5 Cara Menjadi Investor bagi Pemula Sukses dan Menguntungkan

Untuk menjadi seorang investor, semua orang akan membutuhkan beberapa cara tertentu supaya rencananya ini bisa berjalan dengan lancar dan mudah. Pada dasarnya, cara menjadi investor tergolong cukup mudah untuk dilakukan, sehingga semua orang bisa melakukan aktivitas ini.

Saat ini, investasi sudah menjadi salah satu cara menabung yang sering dipilih oleh banyak orang. Peminat aktivitas investasi seperti ini tidak hanya berasal dari kalangan usia muda saja, tapi beberapa orang yang berada di usia lanjut pun juga semakin banyak yang tertarik untuk masuk ke dunia ini.

5 Cara Menjadi Investor bagi Pemula yang Menguntungkan

Untuk melindungi nilai kekayaannya di masa depan, ada banyak orang yang memilih menginvestasikan dananya di sebuah instrumen tertentu. Dengan melihat fakta tersebut, bisa dibilang bahwa saat ini investasi sudah menjadi bagian penting dalam perekonomian Indonesia.

Kendati demikian, untuk bisa menjadi seorang investor yang sukses dan untung, akan dibutuhkan beberapa cara tertentu yang bisa dilakukan oleh semua orang. Berikut adalah cara menjadi investor bagi para pemula untuk bisa sukses dalam bidang yang sedang diminatinya tersebut:

1. Berbekal Ilmu yang Cukup

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan istilah investor? Jika melihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maka investor bisa diartikan sebagai penanam modal berupa uang dalam sebuah usaha tertentu yang bertujuan untuk meraih keuntungan.

Meski kesannya untuk menjadi seorang investor bisa dilakukan dengan mudah, akan tetapi pada dasarnya aktivitas investasi tidak boleh dilakukan tanpa berbekal ilmu yang cukup. Untuk menjadi seorang investor yang sukses, mereka harus bisa memiliki ilmu yang cukup dalam dunia investasi.

Baca Juga  Tujuan Investasi yang Tepat dan Cara Menentukannya agar Tidak Salah Arah

Ilmu yang sudah dibekalinya ini nanti bisa menjadi jalan tersendiri untuk memudahkan aktivitas investasi yang sedang dilakukan oleh seorang investor tertentu. Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa ilmu investasi ini bisa menjadi jawaban ketika seorang investor sedang kehilangan arah.

2. Memulai Sejak Dini

Semakin muda seseorang masuk ke dunia investasi, maka semakin besar keuntungan yang bisa didapatkannya. Maka dari itu, sangat disarankan untuk anak-anak muda Indonesia mulai mempelajari tentang pentingnya investasi dalam dunia finansial.

Cara menjadi investor yang sukses bisa dilakukan dengan memulai aktivitas investasi sejak sedini mungkin. Sebab, investasi itu sendiri merupakan salah satu cara mengembangkan harta untuk jangka yang panjang. Meski begitu, aktivitas ini juga sebenarnya bisa dilakukan dengan jangka waktu pendek.

Nantinya, keuntungan dari aktivitas ini bisa menjadi perlindungan tersendiri bagi finansial seseorang di masa depan.

Anak-anak muda Indonesia bisa memulai aktivitas ini dengan menyisihkan uang-uang yang tidak memiliki fungsi tersendiri, karena sekarang kegiatan investasi tidak membutuhkan modal yang besar. Hanya dengan bermodalkan dana Rp. 10.000,00, semua orang sudah bisa memulai aktivitas ini.

3. Perhatikan dan Tetapkan Sistem Mengelola Dana Investasi

Untuk menjadi investor yang sukses dan untung, setiap orang juga perlu merampungkan sistem pengelolaan dana investasi dengan baik dan benar. Pada dasarnya, akan terdapat 2 sistem yang bisa diikuti oleh para investor pemula.

Kedua sistem yang dimaksud tersebut adalah mengelolanya dengan menggunakan kemampuan sendiri atau mengelolanya dengan menyewa jasa profesional. Namun, perlu diingat dengan baik bahwa untuk mengelolanya sendiri semua orang wajib berbekal ilmu yang cukup dan tepat.

Jika seorang investor masih belum merasa yakin dengan kemampuannya dalam bidang ini, apalagi untuk para investor yang masih pemula, akan lebih baik jika mereka menyewa jasa profesional untuk melakukan aktivitas yang menguntungkan ini.

Baca Juga  Ingin Investasi Tanah Menguntungkan? Pahami Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

4. Siapkan Rencana dengan Matang

Rencana yang telah disiapkan sejak awal ini bisa digunakan ketika terjadi sebuah peristiwa yang tidak terduga. Dengan adanya rencana cadangan seperti ini, aktivitas investasi yang sedang dilakukan tersebut tidak akan menjadi kerugian tersendiri untuk kehidupan finansial para investor.

Jadi, tidak mengherankan jika salah satu cara menjadi investor yang sukses adalah dengan menyiapkan rencana secara matang untuk menghadapi hal-hal tertentu yang tidak terduga.

Apalagi, mengingat bahwa setiap jenis investasi akan memiliki risiko dengan tingkat yang berbeda-beda, sehingga tentu rencana ini akan menjadi strategi tersendiri untuk aktivitas investasi yang sedang berlangsung.

5. Mengutamakan Kesabaran dan Selalu Teliti

Meski terkesan sederhana, akan tetapi kedua karakter ini tidak selalu dimiliki oleh setiap individu. Maka dari itu, ketika seseorang sudah memilih untuk terjun ke dunia investasi, mereka wajib mempertahankan kesabaran dan ketelitian yang ada di dalam dirinya.

Pada dasarnya, investasi bukanlah perjalanan yang instan dan mudah, sehingga seorang investor harus bisa sabar dalam menunggu hasilnya. Umumnya, investasi yang aman dan profesional akan menawarkan rentang waktu timbal balik yang wajar.

Rentang waktu yang diberikan ini umumnya tidak akan terlalu cepat, sehingga kesabaran dan ketelitian harus selalu diutamakan. Meski begitu, nilai keuntungan yang akan didapatkan oleh para investor nantinya bisa terukur dengan baik dan akurat.

 

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight, tips menarik seputar bisnis dan investasi langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

 

Keuntungan Menjadi Seorang Investor

Ketika melihat sendiri apa saja keuntungan yang bisa didapatkan setelah menjadi seorang investor, maka akan ada semakin banyak orang yang tertarik untuk masuk ke dunia investasi seperti ini. Nantinya, keuntungan-keuntungan ini akan sangat berkaitan dengan dunia finansial.

Baca Juga  Investasi Properti KOMODO 

Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut kami sampaikan beberapa keuntungan yang bisa didapatkan setelah berhasil menjadi seorang investor yang cerdas, yaitu:

1. Mengembangkan Nilai Kekayaan

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan tentu dapat mengembangkan nilai kekayaan di masa mendatang. Sebab, investasi itu sendiri sebenarnya bisa diibaratkan sebagai metode menabung yang lebih aman dan memiliki keuntungan yang lebih menjanjikan.

Nantinya, imbal balik yang akan didapatkan tersebut bisa menjadi alat untuk mengembangkan nilai kekayaan investor di masa depan. Jadi, semakin banyak dana yang diinvestasikan akan semakin besar potensi pengembangan kekayaan yang berlaku.

2. Menyelamatkan Harta dari Inflasi

Inflasi akan menjadi sebuah kerugian tertentu bagi setiap orang yang mengalaminya. Namun, ketika ada beberapa dana tertentu yang diinvestasikan dengan tepat, hal ini bisa menyelamatkan harta dari bahayanya sebuah inflasi.

Pada dasarnya, setiap jenis instrumen investasi tidak akan terkena gerusan inflasi karena instrumen-instrumen ini akan berbeda dengan menabung biasa.

3. Meningkatkan Nilai Ekonomi Negara dalam Jangka Panjang

Tidak hanya bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi kehidupan finansial pribadi milik seseorang, tapi aktivitas investasi juga akan memiliki peran yang sangat besar untuk negara. Investasi dapat meningkatkan nilai ekonomi negara dalam jangka waktu yang panjang sekalipun.

Dengan begitu, semakin lama para investor menanamkan modalnya di beberapa perusahaan Indonesia, maka nilai ekonomi negara juga akan berada dalam tingkat yang lebih stabil. Hal ini dapat berlaku dalam jangka waktu yang pendek maupun yang panjang.

Untuk masuk ke dunia investasi, Anda harus berbekal ilmu yang cukup. Maka dari itu, sebelum masuk ke dunia ini, ada baiknya jika Anda mempelajarinya terlebih dahulu melalui  pipohargiyanto.com. Disini, Anda juga bisa mempelajari tentang cara menjadi investor secara lebih dalam.

Share artikel ini apabila bermanfaat

Ingin dapat update terbaru dari saya? Masukan email Anda, saya akan update informasi terbaru ke email Anda secara berkala

Dapatkan Buku Properti Ko. Mo. Do.!

Anda bisa dapatkan di: