perekonomian global saat ini yang semakin maju, sehingga bidang properti ini semakin diagungkan oleh banyak orang.

Apa saja manfaat dari properti? Inilah beberapa manfaat dari properti yang harus Anda ketahui juga:

1. Agunan Bank

Anda dapat menjadikan properti ini sebagai jaminan, ketika Anda membuat pengajuan pinjaman dana ke bank. Dibanding dengan harta lainnya, agunan berupa properti memang selalu menjadi hal yang sangat dipertimbangkan oleh bank karena nilainya yang tinggi.

2. Memiliki Penghasilan Tetap

Dengan memiliki properti di zaman sekarang ini, maka hal itu bisa mendatangkan penghasilan tetap bagi Anda. 

Properti dalam bentuk apapun bisa disewakan dalam jangka waktu yang panjang/pendek, dan akan membuat Anda memperoleh penghasilan pasif tapi sifatnya tetap.

3. Tidak Dipengaruhi oleh Inflasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa bidang properti juga tidak akan terpengaruh oleh inflasi yang terjadi pada perekonomian secara global. Apalagi harga jualnya pun akan terus naik per tahunnya, sehingga properti selalu menjadi incaran banyak orang.

Terutama bagi orang-orang yang ingin investasi jangka panjang, biasanya mereka akan memilih properti sebagai sarananya. 

Penyebabnya karena banyak manfaat dan keuntungan dari bidang properti ini, dan jumlah labanya pun relatif lebih besar dengan kemungkinan kerugian yang prosentasenya jauh lebih minim dibandingkan keuntungannya. 

Maka jangan ragu untuk berinvestasi atau berbisnis properti sekarang juga.

Pada intinya, properti adalah sesuatu yang menguntungkan. Untuk Anda yang tertarik ingin belajar properti lebih dalam dan lebih jelas lagi, sebaiknya kunjungi website pipohargiyanto.com. Ada banyak pilihan pembelajaran mengenai properti di sana!

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: