Investasi Properti Modal DP Nol

Memulai Investasi dengan tanpa modal atau dengan DP nol, bisa dilakukan loh. Tapi Sebelum teman-teman membaca, apalagi mempraktekan langkah-langkah DP nol di bawah ini. Sangat disarankan untuk membaca dan sudah memahami benar tulisan saya sebelumnya di artikel cara mencari properti yang passive incomenya lebih besar dari angsuran.

DP nol bukan segalanya, yang terpenting adalah mencari properti yang passive income-nya lebih besar dari angsuran. Melakukan DP nol pada properti yang cashflow-nya negatif (Income lebih kecil dari angsuran) akan mengakibatkan masalah pada cashflow kita yang berujung pada keruwetan cashflow. 

Saran saya, jangan melakukan DP nol pada properti yang cashflow-nya negative.  

 

BACA JUGA: Cara Memulai Investasi Tanpa Modal

Baca Juga  Tips Menghindari Penipuan Investasi 

 

INGAT, HANYA LAKUKAN DP NOL PADA PROPERTI YANG CASHFLOW-NYA POSITIF

Intinya teknik investasi modal DP nol ini (Menaikan harga appraisal) adalah menaikkan harga appraisal sehingga ketika dikali % DP, nilai pencairan dari bank ke kita tetap lebih besar dari harga yang harus dibayarkan ke penjual. 

Misal: harga property 1 Milyar. Maka supaya bank mencairkan 1 Milyar juga, dengan kondisi DP 20%, maka harga yang dihasilkan saat appraisal harus 1 Milyar dibagi (100% – DP 20%) = 1 Milyar / 80% = 1,25 M. 

Sehingga saat appraisal menghasilkan angka appraisal 1,25 M. Bank mencairkan 80%, maka 80% x 1,25M adalah 1M, sesuai dengan nilai yang harus dibayarkan ke penjual. 

Baca Juga  Cara Mengurus Sertifikat Tanah yang Hilang Beserta Biaya & Syaratnya!

Peringatan! pada contoh di atas, properti 1 Milyar tersebut harus menghasilkan passive income lebih besar dari angsuran. Misal bunga 12% per tahun dan jangka waktu 20 tahun, maka passive income properti tersebut harus 11 juta atau lebih. Lihat tabel di foto artikel ini. 

Bila ada hal yang belum dipahamani dan ingin ditanyakan, silahkan teman-teman tuliskan di kolom komentar agar kita bisa berdiskusi.

 

Salam passive income property,

 

PIPO Hargiyanto

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: