Cara Memulai Bisnis Ruko yang Menguntungkan Bagi Pemula

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bukan hanya investasi properti apartemen dan rumah saja yang saat ini digandrungi oleh berbagai kalangan, namun juga bisnis ruko. Sebenarnya, hal tersebut sangat wajar mengingat trend pasar maraknya membuka usaha belakangan ini. Salah satunya adalah digunakan sebagai clothing store.

Dibandingkan membangun atau membeli bangunan untuk difungsikan sebagai tempat usaha. Pebisnis pemula umumnya lebih suka menyewa tempat, seperti ruko untuk menjalankan bisnis. Oleh sebab itulah, investasi ruko dengan letak strategis sangat potensial dalam menghasilkan cuan.

Ingin Bisnis Ruko? Berikut 7 Hal Penting yang Wajib Diketahui!

Meskipun peluang mendapatkan keuntungan dari investasi properti, khususnya ruko sangat menjanjikan. Namun, sebelum mulai menjalankan bisnis ini, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu beberapa hal penting seputar usaha ruko sebagai berikut:

1. Kemudahan Akses

Dalam proses memilih bangunan ruko, pastikan pilih tempat yang mudah diakses atau ditemukan oleh pangsa pasar. Hal ini sangat penting karena pebisnis lebih suka membangun tempat usaha yang memiliki lokasi strategis, dan dekat dengan akses transportasi publik.

Idealnya, ruko berada di area pinggir jalan besar yang memang sering dilalui banyak orang. Di samping itu, pastikan kalau akses menuju ruko mudah dan lancar.

2. Lokasi Ruko

Sebagaimana bisnis properti lain, faktor lokasi memiliki peran penting dalam keberhasilan usaha. Dianjurkan untuk memilih ruko yang terletak di lokasi strategis, seperti dekat jalan utama maupun mudah dijangkau oleh berbagai fasilitas publik, termasuk pusat keramaian.

Baca Juga  5+ Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan di Luar Pekerjaan Utama

Dalam bisnis ruko, pastikan kalau lokasinya berada di kawasan yang dikenal oleh masyarakat. Ini bisa menjadi keunggulan ruko, dan sebagai investor Anda juga akan lebih mudah saat meyakinkan calon pembeli untuk menyewa unit ruko yang dimiliki.

3. Mempertimbangkan Bentuk dan Tipe Ruko

Jangan lupa, bahwa saat ini masyarakat mempunyai preferensi sendiri saat memilih tempat yang akan digunakan untuk usaha. Oleh sebab itu, pemilik ruko juga dituntut untuk kreatif dan inovatif, terutama dalam menghadirkan konsep desain, hingga bentuk dan tipe ruko.

Salah satunya adalah dengan mengusung konsep minimalis modern dengan space cukup luas. Tipe ini sangat diminati oleh pemilik usaha, khususnya yang bergerak di bidang bisnis kuliner, seperti food and beverage, toko aksesoris, dan lain sebagainya.

4. Fasilitas Memadai

Kesuksesan bisnis ruko juga tidak bisa dilepaskan dari fasilitas yang ditawarkan. Mengikuti trend masa kini, usahakan ruko memiliki berbagai macam keunggulan, termasuk fasilitas.

Menghadirkan berbagai macam fitur bukan hanya berguna untuk menunjang usaha dan menguntungkan pemiliknya, namun juga menjadi nilai plus di mata calon pelanggan.

Beberapa fasilitas yang bisa dijadikan referensi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Toilet
  • CCTV
  • Tempat Parkir
  • Dan sebagainya

5. Menggunakan Situs Jual Beli Properti Terpercaya

Menemukan bangunan ruko potensial untuk dijadikan sebagai investasi di kota besar memang bukan perkara sulit. Akan tetapi, sebagai smart investor Anda juga harus memastikan kalau ruko yang akan dibeli bebas dari berbagai masalah hukum dan legalitas.

Di era digital ini, investor bisa dengan lebih mudah menemukan berbagai informasi tentang produk properti, termasuk rumah, apartemen, dan ruko melalui platform terpercaya.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mencari referensi mengenai ruko terbaik, berikut dengan fasilitas dan keunggulannya yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

6. Belajar Investasi dari Master Bisnis Terpercaya

Tidak dapat dipungkiri, bahwa salah satu kunci sukses bisnis ruko adalah mental dan pemahaman yang dimiliki oleh investor tersebut sendiri. Bagi pemula, tentunya hal ini tidak mudah. Oleh sebab itulah, Anda perlu belajar kepada master investasi properti.

Baca Juga  Contoh Proposal Usaha Lengkap Beserta Cara Membuatnya

Bagi yang ingin memiliki passive income dari bisnis properti, maka bisa belajar langsung kepada ahlinya, seperti PIPO Hargiyanto. Selain mendapatkan buku bisnis waralaba Indomaret, Anda juga bisa mengikuti live event dan workshop eksklusif seputar investasi.

Tertarik bergabung di kelas online dan mempelajari pola pikir investasi properti untuk menjadi investor sukses? Langsung saja kunjungi situs official https://www.pipohargiyanto.com/

7. Melibatkan Notaris

Sebagai pelaku bisnis properti, usahakan untuk selalu melibatkan notaris untuk memastikan transaksi jual beli sah di mata hukum. Selain itu, menggunakan jasa notaris profesional juga akan memudahkan proses mengurus dokumen properti serta hal teknis lain.

Bukan hanya itu, penggunaan jasa dari notaris juga bisa meminimalisir resiko terjadi penipuan dan masalah hukum lain. Jangan lupa, kalau jual beli properti pasti membutuhkan dana tidak sedikit. Oleh karenanya, menggunakan notaris bisa jadi solusi tepat.

Keuntungan Bisnis Investasi Ruko

Kenapa harus memilih berinvestasi properti di bangunan ruko? Di bawah ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh investor dengan memulai usaha rumah ruko:

1. Harga Selalu Meningkat

Menginvestasikan dana untuk ruko memang bisa dikatakan sangat prospek sebab harga atau nilai bangunan cenderung mengalami peningkatan signifikan setiap tahunnya. Terlebih lagi, jika ruko berada di kawasan strategis yang dekat dengan tempat lalu-lalang masyarakat.

2. Lokasi Strategis dan Trafik Pengunjung

Mengalokasikan anggaran untuk bisnis ruko yang letaknya strategis berpotensi besar dalam meningkatkan trafik pengunjung. Dengan begitu, bangunan ruko akan lebih dilirik oleh calon konsumen atau pelanggan, dan Anda bisa dengan mudah mendapatkan penyewa potensial.

3. Dapat Difungsikan Sebagai Tempat Usaha

Selain dijadikan media investasi, ruko juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat usaha pribadi. Bagi yang memiliki jiwa bisnis, maka tidak ada salahnya memulai bisnis sesuai passion, seperti dijadikan cafe, toko, dan lain sebagainya. Jadi, tinggal sesuaikan dengan keinginan.

Baca Juga  Mengenal Apa Itu Notaris, Fungsi dan Tugas Notaris dalam Dunia Bisnis

4. Bisa Digunakan Sebagai Hunian (Tempat Tinggal)

Selain dijadikan investasi dan tempat usaha, ruko juga bisa difungsikan sebagai tempat tinggal bersama keluarga. Sementara itu, jika yang dibeli adalah bangunan ruko lebih dari satu lantai, maka manfaatnya bisa jadi lebih multifungsi.

Misalnya, lantai tiga digunakan sebagai tempat tinggal, lantai dua dijadikan gudang, sedangkan lantai dasar menjadi tempat menjalankan usaha. Bagaimana, menarik bukan?

Tips Memulai Bisnis Ruko untuk Pemula

Memutuskan terjun di dunia investasi bukanlah hal mudah. Sebagai pemula, Anda pasti merasa bingung saat ingin memulai usaha ruko, agar bisnis yang dijalankan bisa meraih kesuksesan.

Berikut adalah beberapa tips memulai investasi bangunan ruko yang harus diketahui pemula:

  • Usahakan membeli atau membangun ruko di lokasi strategis, misalnya dekat pusat aktivitas ekonomi, maupun dekat jalan raya (utama).
  • Jika belum memiliki modal cukup, maka bisa menggunakan modal pinjaman. Dengan catatan, ruko yang akan dibeli memang prospek dan berpotensi menghasilkan cuan.
  • Jangan malu meminta diskon ketika hendak membeli ruko, dan pastikan mendapatkan harga jual sewajarnya agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari.
  • Selalu melakukan riset perbandingan harga dengan ruko-ruko lain yang ada di sekitar kawasan tersebut. Ini dilakukan untuk mendapatkan harga pasaran.
  • Menghitung Return of Investment (ROI) / Break Even Point (BEP) ketika membeli ruko supaya bisa membandingkan harga sewa dengan angsuran yang harus dibayar.

Memiliki ketertarikan untuk memulai bisnis ruko dari Nol, namun belum tahu caranya? Cari tahu informasi lengkap seputar bisnis properti dan kiat sukses menjalankan usaha secara mudah dan praktis hanya di https://www.pipohargiyanto.com/.

Share artikel ini apabila bermanfaat
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan Buku Bisnis Waralaba Indomaret!

Anda bisa dapatkan di: